Memanaskan Motor yang Benar, Begini Langkahnya!

Memanaskan Motor yang benar
Ilustrasi Memanaskan Motor. Foto: Net/Ist

Memanaskan motor tentu saja hampir dilakukan oleh semua pemilik motor. Memanaskan dengan cara yang salah juga berdampak kurang baik bagi si kuda besi.

Performa mesin motor agar lebih maksimal saat digunakan, perlu sekali pemanasan yang benar. Selain masalah mesin menjadi lebih optimal, motor juga akan menjadi lebih awet.

Manfaat Memanaskan Motor

Adapun manfaat dari memanaskan mesin kendaraan di antaranya agar sirkulasi oli yang ada di dalam mesin bisa merata ke seluruh bagian mesin. Sehingga, saat digunakan bisa berjalan maskimal.

Lantaran memanaskan mesin kendaraan biasa dilakukan pada pagi hari, campuran udara akan lebih tinggi. Maka agar udara dan bahan bakarnya homogen, perlu dilakukan pemanasan terlebih dahulu.

Baca juga: Kesalahan Saat Memanaskan Motor, Pastikan Anda Menghindarinya

Cara Memanaskan Motor yang Benar

Untuk kendaraan yang menggunakan sistem engkol, Anda bisa melakukan penyelahan 5 hingga 7 kali.

Setelah diengkol, kemudian nyalakan motor menggunakan starter atau menghidupkan dengan kontak motor.

Saat memanaskan motor, waktu dibutuhkan untuk jenis injeksi bisa mencapai 30 detik saja. Jadi, Anda tidak perlu lagi menggeber-geber supaya mesinnya lebih cepat panas.

Untuk kendaraan yang menggunakan sistem karburator, proses pemanasa bisa lebih lama, yakni mencapai 3 menit hingga 5 menit.

TCL

Dengan cara memanaskan motor yang benar, diharapkan kendaraan Anda bisa lebih awet dan mesinnya tetap prima saat digunakan. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...