Manfaat Teh Chamomile, Herbal Kuno untuk Turunkan Gula Darah Hingga Sembuhkan Insomnia

Manfaat Teh Chamomile
Manfaat Teh Chamomile. Foto: Istimewa

Mungkin tak banyak orang yang mengetahui manfaat teh chamomile untuk kesehatan. Padahal minuman teh chamomile yang dibuat dari bunga berwarna putih cantik ini menawarkan banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit.

Chamomile (Matricaria recutita L) merupakan jenis tumbuhan semusim yang masih satu keluarga dengan bunga Matahari Asteraceae. Jenis yang sering digunakan untuk dibuat teh adalah jenis chamomile Jerman.

Tanaman chamomile termasuk unik karena bisa menolong tanaman lain di sekitarnya untuk tumbuh. Utamanya jenis tanaman mint atau yang menghasilkan minyak sensial. Karena itulah chamomile juga disebut ‘tanaman dokter’.

Manfaat teh chamomile tampaknya telah dipraktekkan sejak jaman kuno. Bahkan tradisi minum teh yang dibuat dari bunga chamomile telah ada sejak zaman Mesir Kuno hingga untuk hidangan kekaisaran Roma.

Teh Chamomile dketahui mengandung Chamazulene, senyawa kimia aromatik yang bersifat analgesik, antiinflamasi dan antispasmodik. Teh bunga chamomile telah dipraktekkan dalam pengobatan tradisional sejak lama.

Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pemanfaatan bunga chamomile harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum dibuat minuman teh. Berikut ini berbagai manfaat teh chamomile untuk kesehatan dan mengobati sejumlah masalah kesehatan.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Teh chamomile mengandung senyawa fenolik yang berfungsi meningkatkan  sistem kekebalan tubuh. Minuman ini juga mengandung vitamin C yang berguna melindungi tubuh sekaligus mengatasi penyakit infeksi.

Menyembuhkan Insomnia

Manfaat teh chamomile yang telah dikenal lama adalah untuk menyembuhkan insomnia. Minum teh ini sebelum tidur berguna untuk menenangkan sistem saraf dan membuat tidur lebih baik.

Menyembuhkan Penyakit Flu dan Pilek

Sifat anti inflamasi dalam minuman teh chamomile juga berkhasiat dalam meredakan serta menyembuhkan penyakit flu atau pilek. Minum teh ini secara teratur berkhasiat menyembuhkan penyakit sinus.

Menangkal Kanker

Manfaat teh chamomile juga karena kandungan antioksidan apigenin yang ampuh menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit kanker. Riset menemukan bahwa jenis antioksidan ini ampuh melawan sel kanker payudara, pencernaan, prostat, kanker kulit maupun uterus.

Menjaga Kesehatan Jantung

Teh chamomile juga mengandung antioksidan flavonoid yang efektif menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Minum herbal ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Mengontrol dan Menurunkan Gula Darah

Sifat anti inflamasi dalam miuman teh chamomile juga berkhasiat dalam menghalangi kerusakan sel pankreas. Ini berguna untuk menjaga produksi insulin. Minum herbal ini akan mampu menurunkan kadar gula darah.

Menyembuhkan Nyeri Haid

Manfaat teh chamomile juga karena sifat pereda nyeri dan antispasmodik yang efektif dalam meredakan nyeri saat haid. Mnuman ini juga berkhasiat menurunkan produksi prostaglandin hormon penyebab radang pada rahim.

Mengatasi Sakit Gigi

Kandungan teh chamomile bersifat antiseptik yang berkhasiat dalam mengatasi infeksi mulut, melindungi gigi dan gusi, menangkal gigi berlubang, sekaligus menguatkan gigi.

Mengatasi Stres

Khasiat minum teh chamomile juga mampu membuat tubuh lebih rileks sehingga baik untuk meredakan stres. Teh chamomile dapat mendorong produksi serotonin dan melatonin yang berfungsi mengatur mood, membuat rileks dan merangsang kantuk.

Mengatasi Jerawat

Manfaat teh chamomile untuk wajah juga efektif dalam mencerahkan kulit. Dengan mengusapkan air teh herbal ini pada wajah secara teratur berguna untuk menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit wajah.

Bersifat Antiaging dan Mencerahkan Wajah

Sifat antioksidan dalam minuman herbal ini selain melindungi kulit dari radikal bebas juga mendorong regenerasi sel dan jaringan kulit. Gunakan masker teh chamomile untuk mengencangkan kulit wajah dan mengatasi penuaan dini.

Itulah berbagai manfaat teh chamomile yang telah lama dikenal dalam pengobatan tradisional. Meskipun banyak khasiatnya, namun sebaiknya gunakan herbal ini dalam batas wajar dan tidak berlebihan. (R9/HR-Online)

Loading...