Manfaat Ubi Cilembu untuk Atasi Maag, Radang Hingga Menyuburkan Rambut

manfaat ubi cilembu
Ilustrasi manfaat ubi cilembu. Foto: Istimewa

Mungkin banyak yang belum mengetahui manfaat ubi cilembu selain mengenyangkan. Berbeda dengan jenis ubi-ubian lainnya, ubi cilembu memiliki rasa yang lebih manis dan lebih enak.

Ubi cilembu merupakan hasil kultivar dari ubi jalar dengan ras lokal asal Sumedang, Jawa Barat. Ubi jenis baru ini mulai terkenal sejak tahun 1990-an dan telah menyebar ke berbagai daerah di tanah air.

Ubi cilembu memiliki sejumlah keunikan dibandingkan ubi jalar atau ubi lainnya. Rasanya yang sangat manis, ternyata karena ada kandungan sejenis madu. Karena itu pula ubi ini juga populer dengan nama ubi madu.

Ubi ini diketahui mengandung banyak nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan inilah yang memberikan manfaat ubi cilembu untuk kesehatan jika sering dikonsumsi.

Asal tahu saja, ubi madu ini kaya dengan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, niacin, vitamin C, kalsium dan glukosa alami. Vitamin A dan C pada ubi ini sangat tinggi yang tentunya bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

Tinggi kadar glukosa dalam umbi ini membuatnya perlu teknis khusus dalam mengolahnya agar enak dan bermanfaat. Ubi cilembu tidak cocok diolah dengan cara digoreng karena gampang gosong.

Ubi cilembu banyak dioleh menjadi keripik, dodol, selai, tepung, aneka kue atau sirup. Daging umbinya yang kenyal dan rasanya yang manis legit membuat umbi ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Manfaat Ubi Cilembu untuk Kesehatan

Sejumlah artis sering memilih ubi cilembu untuk menu dietnya. Selain enak, ubi ini juga cocok untuk cemilan. Berikut ini berbagai manfaat ubi cilembu untuk kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Tingginya kandungan vitamin A dalam ubi cilembu membuatnya baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Makan ubi ini juga baik untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan mencegah gangguan mata.

Menangkal dan Mengatasi Radang Usus

Manfaat ubi cilembu juga karena mengandung anthocyanin dan kolin yang bersifat anti inflamasi serta berkhasiat mencegah peradangan usus besar. Makan umbi ini secara rutin efektif mengatasi radang kronis.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Ubi cilembu kaya dengan kandungan serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Konsumsi umbi ini ampuh dalam meredakan gangguan perut, seperti diare, BAB tidak lancar, maag dan sembelit.

Menekan Resiko Diabetes

Rasa manis dari ubi madu ini ternyata sangat baik untuk mencegah diabetes. Glukosa alami dalam umbi ini juga berguna untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah yang baik untuk penderita diabetes.

Meredakan Stres

Manfaat ubi cilembu juga ampuh untuk meredakan stres dan depresi. Kandungan magnesium dalam umbi ini juga berguna untuk mengatasi gangguan tidur dan kecemasan yang menyebabkan insomnia.

Baik untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Kandungan serta tak larut ini juga baik untuk mengontrol dan menurunkan berat badan. Jika Anda sedang menjalankan program diet, sebaiknya masukkan ubi cilembu dalam menu diet Anda dan rasakan hasilnya.

Menyuburkan Rambut

Siapa yang menyangka jika manfaat ubi cilembu juga efektif untuk kecantikan tubuh. Hal ini karena tingginya kandungan vitamin A, C dan E yang sangat baik untuk menyuburkan dan menjaga kesehatan rambut.

Menghaluskan Kulit dan Menangkal Penuaan Dini

Kandungan vitamin A, C dan E maupun kalsium dalam ubi cilembu yang sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit. Konsumsi umbi ini juga efektif melindungi kulit dari paparan matahari dan menangkal penuaan dini.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ubi cilembu banyak mengandung vitamin A dan C yang sangat baik dalam meningatkan daya tahan tubuh. Konsumsi umbi ini secara rutin juga berguna untuk melawan serangan infeksi dan penyakit menular.

Itulah beragam manfaat ubi cilembu untuk kesehatan dan kecantikan yang belum banyak diketahui. Konsumsi umbi ini secara rutin akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh. (R9/HR-Online)

Loading...