Melestarikan Bukti Penodaan Internet dan Cara Melawan Serangan Online Jahat

Melestarikan Bukti Penodaan Internet
Ilustrasi Melestarikan Bukti Penodaan Internet. FotoL Istimewa

Melestarikan bukti penodaan internet sangat membantu orang-orang yang mendapatkan pernyataan maupun serangan online yang berpotensi memfitnah. Pencemaran nama baik di internet membawa konsekuensi bagi individu serta bisnis.

Korban pencemaran nama baik di internet bahkan dapat mengalami depresi atau efek mental dan emosional lainnya. Bisnis juga menghadapi risiko penurunan laba, publisitas negatif dan penurunan reputasi. Tindakan tegas perlu diupayakan untuk menangani adanya pencemaran nama baik yang mungkin terjadi.   

Selalu Mempertahankan Upaya Melestarikan Bukti Penodaan Internet

Menjaga seluruh bukti sangat penting untuk dilakukan ketika menghadapi fitnah internet ataupun serangan online. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah menyimpan salinannya terlebih dahulu.

Salinan ini akan menjadi bukti bahwa tindakan kurang menyenangkan yang anda dapatkan adalah benar adanya. Hal ini dilakukan sebelum melakukan upaya yang lainnya dalam menghapus konten. 

Alat yang Digunakan Menyimpan Bukti Online Secara Gratis

Mengambil tangkapan layar halaman web atau pos tertentu merupakan opsi gratis yang dapat dilakukan. Alat yang dapat digunakan adalah Snipping, yaitu utilitas tangkapan layar pada Microsoft Windows yang disertakan dalam Windows Vista serta yang lebih baru.

Bisa juga cukup dengan menekan tombol ctrl + print screen atau prt sc di PC Windows. Selain itu, dapat pula melakukannya di Mac.

Pilihan ini memungkinkannya mengambil gambar secara lengkap dari kiriman atau konten yang dipertanyakan beserta komentarnya. Setelah itu, disimpan pada halaman dokumen Word ataupun  PDF.

Dalam melestarikan bukti penodaan internet, pastikan seluruh tangkapan layar menyertakan tanggal serta waktu aktual yang dicap. Tidak sulit dilakukan, gambar yang dihasilkan komputer mempunyai informasi dalam metadata file.

Tidak hanya mengambil tangkapan layar saja, menyimpan semua halaman web juga dapat dilakukan.

Misalnya, jika menggunakan Google Chrome, maka mampu menyimpan situs web tersebut dalam pertanyaan serta mencatat waktunya. Tekan tombol ctrl + s guna menyimpan halaman web di versi HTML.

Perlu untuk diingat agar bukti dapat digunakan, maka harus disajikan dengan baik, jelas dan mudah dibaca. Cara inilah memudahkan penghapusan konten serta pengajuan kasus hukum kepada pelaku.

Bukti yang terpelihara dengan baik akan mempermudah pengacara dalam menyusun perintah pengadilan secara lengkap dan valid. Sehingga akan segera ditanggapi serta ditindaklanjuti platform online.

Alat Melestarikan Bukti Penodaan Internet Premium dan Freemium

Jika pencemaran nama baik yang dihadapi serius, maka menggunakan alat berbayar untuk melestarikan bukti penodaan internet merupakan langkah cerdas. Terdapat dua alat yang dapat digunakan, Halaman Vault dan Visualping.

Halaman Vault merupakan layanan penangkapan serta perangkat lunak web dalam membantu profesional hukum. Alat ini digunakan untuk menangkap dan menjaga konten online yang sensitif untuk digunakan di pengadilan.

Halaman Vault mempunyai pilihan berdasarkan permintaan yang memungkinkan profesional hukum untuk mengajukan permintaan. Permintaan ini merupakan koleksi web dalam berbagai ukuran atau frekuensi.

Alat ini dalam melestarikan bukti penodaan internet akan mengambil konten web dari seluruh platform media sosial populer. Tarif yang dibebankan berkisar antara $ 99 hingga $ 299 per proyek.

Visualping merupakan alat deteksi serta pemantauan web populer. Baik itu untuk individu maupun bisnis yang memerlukan tangkapan layar per jam atau harian.

Deteksi dan pemantauan ini dari halaman web serta konten tertentu dalam memantau setiap pembaruan atau perubahan. Pengiriman peringatan ini dilakukan secara otomatis.

Penggunaan alat ini tidak membutuhkan pendaftaran. Cukup membuka situs web yang ingin dilacak dan memberikan email yang dapat dikirimi notifikasi.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Bukti Tersimpan?

Kebenaran dari permasalahan ini bahwa setiap orang rentan terhadap fitnah serta serangan online jahat. Hal ini tidak dapat dihindari ketika kita hidup di era serba digital.

Meski sudah berhati-hati dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan memanfaatkan teknologi digital, masih ada peluang untuk terkena permasalahan tersebut. Dibalik manfaatnya, sisi negatif penggunaan teknologi juga perlu diperhatikan.

Ketika melestarikan bukti penodaan internet telah dilakukan dan mendapatkan kebenarannya pun, maka langkah kedua adalah berbicara dengan profesional hukum berpengalaman. Dari sinilah cara terbaik dalam menyelesaikan situasi akan diambil. (R10/HR-Online)

Loading...