Mobil Matic Bekas, Begini Cara Memilihnya!

Mobil Matic Bekas, Begini Cara Memilihnya!

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Mobil matic bekas atau second, begini cara memilihnya! Beberapa orang memilih memiliki mobil sampai benar-benar punya uang banyak untuk untuk bisa punya sebuah mobil baru.

Mereka menghindari membeli mobil matic second karena tidak ingin berisiko mendapatkan mobil bekas yang buruk. Namun tidak perlu khawatir, karena kali ini kita akan bahas mengenai tips membeli mobil matic second yang bisa anda coba sewaktu-waktu.

Tips Membeli Mobil Matic Bekas

Jarak Tempuh

Jika Anda akan membeli mobil matic second, perhatikan jarak tempuh mobil tersebut. Jarak tempuh sebuah mobil menggambarkan bagaimana kondisi mobil sebenarnya.

Jika kilometer sudah tinggi, berarti mobil tersebut cukup sering digunakan dan banyak piranti mobil yang perlu diganti untuk membuatnya memiliki kondisi yang lebih baik.

Hal yang perlu diganti karena mobil sudah memiliki kilometer tinggi cukup beragam, seperti bantalan rem dan filter bahan bakar. Atau dalam kondisi yang lebih besar, yang perlu diganti bisa jadi seperti radiator hingga kompresor.

Persiapkan Dua Anggaran

Saat Anda akan membeli sebuah mobil matic bekas, sebaiknya miliki dua anggaran. Yang pertama tentu untuk membeli mobil dan anggaran kedua untuk memperbaiki mobil sesuai keinginan Anda.

Anggaran untuk memperbaiki mobil setidaknya 20 persen dari harga beli mobil. Jika sudah mempersiapkan dua anggaran ini, Anda tidak akan kebingungan lagi jika perbaikan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Cari Tahu Mengenai Kondisi Mobil

Saat seorang teman menawarkan mobilnya pada Anda, kemudian secara fisik Anda tertarik dengan mobil tersebut, cari tahu secara spesifik sebelum membelinya.

Cari tahu di Google mengenai mobil tersebut dan apa kata pengguna mobil sejenis mengenai kondisinya, sampai dengan harga mobil bekas di internet secara umum.

Selain itu, cari tahu apakah mudah menemukan bengkel dan toko yang menjual suku cadang mobil jenis itu. Sebab jika di kota Anda suku cadang mobil tersebut sulit ditemukan, ini bisa menjadi kerugian tersendiri.

Periksa Kendaraan Menyeluruh

Tips beli mobil bekas khususnya matic yang tidak boleh terlewatkan adalah memeriksa kendaraan secara menyeluruh.

Bahkan jika perlu, Anda bisa mengajak seorang teman yang ahli mobil untuk turut memeriksa mobil second yang akan dibeli. Jangan lewatkan mengenai cat di bodi mobil, apakah ada yang bengkok atau tergores, dan lainnya.

Periksa juga mengenai kenyamanan kursi, apakah sabuk pengamannya masih bisa digunakan dengan baik? Apakah bantalan kursinya masih empuk? Dan AC-nya masih dingin atau tidak? Kemudian perhatikan wiper dan washer kaca depan berfungsi atau tidak?

Saat akan beli mobil matic bekas, melakukan test drive juga layak dicoba. Test ini bisa meyakinkan diri Anda sendiri apakah mobil ini nyaman dan cocok untuk Anda atau tidak. Dengan begitu Anda bisa menimbang-nimbang akan membelinya atau tidak. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...