Menyimpan Makanan di Kulkas, Awas Jangan Salah!

Menyimpan Makanan di Kulkas, Awas Jangan Salah!

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com).- Menyimpan makanan di kulkas, awas jangan salah! Ada banyak cara menyimpan makanan agar tetap segar dan dapat dikonsumsi, salah satunya dengan cara menyimpannya di dalam kulkas.

Namun ternyata menyimpan makanan dalam kulkas juga harus dilakukan dengan benar agar makanan tetap terjaga kesegaran dan nutrisinya.

Ada beberapa kesalahan menyimpan makanan dalam kulkas yang tanpa sadar sering dilakukan. Apa saja kesalahan tersebut? berikut ini ulasannya;

Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkas

Menyimpan Makanan Panas Langsung ke dalam Kulkas atau Freezer

Kesalahan pertama dalam menyimpan makanan di kulkas adalah menyimpan makanan bersuhu panas langsung ke dalam kulkas atau freezer.

Perubahan suhu secara drastis dari suhu tinggi ke rendah akan membuat rasa makanan menjadi berbeda akibat penumpukan es yang terjadi pada makanan tersebut.

Jika Anda ingin menyimpan makanan panas ke dalam kulkas, maka diamkan makanan tersebut hingga suhunya turun.

Mencuci Jenis Makanan Tertentu sebelum Disimpan di dalam Kulkas

Mencuci memang menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan makanan, termasuk buah.

Namun, mencuci buah-buahan tertentu dapat merusak makanan hingga mempercepat pembusukan.

Contohnya adalah buah berry yang memiliki tekstur kulit yang lunak. Selain itu, kulit buah yang bertekstur kering juga sebaiknya tidak dicuci jika ingin menyimpannya dalam kulkas.

Terlalu Banyak yang Disimpan di dalam Kulkas

Menyimpan makanan di dalam kulkas memang menjadi solusi untuk mengawetkan makanan. Sehingga, container kulkas sering sekali penuh akibat makanan yang ingin disimpan.

Padahal menyimpan makanan terlalu banyak dalam container akan membuat proses pendinginan menjadi tidak maksimal.

Sebaiknya, sisakan ruang dalam container kulkas saat menyimpan makanan. Hal ini dilakukan agar proses pembekuan makanan lebih optimal.

Proses Pendinginan yang Tidak Tepat

Proses pendinginan merupakan kunci dalam menyimpan makanan di dalam kulkas. Namun, jika proses pendinginan dilakukan tidak tepat maka akan membuat makanan menjadi cepat basi. Lebih cepat makanan tersebut membeku tentu akan lebih baik.

Menyimpan Makanan Sisa Tanpa Penutup

Kulkas tidak hanya menjadi tempat untuk menyimpan makanan baru. Karena kulkas juga sering digunakan untuk menyimpan makanan sisa.

Namun, kesalahan menyimpan makanandi dalam kulkas sisa sering kali dilakukan. Salah satunya adalah menyimpannya tanpa menggunakan penutup.

Menyimpan makanan sisa tanpa penutup memang tetap membuat makanan lebih awet. Akan tetapi jika tanpa penutup, makanan tidak terjaga dari bakteri dan kuman.

Selain itu, tidak menutup makanan sisa yang disimpan dalam kulkas dapat membuat aroma kulkas menjadi kurang sedap.

Kesalahan Menyimpan Telur dalam Kulkas

Posisi menyimpan telur dalam kulkas juga perlu diperhatikan. Simpan telur dengan sisi ujung kecil berada di bawah.

Posisi ini akan membuat kantung udara menjadi tidak tertekan sehingga telur tidak cepat membusuk dan lebih awet.

Kesalahan menyimpan makanan di dalam kulkas diatas sebaiknya dihindari agar bisa lebih maksimal. Selain itu, makanan akan lebih aman dan lebih baik. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...