Menurunkan Gula Darah dengan Cepat? Baca Ini Dulu!

menurunkan gula darah
Ilustrasi mengecek dan menurunkan gula darah. Foto: Istimewa

Mengontrol dan menurunkan gula darah merupakan hal yang sangat penting sebelum berdampak serius. Gula darah yang terlalu tinggi bukan saja akan memicu diabetes, namun juga menyebabkan penyakit lainnya.

Tubuh secara alami memerlukan gula untuk menjadi sumber energi agar bisa melakukan berbagai aktivitas dengan baik. Gula juga dibutuhkan saat berbuka puasa untuk mengembalikan tenaga.

Namun kebutuhan tubuh terhadap gula ada batasannya. Jika kadar gula dalam darah melebihi batas normal, maka bisa memicu terganggunya kesehatan tubuh. Karena itulah penting sekali menjaga dan mengontrol gula darah.

Ada banyak faktor yang menyebabkan naik atau turunnya kadar gula darah. Saat kadarnya melebihi batas normal, sangat penting untuk segera mengendalikannya. Namun cara menurunkan gula darah juga tergantung faktor penyebabnya.

Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Secara alami tubuh akan memanfaatkan asupan gula yang masuk melalui makanan atau minuman untuk diolah menjadi energi. Proses pengolahan gula menjadi energi tergantung fungsi organ tubuh maupun aktivitas yang dilakukan.

Dalam proses mengolah glukosa menjadi energi ada kerja insulin yang terlibat. Jika insulin tubuh mengalami gangguan akan mempengaruhi kadar gula darah menjadi tak terkendali. Kondisi semacam inilah yang dialami penderita diabetes.

Nah, untuk mencegah diabetes sangat penting untuk mengontrol kadar glukosa dalam darah. Ada sejumlah cara menurunkan gula darah yang cukup mudah untuk dilakukan, yaitu :

Jalankan Prinsip 3J

Menjalankan pola makan yang sehat merupakan salah satu hal penting yang sebaiknya dilakukan. Anda bisa menerapkan prinsip 3J yang belakangan cukup populer. 3J mencakup Jumlah, Jenis dan Jadwal dari makanan yang Anda konsumsi.

Dengan memperhatikan 3J, Anda perlu mengatur makanan yang dikonsumsi. Anda juga perlu menjauhi makanan dengan kadar indeks glikemik tinggi. Agar gula darah stabil, sebaiknya hindari makanan berindeks glikemik di atas 60.

Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga juga berperan penting dalam menjaga dan menurunkan gula darah. Anda tak perlu berolahraga berat yang menguras keringat, namun cukup dengan olahraga ringan tapi dilakukan teratur. Seperti jogging atau senam ringan setiap pagi.

Kenali Gejalanya

Mengenali gejala awal diabetes juga merupakan langkah penting untuk mencegah penyakit ini. Ada istilah yang populer di kalangan medis untuk mendeteksi gejala diabetes dengan istilah 3P, yaitu Polyphagia, Polydipsia dan Polyuria.

Polyphagia ditandai dengan gejala banyak makan, Polydipsia berupa sering minum dan Polyuria atau sering kencing. Munculnya gejala 3P ini biasanya diikuti dengan penurunan berat badan secara drastis.

Bila mengalami gejala 3P, sebaiknya Anda segera mengontrol atau menurunkan gula darah maupun dengan secepatnya memeriksakan ke dokter. Anda juga perlu memeriksakan kadar glikemik agar kadar glukosa darah tetap stabil.

Pengobatan Anti Diabetik

Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit diabetes. Penderita yang sudah terkena penyakit ini hanya bisa mengontrol kadar gula darahnya agar tidak berakibat fatal.

Karena itu pencegahan sangat penting dilakukan sebelum terkena penyakit ini. Termasuk dengan mengonsumsi obat anti diabetik untuk mengontrol dan menurunkan gula darah. Saat ini juga ada terapi suntik insulin sebagai pilihan namun harganya mahal.

Cara Mengontrol Kadar Gula Darah

Memonitor dan menurunkan gula darah merupakan langkah penting dalam mencegah diabetes. Namun mengontrol glukosa darah perlu dilakukan dengan benar agar hasilnya akurat. Berikut ini beberapa tips penting terkait tes atau cek gula darah.

Waspadalah bila tes gula darah saat puasa, hasilnya sama atau lebih tinggi dari 126 mg/dL. Begitu juga bila hasil tes tanpa puasa lebih tinggi dari 200 mg/dL. Sesuaikan pula hasil ini dengan tes HbA1c atau tes toleransi glukosa oral yang ada.

Waspadai pula saat Anda mengalami gejala 3P (Polyphagia, Polydipsia, dan Polyuria) seperti telah diuraikan sebelumnya. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain itu waspadai juga gejala ikutan lainnya seperti parestesia (kesemutan, rasa baal atau rasa tebal). Gejala ini terutama terjadi pada bagian bawah tubuh yang disertai dengan pandangan mata sering kabur dan lemah tubuh.

Itulah informasi tentang langkah penting dalam mencegah diabetes maupun cara menurunkan gula darah yang bisa dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat ya. (R9/HR-Online)