Mengatasi Biduran atau Kaligata, Begini Caranya!

Mengatasi Biduran atau Kaligata

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Mengatasi biduran atau kaligata, begini caranya! Biduran atau kaligata merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti halnya makanan, cuaca dan beberapa jenis faktor lainnya.

Penyakit ini akan membuat badan terasa panas, gatal, hingga membengkak. Biasanya gatal-gatal ini jika terkena angin atau dingin akan terasa lebih panas.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi penyakit kulit ini dengan aman dan ampuh.

Cara Mengatasi Biduran atau Kaligata

Daun Sirih

Kandungan chavicol para allyphenol ini memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang sudah banyak terbukti khasiatnya.

Kandungan ini mampu mengatasi beberapa penyakit seperti bau badan yang tidak sedap, alergi maupun biduran.

Cara mengatasi biduran dengan menggunakan daun sirih pun sangat mudah. Cukup dengan menghaluskan beberapa lembar daun sirih dan kuyit.

Kemudian tempelkan tumbukan kedua bahan tersebut pada area kulit yang terasa gatal, dan diamkan selama 20 menit.

Suplemen

Cara mengatasi biduran atau kaligata selanjutnya yaitu dengan menggunakan suplemen quercetin. Suplemen ini dipercaya mampu mengatasi gatal-gatal yang disebabkan karena alergi maupun biduran.

Selain suplemen quercetin, ternyata masih ada beberapa jenis suplemen yang bisa membantu menyembuhkan ruam, kemerahan dan gata-gatal pada kulit. Diantaranya seperti minyak ikan, vitamin A, vitamin B12, dan vitamin C.

Lidah Buaya

Cara mengatasi biduran selanjutnya yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Selain suplemen dan daun sirih, cara alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi ruam dan biduran pada kulit yaitu menggunakan lidah buaya.

TCL

Antiinfalasi yang terkandung di dalamnya banyak dibuktikan oleh berbagai kalangan. Pada dasarnya cara penggunaan lidah buaya ini sangatlah mudah.

Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya segar kebagian kulit yang gatal lakukan hal tersebut 3 kali dalam sehari.

Berendam Menggunakan Oatmeal

Cara mengatasi biduran atau kaligata selanjutnya yaitu dengan menggunakan oatmeal. Kandungan saponin yang dimiliki mampu berperan sebagai bahan pembersih.

Cara ini sangat aman digunakan pada bagian kulit, apalagi bagi Anda yang memilki kulit sensitif.

Selain dipercaya mampu mengatasi rasa gatal pada kulit, oatmeal ini juga mampu mengembalikan kadar Ph pada kulit. Sehingga kulit dapat normal seperti sedia kala.

Cara penggunaanya pun mudah, yaitu cukup dengan memasukkan satu gelas oatmeal pada bak mandi yang terisi air hangat.

Kemudian tambahkan 2 sendok makan baking soda dan jangan lupa teteskan minyak esensial untuk menambah ketenangan pada kulit.

Setelah itu, baru rendam tubuh Anda di dalamnya selama kurang lebih 20 menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih dan dingin.

Biduran ini dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Penyakit kulit ini akan terasa gatal panas, bahkan hingga membuat kuli ruam kemerahan.

Oleh karena itu, mengetahui cara mengatasi biduran atau kaligata sangatlah penting untuk menangani masalah kesehatan di lingkungan keluarga. Dengan demikian Anda pun tidak perlu harus membeli obat mahal. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...