Menikmati Keindahan Alam Muara Cijalu Pangandaran, Wisata Air Berwarna Bluewater

Keindahan Alam Muara Cijalu
Objek wisata air Muara Cijalu yang berada di Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Muara Cijalu yang berada di Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, merupakan salah satu destinasi wisata air di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Meski wisata air ini tak se-populer Pantai Pangandaran, akan tetapi banyak menyimpan keindahan dan pemandangan yang menakjubkan bila menjelajah lebih dalam

Berita Terkait : Wisata Muara Cijalu Pangandaran, Unik Tapi Berbahaya Saat Musim Hujan

Menurut salah seorang pengelola wisata Muara Cijalu, Irfan, objek wisata air di sungai Cimandala ini memiliki keindahan tersendiri, yaitu pada air sungainya berwarna kebiruan. Sehingga aliran air sungai tersebut dijuluki Bluewater.

Selain itu, imbuhnya, arus sungainya ada yang deras dan ada juga yang tenang, sehingga cocok sekali buat renang. Sedangkan di tepi sungai berderet bebatuan besar.

“Itu yang membuat para pengunjung betah berlama-lama di area wisata ini,” ujarnya.

Bukan hanya itu, di area ini juga ada aliran air terjun kecil yang tebing batunya terlihat indah. Pasalnya, tebing tersebut membentuk relief dari pahatan alam.

Udara di objek wisata Muara Cijalu juga sejuk, dengan pemandangan yang asri dan pepohonan yang berderet di tepian sungai. Maka, tak sedikit para pengunjung mengabadikan momen tersebut dengan berpoto selfi.

Objek wisata air Muara Cijalu yang berada di Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto : Enceng/HR

“Sejuknya udara pegunungan, pesawahan, suara gemericik air, serta rimbunnya pepohonan yang hijau, membawa ketenangan ketika rekreasi di Muara Cijalu ini,” katanya.

Lebih lanjut Irfan mengatakan, di area ini juga terdapat batu besar dengan tinggi sekitar 10 meter dari permukaan air, yang dikenal dengan nama Batu Tengkorak.

“Dari batu inilah para wisatawan yang punya nyali bisa loncat dan terjun ke air sambil berenang,” ucapnya.

Sementara untuk kedalaman airnya bervariasi. Untuk sisi sungai tingginya 10 centimeter, sampai tengah sungai bisa sampai 3,5 meter.

Namun, untuk yang tidak bisa berenang tapi ingin merasakan segarnya air sungai tersebut jangan khawatir, karena pihak pengelola wisata sudah menyiapkan dan menyewakan ban atau pelampung.

Rute ke Wisata Muara Cijalu Pangandaran

Rute menuju objek wisata air ini tidak lah sulit. Apabila Anda dari Kecamatan Cigugur, bisa mengambil jalan menuju Kecamatan Langkaplancar, melewati Puskesmas Cigugur ke arah pamangon.

Kemudian, tepat di pertigaan Cipancur, belok ke kiri selanjutnya mengikuti jalan desa menuju jalan Marenca. Tersedia juga petunjuk arah untuk sampai ke Sungai Muara, atau bisa menanyakan ke warga sekitar.

Sementara jika dari arah Cikuya, MA YBH Cimindi, tinggal ikuti saja jalan desa menuju Desa Harumandala.

Jika Anda tertarik menikmati destinasi wisata air jernih yang memiliki warna kebiruan, di Muara Cijalu di Desa Harumandala Pangandaran, tak salah bila mencobanya.

Namun apabila belum puas dengan wisata Muara Cijalu, Anda juga bisa mengunjungi Curug Lewi Letak dan wisata Gunung Haur, yang juga masih berada di Desa Harumandala. (Cenk/R5/HR-Online)

Loading...