Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam, Ini Caranya

Membersihkan Keramik Kamar Mandi
Ilustrasi membersihkan keramik kamar mandi. Foto : net/ist

Membersihkan keramik kamar mandi memang gampang-gampang susah. Gampangnya tinggal digosok atau dibersihkan dengan menggunakan lap, air atau bahan pembersih lainnya. Sedangkan susahnya membersihkan lantai kamar mandi adalah kotoran yang sudah lama nempel, sehingga sangat sulit dihilangkan.

Selain itu, keramik yang usianya telah lama, cenderung warnanya sudah tidak mengkilap lagi serta kelihatan kusam. Hal itu bisa disebabkan karena kotoran yang mengendap, dan sudah lama tidak dibersihkan.

Jika sudah terlalu lama tidak membersihkan keramik kamar mandi, maka kotoran itu akan mengeras, sehingga bakal menutup permukaan pada keramik.

Akibatnya, dengan keramik yang kusam itu bisa merusak pemandangan lantai keramik meski di kamar mandi sekalipun.

Walaupun keramik tersebut harganya mahal dan terbuat dari bahan terbaik, namun jika jarang sekali dibersihkan tentu tidak ada bedanya dengan keramik kelas standar.

Sebelum terlambat sebaiknya mulai dari sekarang rawatlah keramik yang ada di kamar mandi. Dan perawatan atau cara membersihkan keramik kamar mandi tidak terlalu sulit kok.

Nah, mengutip dari berbagai sumber, berikut ini tips membersihkan keramiknya yang warnanya sudah kusam.

Berikut di bawah ini merupakan bahan alami yang dipakai untuk membersihkan, agar keramik yang ada di kamar mandi kembali kinclong seperti baru.

Menggunakan Cuka

Cuka bukan hanya bermanfaat untuk masakan atau kesehatan tubuh saja, melainkan pula bisa digunakan untuk menghilangkan noda kusam yan ada di keramik.

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang kusam dengan menggunakan cuka tidak lah sulit. Yang pertama siapkan terlebih dulu larutan cuka.

Kemudian larutan tersebut dituangkan pada daerah lantai keramik yang warnanya terlihat kusam. Kemudian didiamkan sampai sekitar 15 menitan.

Setelah itu, gosok permukaan keramik atau lantai itu dengan menggunakan kain kering, sampai warna yang kusam itu hilang.

Langkah terakhir membersihkan keramik kamar mandi yang kusam itu, adalah dengan menambahkan pewangi yang biasa untuk membersihkan lantai di ruangan tamu atau lainnya. Hal itu supaya bau dari cuka tersebut hilang.

Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Bahan Alami

Pakai Baking Soda

Meski di toko-toko sudah tersedia cairan untuk membersihkan keramik, namun jenis cairan tersebut kebanyakan dari bahan kimia yang mengandung zat asam.

Walaupun pada larutan pembersih itu zat asamnya tidaklah banyak, akan tetapi jika terlalu sering digunakan untuk membersihkan tentu akan merusak lapisan pada keramik itu sendiri, akibatnya warna pada keramik tidak kinclong lagi .

Memang, manfaat dari zat asam itu biasanya akan membersihkan noda yang sudah menempel pada keramik dengan cepat. Tapi, ada bahan yang lebih aman dan murah.

Bahan tersebut yaitu baking soda yang dicampurkan dengan odol atau pasta gigi. Setelah dicampurkan, kain basah yang sudah diberi campuran baking soda dengan odol ini dielap ke permukaan keramik.

Saat mengelap sebaiknya dilakukan dengan pelan-pelan, yang terpenting noda atau kotoran yang membuat keramik kusam ini bisa hilang.

Sementara jika ada minyak atau sejenisnya tumpah di keramik, maka sebaiknya segera dibersihkan. Pasalnya, bila dibiarkan begitu saja bisa membuat noda kusam.

Sedangkan jika membersihkan keramik kamar mandi yang terkena tumpahan minyak atau oli dengan memakai air, pasti akan tersisa bekas minyaknya dan membuat lantai kamar mandi menjadi licin.

Nah, cara yang paling aman dan sederhana adalah dengan menaburkan tepung ke lantai tersebut. biarkan sampai minyak itu terserap oleh tepung.

Langkah terakhir, membersihkannya dengan memakai kain kering dan besih, lalu dibilas dengan pengharum lantai.

Cara lainnya membersihkan keramik kamar mandi terutama untuk mengembalikan warna yang kusam, bisa dengan meraciknya sendiri.

Pertama-tama, siapkan sabun untuk mencuci piring dan air panas. Campurkan cair panas itu dengan sabu cuci piring.

Setelah itu, langsung saja mengelap lantai tersebut dengan campuran itu ke permukaan yang warnanya sudah kusam.

Membersihkan Keramik Kamar Mandi

Bahan-bahan lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda kusam pada lantai keramik kamar mandi, diantaranya adalah sitrun.

Sitrun ini terkenal ampuh untuk membersihkan keramik, sebab di dalamnya ada kandungan asam sitrat yang bisa melenyapkan noda membandel pada lantai.

Selain sitru, Anda juga bisa menggunakan kaporit. Cara memakainya, taburkan bubuk kaporit di lantai yang warnanya sudah kusam.

Kemudian, diamkan kurang lebih 30 menit. Lalu bilas dengan memakai air dan kain lap bersih. Apabila noda kusam itu tetap saja membandel atau tidak hilang, bisa dibantu dengan menggosoknya menggunakan sikat.

Dan bahan terakhir yang sering digunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi adalah cairan pembersih. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...