Mengatasi Kista dengan Bahan Alami

Mengatasi Kista dengan Bahan Alami
Ilustrasi Kista. (webmd.com)

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Mengatasi kista dengan bahan alami. Kista adalah benjolan yang tumbuh di bawah kulit dan mengeras. Biasanya orang-orang melakukan pembedahan untuk menghilangkan kista.

Namun, ada beberapa bahan alami yang diciptakan Tuhan sebagai salah satu cara mengatasi kista supaya tidak membesar. Berikut bahan alami untuk mengatasi kista yang patut Anda coba!

Cara Mengatasi Kista

Kompres Air Panas

Salah satu cara untuk mengecilkan kista adalah dengan mengompres bagian yang benjol dengan kompresan air panas.

Dengan kompres air panas atau hangat, cairan dalam kista bisa lebih mudah mengalir. Banyak dokter yang menyarankan dengan cara yang satu ini.

Anda bisa menggunakan kain yang sudah direndam air panas, diamkan selama 20 menit atau setidaknya sampai kain tidak lagi hangat.

Ulangi beberapa kali dalam sehari untuk hasil yang lebih baik.

Minyak Atsiri

Cara mengatasi kista selanjutnya adalah dengan minyak atsiri. Tahukah Anda bahwa minyak atsiri atau minyak pohon teh bisa menjadi bahan alami mengobati kista?

Penelitian menunjukkan bahwa minyak atsiri adalah minyak yang mengandung antimikroba sehingga bisa membunuh bakteri, virus, jamur, dan patogen lainnya.

Apalagi jika kista yang Anda derita akibat adanya rambut yang tumbuh ke dalam tubuh.

Namun tidak semua kista bisa diatasi dengan minyak atsiri. Karena memang ada berbagai penyebab kista tumbuh di badan.

Jika Anda berminat ingin mencoba, campurkan saja 3 tetes minyak air atsiri dengan 1 sendok makan air yang kemudian dioleskan pada bagian kista.

Mudah bukan cara mengatasi kista dengan minyak atsiri alami ini?

Cuka Apel

Selain minyak astiri, Anda juga bisa mencoba untuk mengatasi kista dengan menggunakan cuka apel.

Dalam cuka apel ini terdapat antimikroba yang sama dengan minyak astiri. Antimikroba ini berguna untuk menghilangkan bakteri dan infeksi yang terjadi.

Untuk penggunaannya sendiri, sebaiknya jangan langsung dioleskan pada kulit sebab bisa menyebabkan iritasi.

Sebaiknya, campurkan dengan air panas dengan rasio pencampuran yang pas dan oleskan beberapa kali dalam seminggu.

Lidah Buaya

Di rumah Anda terdapat banyak pot lidah buaya? Coba gunakan untuk mengobati kista yang mungkin Anda atau saudara derita.

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba, sehingga dapat membantu mengurangi timbulnya rasa sakit dan iritasi pada kista.

Cara mengatasi kista dengan lidah buaya tidak sulit, Anda hanya perlu mencuci bersih lidah buayanya.

Kemudian iris pada bagian tengah sehingga tampak gel atau daging lidah buayanya dan oleskan langsung pada bagian yang tampak menonjol.

Lakukan 3 kali dalam seminggu untuk mengurangi ukuran kista supaya tidak terus membesar.

Tidak ada salahnya mencoba mengobati kista dengan bahan-bahan alami sebelum Anda melakukan operasi penghilangan kista tersebut.

Apalagi bahan alami hampir tidak memiliki efek samping yang berbahaya untuk tubuh.

Demikian cara mengatasi kista dengan bahan alami. Semoga informasi ini bermanfaat bagn anda untuk mengatasi masalah yang dihadapi. (Deni/R4/HR-Online)