Misi NASA Bangun Rumah di Mars, Berhasil atau Tidak?

Misi Nasa Bangun rumah di mars
Misi Nasa bangun rumah di Mars, mungkinkah? Foto: Ist/Net

Misi NASA bangun rumah di Mars memang diperkirakan sangat sulit. Bukan diperkirakan lagi, tetapi kenyataannya sangat sulit.

Bahkan misi ini dikatakan tidak mungkin terjadi. Mengingat banyak hal yang perlu dipersiapkan dan dibawa ke planet Mars.

Planet Merah ini memang masih memiliki kehidupan meskipun tidak selayak di Bumi. Misi pembangunan rumah ini tentunya menjadi prospek utama para ilmuwan. Apalagi jika misi ini berhasil, maka akan menjadi pengetahuan baru.

Misi NASA Bangun Rumah di Mars, Mungkin atau Tidak?

Berbicara mengenai misi tersebut, maka akan tertuju pada kawasan yang akan dibangun. Planet Mars sendiri memang menjadi planet yang dekat dengan Bumi.

Sehingga planet ini memang mudah untuk diteliti menggunakan satelit. Sebab jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan Bumi.

Bahkan belum lama ini telah ditemukan fakta mengenai planet Mars. Diantaranya adalah raibnya molekul air hingga terjadinya sebuah badai.

Fakta tersebut juga menjadi pertimbangan hingga kini apakah aman untuk menjalankan sebuah misi. Misi yang akan dijalankan terkait dengan pembangunan rumah.

Jika diteliti lebih lanjut, maka kemungkinan dari keberhasilan misi ini sangat kecil. Mengingat banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam bentuk material.

Bukan merupakan perkara yang mudah untuk menjalankan misi tersebut. Akhirnya, para ilmuwan meneliti bagaimana caranya untuk menuntaskan misi ini.

Misi NASA bangun rumah di Mars memang tidak mudah meski hanya sebuah bayangan. Mengingat planet Mars memiliki temperatur suhu yang dikatakan belum normal. Ditambah dengan cuacanya yang tidak menentu sama sekali.

Hal ini tentunya menjadi pertimbangan khusus yang akan terus diteliti. Hingga akhirnya ditemukan solusi atau alternatif terkait dengan misi ini.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa misi ini dapat berjalan dengan sebuah perubahan. Perubahan ini terkait dengan material yang akan digunakan untuk membangun rumah.

Misi NASA Bangun Rumah di Mars Menggunakan Jamur

Solusi sekaligus alternatif yang bisa digunakan adalah menggunakan material yang berbeda. Biasanya membangun rumah menggunakan kayu dan yang lainnya.

Namun hal tersebut sangat sulit untuk dilakukan. Sehingga material yang akan digunakan adalah jamur. Misi ini kemudian dikembangkan lebih lanjut. Kemudian NASA akan mengerjakan misi bangun rumah ini di Mars.

Penelitian masih terus berlanjut mengenai arsitektur bangunan menggunakan jamur. Penelitian ini merupakan hibah yang diberikan oleh NIAC.

Para ilmuwan kemudian berfokus untuk mengembangkan jamur sebagai material pembuatan rumah di Mars. Misi NASA bangun rumah di Mars akan terus dikembangkan. Hal ini dimulai dari penelitian jamur yang difokuskan pada Mycelia.

Apa itu Mycelia? Mycelia sendiri merupakan bagian jamur yang akan diteliti. Bagian jamur yang bernama Mycelia ini memiliki bentuk seperti benang. Kemudian benang tersebut bisa tumbuh dan menyebar.

Tidak hanya menyebar saja, tetapi juga bercabang luas menutupi permukaan. Namun pertumbuhan ini bisa berkembang hanya pada kondisi yang tepat.

Hal ini juga yang menjadi pertimbangan untuk membangun rumah di planet Mars. Jamur tersebut bisa tumbuh, berkembang dan berstruktur padat di kondisi yang tepat.

Namun apakah planet Mars menjadi tempat yang tepat agar jamur ini bisa berkembang. Mengingat cuaca di planet Mars jauh dari kata normal seperti di Bumi.

Meskipun begitu, pihak NASA akan mencari cara yang tepat untuk mengembangkan jamur tersebut. Agar nantinya jamur tersebut bisa melakukan fotosintesis.

Alasan Gunakan Material dari Jamur

Mengapa menggunakan material berupa jamur? Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa jamur memiliki bagian yang bernama Mycelia.

Bagian ini akan berkembang dengan baik dalam kondisi yang baik pula. Perkembangannya akan dilakukan secara organik sehingga membentuk material yang kokoh.

Inilah salah satu hal yang menjadi alasan dari penggunaan jamur. Kemudian jamur ini akan dipanggang agar semua tanda-tanda kehidupan segera hilang.

Tanda kehidupan yang dimaksud adalah bakteri atau yang lainnya. Proses pemanggangan ini juga bertujuan untuk membuat material yang lebih kuat.

Sehingga tidak akan ada material yang terkontaminasi oleh planet Mars. Hal ini kemudian akan berdampak pada keberhasilan pembangunan rumah.

Misi NASA bangun rumah di Mars akan menjadi misi yang baru jika berhasil dilakukan. Misi ini akan terus dikembangkan hingga mencapai keberhasilan. (R10/HR-Online)

Loading...