Microsoft Edge Chromium Diluncurkan pada Windows & macOS

OS Microsoft Edge Chromium
Microsoft Edge Chromium. Foto: Net/Ist

Microsoft Edge Chromium resmi diluncurkan bulan ini untuk Windows dan macOS. Semua orang dapat mengunduh versi browser baru yang stabil ini.

Sebelumnya, Microsoft Edge hanya ditujukan untuk Windows 10 saja. Namun, Microsoft kini telah memperkenalkan browser Edge dengan basis Chromium.

Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1 dapat menginstal browser Edge bermesin Chromium ini. Anda tidak perlu melakukan upgrade PC ke Windows 10 untuk bisa mencoba browser Edge ini.

Microsoft Edge Chromium Resmi Meluncur

Pada awal tahun 2019 ini tidak akan ada paket file instalasi browser Microsoft Edge yang biasa dipakai untuk install versi Windows sebelumnya.

Hal ini dikarenakan rencana Microsoft Edge Chromium akan dipakai untuk menggantikan Internet Explorer.

Pengguna Windows versi sebelumnya lebih memilih menggunakan aplikasi browser pihak ketiga, seperti Opera, Chrome, Firefox dan yang lainnya. Browser bawaan Internet Explorer jarang digunakan karena dirasa agak lambat dan ketinggalan zaman.

Namun, Edge Chromium akan diluncurkan tanpa beberapa fitur seperti saat anda memakai Chrome. Misalnya saja seperti fitur sinkronisasi riwayat dan ekstensi.

Namun masih ada hal-hal menarik lainnya yang tersedia. Seperti pengaturan alamat atau info kontak, favorit, pengaturan dan kata sandi semua akan disinkronkan.

Edge hampir mirip dengan Chrome. Banyak dukungan ekstensi dari Chrome yang digunakan. Pada fitur baru seperti Koleksi dapat dipakai untuk menyusun konten dan gambar dari web.

Untuk menghindari dilacak oleh web di Edge, maka anda bisa memilih dari tiga level yang berbeda. Memblokir pelacak dari situs yang sebelumnya anda kunjungi dapat diatur melalui default.

Hal ini dapat memastikan jika iklan dan konten yang kurang personal dan pelacak berbahaya dapat diblokir.

Microsoft Edge Chromium akan sangat bermanfaat bagi para pengguna untuk dapat mengakses beberapa fitur baru. Misalnya saja seperti mode Internet Explorer untuk bisnis yang dapat memuat situs IE lama secara otomatis dalam Edge.

Fitur yang lainnya adalah anti pelacakan yang ditambahkan, dukungan untuk 4K Netflix dengan Dolby Atmos dan Dolby Vision serta Koleksi.

Google telah menghapus cookie dan pelacak dari pihak ketiga selama beberapa tahun ini di Chrome. Sehingga memberikan kesempatan pada Edge, Firefox dan yang lainnya untuk memanfaatkan sadar privasi bagi pengguna web.

Namun hal tersebut bukan alasan semua orang akan beralih dari Chrome. Akan tetapi, Microsoft mempunyai peluang dengan dominasi Windows.

Browser Edge Chromium Lebih Stabil

Browser diubah dengan basis Chromium baru yang menggantikan Google Chrome untuk Windows dan macOS. Cukup dengan mengunjungi situs web Microsoft untuk dapat mengunduh Microsoft Edge Chromium baru.

Salah satu alasan utama Microsoft memilih Chromium adalah dalam hal kompatibilitas. Chromium memungkinkan Microsoft untuk membawa peramban web ke tempat lain dan menawarkan kompatibilitas web instan.

Microsoft juga merilis Edge untuk Windows 7. Edge ini juga akan hadir untuk Windows 8.1, Android dan iOS.

Pada instalasinya hampir sama dengan Windows 10, yakni menggunakan Microsoft Edge Dev. Tampilan lebih menarik dan transparan.

Anda dapat mengubah tampilan ke dark mode. Ekstensinya sendiri masih dapat dipakai, baik ekstensi dari Microsoft Store maupun ekstensi dari Chrome Webstore.

Performa Browser Edge Chromium

Performa pada Microsoft Edge Chromium menjadi lebih baik apabila dibandingkan dengan Google Chrome. Meskipun hanya memiliki RAM 3 GB, namun saat berselancar di dunia internet tidak akan berat.

Kecepatan internetnya juga melaju sangat handal jika dibandingkan dengan Internet Explorer dari Windows 7.

Untuk kegiatan sosial media dan streaming lancar meskipun membukanya sampai puluhan tab. Performa hardware ataupun kecepatan loading halaman web juga tidak perlu diragukan.

Kelebihan lain dari penggunaan engine Chromium yakni anda dapat memasang semua ekstensi yang disediakan untuk Chrome pada browser Edge.

Bagi anda yang sebelumnya sering memakai browser Chrome, tentu akan lebih mudah beradaptasi dalam menggunakan browser Edge. Karena pengaturan yang dihadirkan hampir mirip dengan Google Chrome.

Apabila anda telah menginstall Microsoft Edge Chromium, maka seluruh data browser, seperti bookmarks, password dan lainnya dapat anda impor. Anda dapat mencoba Edge baru ini untuk Windows ataupun macOS di situs Edge Microsoft. (R10/HR-Online)

Loading...