Mencerahkan Ketiak Secara Alami, Mudah dan Cepat

Mencerahkan ketiak secara alami, mudah dan cepat
Mencerahkan ketiak secara alami, mudah dan cepat. Photo: Ilustrasi.

Mencerahkan ketiak secara alami, mudah dan cepat dapat dilakukan sendiri di rumah bagi kamu yang punya masalah pada kulit ketiak. Mencerahkan ketiak secara alami memang bisa dilakukan sendiri di rumah, seperti halnya memutihkan siku, leher, atau dengkul.

Pada umumnya wanita merasa tidak percaya diri jika memiliki ketiak yang hitam. Mereka tidak akan berani menggunakan pakaian tanpa lengan, atau bahkan bikini.

Sebenarnya banyak cara mencerahkan ketiak secara alami yang dapat dilakukan dengan mudah dan hasilnya pun bisa cepat terlihat.

Banyak juga produk kecantikan dengan kandungan aluminium yang khusus untuk mencerahkan ketiak.

Namun, tidak semua orang bisa cocok dengan produk yang mengandung aluminium tersebut.

Kebiasaan menggunakan produk pemutih ketiak, mencukur bulu ketiak dalam kondisi kering, atau malas bersihkan ketiak juga bisa membuat kulit ketiak menjadi hitam.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (20/01/2020), berikut ini beberapa cara mudah untuk mencerahkan kulit ketiak yang dapat kamu coba di rumah.

Tips Mencerahkan Ketiak Secara Alami

Ganti Produk Deodorant

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah mengganti produk deodorant yang kamu gunakan. Kalau produk tersebut di dalamnya memiliki kandungan aluminium, disarankan sebaiknya kamu beralih ke produk berbahan alami.

Pasalnya, aluminium yang terkandung di dalam deodoran akan menutup produksi keringat, yang secara perlahan akan membuat kulit ketiak semakin hitam.

Bagi yang punya kulit sensitif perlu perhatikan pula kandungan alkohol dan parfum, karena keduanya dapat memicu iritasi.

Lemon dan Lidah Buaya

Mencerahkan ketiak secara alami bisa dengan lemon dan lidah buaya. Campuran kedua bahan alami tersebut dapat membantu memutihakan ketiak kamu.

Karena, kandungan vitamin C dalam lemon mampu mencerahkan, sedangkan lidah buaya berfungsi untuk menenangkan kulit yang mengalami iritasi.

Sheel Desai Solomon, seorang spesialis kulit, mengatakan, cara mengaplikasikannya cukup siapkan perasan lemon dan lidah buaya masing-masing satu sendok makan.

Lalu campurkan keduanya dan aplikasikan campuran tersebut pada ketiak, biarkan 10 menit, lalu cuci sampai bersih menggunakan air.

Gula dan Minyak Zaitun

Cara mencerahkan ketiak secara alami selanjutnya menggunakan gula yang dicampurkan dengan minyak zaitun.

Kulit ketiak berwarna gelap bisa juga disebabkan menumpuknya sel kulit mati. Scrub alami dari gula dicampur minyak zaitun dapat membantu mengangkat tumpukan sel kulit yang mati, sehingga ketiak akan tampak lebih cerah.

Cara membuat scrub alami ini, kamu cukup sediakan gula satu sendok teh lalu campurkan sedikit minyak zaitun.

Kemudian, aplikasikan pada ketiak dengan menggosoknya secara perlahan-lahan, dan bilas hingga bersih dengan air.  

Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat digunakan untuk mencerahkan ketiak secara alami. Kandungan vitamin E yang ada dalam minyak kelapa dapat melembapkan dan mencerahkan kulit.

Caranya, cukup oleskan minyak kelapa pada ketiak yang hitam, lalu diamkan selama beberapa menit, kmeudian bilas dengan air hingga bersih.

Mentimun

Untuk memutihkan ketiak secara alami bisa juga menggunakan mentimun. Diketahui mentimun bermanfaat untuk mencerahkan kulit ketiak.

Caranya, potong mentimun, lalu gosokkan pada kulit ketiak yang hitam. Diamkan beberapa saat, setelah itu baru bilas hingga bersih. Lakukan secara teratur maka dengan sendirinya kulit ketiak pun akan menjadi putih.

Yoghurt dan Susu

Mencerahkan ketiak secara alami bisa juga dilakukan dengan menggunakan campuran yoghurt dan susu.

Kandungan asam laktat dalam yoghurt dan susu bermanfaat untuk menghaluskan dan memutihkan kulit secara alami.

Caranya, siapkan 3 sendok yoghurt serta 4 sendok susu, lalu campurkan dan aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan pada kulit ketiak yang hitam. Diamkan 50 menit, kemudian basuh ketiak menggunakan air hangat.

Mentimun dan Kunyit

Memutihkan ketiak secara alami yang berikutnya yaitu menggunakan mentimun dicampur dengan kunyit.

Mentimun memiliki sifat menyegarkan dan memutihkan, sedangkan kunyit bermanfaat sebagai pemutih alami.

Cara mengaplikasikannya, buat jus mentimun, kemudian campurkan bubuk kunyit. Setelah itu, oleskan campuran bahan alami tersebut pada ketiak. Lakukan rutin 2-3 kali seminggu.

Kulit Jeruk

Mencerahkan ketiak secara alami yang berikutnya bisa memanfaatkan kulit jeruk. Caranya, cukup siapkan kulit jeruk.

Sebelum digunakan, kulit jeruk terlebih dahulu dijemur di bawah sinar matahari dalam waktu beberapa hari. Setelah kulit jeruk kering kemudian diparut.

Kemudian, campurkan air mawar dan sedikit susu pada kulit jeruk yang telah diparut, lalu aduk hingga merata.

Setelah itu, oleskan sambil diusap-usap pada kulit ketiak yang hitam selama 10 menit, selanjutnya bersihkan ketiak kamu menggunakan air bersih.

Baking Soda

Mencerahkan ketiak secara alami yang terkahir adalah dengan menggunakan baking soda. Bahan pembuat kue ini juga kerap dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit ketiak.

Baking soda memiliki sifat scrub yang mampu mengelupaskan sel kulit yang mati pada kulit ketiak. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...