Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Toge untuk Kesehatan, Selain Kesuburan, Kuatkan Tulang dan Cegah Penuaan Dini

Manfaat Toge untuk Kesehatan, Selain Kesuburan, Kuatkan Tulang dan Cegah Penuaan Dini

Manfaat toge untuk kesehatan selama ini lebih dikenal orang sebagai herbal alami yang berkhasiat untuk kesuburan. Terutama untuk kesuburan kaum pria. Padahal toge juga kaya nutrisi yang sangat penting dan baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Toge atau juga disebut tauge atau kecambah merupakan tanaman muda yang sedang tumbuh dari embrionya. Perkecambahan merupakan tahapan yang sangat kritis dalam pertumbuhan tanaman, khususnya dari biji kacang.

Toge atau tauge yang banyak dijual di pasar umumnya dikembangkan dari biji kacang hijau. Kecambah sering dijadikan bahan pangan untuk pecel, gado-gado atau masakan lainnya yang enak.

Selain menambah lezat masakan, manfaat toge untuk kesehatan juga karena kandungan nutrisinya. Sayuran ini diketahui mengandung protein nabati, rendah kalori, vitamin C, K, vitamin B6, serat dan tidak mengandung lemak.

Tauge juga kaya dengan berbagai jenis mineral, seperti kalsium, tembaga, zat besi, niasin, magnesium, riboflavin, fosfor, zinc dan asam pantotenat. Toge juga mengandung senyawa aktif yang berkhasiat untuk kesehatan.

Manfaat Toge untuk Kesehatan

Rasanya yang renyah dan agak hambar cukup fleksibel untuk bahan masakan. Berikut ini berbagai khasiat toge untuk kesehatan yang wajib Anda tahu.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C dan A serta anti inflamasi toge berguna meningkatkan imunitas tubuh. Makan sayuran ini secara teratur berkhasiat merangsang sel darah putih dalam melawan serangan infeksi dan penyakit lainnya.

Menguatkan Tulang

Toge juga mengandung banyak vitamin K yang berguna untuk meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Makan sayuran ini secara rutin berguna mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat toge untuk kesehatan yang penting adalah untuk melancarkan pencernaan. Kandungan enzimnya yang beragam berguna dalam penyerapan nutrisi, menjaga metabolisme tubuh, sekaligus menangkal gangguan perut.

Menurunkan Berat Badan

Selain mengandung banyak serat, tauge juga rendah kalori sehingga sangat baik untuk dijadikan menu diet dalam upaya menurunkan berat badan. Mengonsumsi sayuran ini berguna untuk membuat kenyang lebih lama dan membuat tubuh lebih sehat.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan C yang tinggi dalam tauge juga berguna untuk menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi sayuran ini bermanfaat dalam menangkal glaukoma, katarak, maupun degenerasi makula.

Mengatasi Anemia

Manfaat toge untuk kesehatan juga karena kandungan zat besinya. Konsumsi toge yang rutin akan merangsang produksi hemoglobin dan meningkatkan asupan oksigen ke seluruh organ tubuh.

Mengencangkan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Nutrisi toge ternyata berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Selain membuat kulit lebih cerah dan kencang, konsumsi tauge juga berkhasiat untuk menangkal penuaan dini, noda hitam dan menghalau garis keriput.

Meredakan Stres dan Depresi

Penelitian Universitas Adelaide Australia menemukan kandungan vitamin C, zinc dan magnesium berkhasiat meredakan stres, gelisah, sekaligus membuat suasana hati lebih rileks. Sayuran ini juga baik untuk atasi insomnia.

Manfaat Toge untuk Pria

Masyarakat banyak mengenal manfaat toge untuk kesehatan pria karena bisa meningkatkan kesuburannya. Ternyata ini karena kandungan zinc yang berkhasiat dalam meningkatkan jumlah produksi sperma.

Khasiat tauge untuk kesuburan pria dari kandungan asam folatnya yang tinggi yang mampu meningkatkan kualitas dan kesehatan sperma. Antioksidan dan omega 3 dalam toge juga berfungsi meningkatkan kualitas dan jumlah produksi sperma.

Bahaya dan Efek Samping Toge

Selain manfaat toge untuk kesehatan, konsumsinya juga harus dilakukan dengan cara yang sehat. Makan toge mentah sangat berisiko dan bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa efek samping toge yang pernah dilaporkan diantaranya risiko infeksi bakteri, virus dan potensi sakit perut. Toge mentah berpotensi terkontaminasi bakteri, khususnya bakteri E coli and Salmonella yang bisa menyebabkan infeksi dan sakit perut.

Itulah beragam manfaat toge untuk kesehatan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. Untuk mengoptimalkan khasiatnya dan mencegah timbul efek sampingnya, disarankan untuk mengonsumsi tauge secara rutin dengan direbus terlebih dahulu. (R9/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img