Motor Matic Paling Boros Bensin, Ini Daftarnya!

Motor Matic Paling Boros Bensin

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Motor Matic Paling Boros Bensin, Ini Daftarnya! Sebelum Anda membeli motor bekas, sebaiknya Anda memahami dahulu konsumsi bensinnya.

Meski sudah banyak merk motor matic menggunakan teknologi hemat BBM, namun pada versi sebelumnya banyak yang belum menggunakannya. Sehingga, sebaiknya anda mempertimbangkan kembali apabila hendak membelinya.

Motor Matic Paling Boros Bensin

Yamaha Mio 115

Mio adalah motor matic generasi pertama dari Yamaha. Diperkenalkan sekitar tahun 2005, saat itu sangat booming langsung banyak yang suka.

Namun sayangnya, setelah itu banyak orang menyadari bahwa motor mio 115 ini boros mengkonsumsi BBM. Anda disarankan mempertimbangkan kembali membeli motor jenis ini, meskipun harganya sangat murah.

Honda Beat 110

Kalau di Yamaha ada Mio 115, maka di Honda ada Beat 110. Keduanya memang bersaing pada kelas yang sama. Namun masalah keduanya juga sama, yaitu boros BBM.

Sehingga wajar kiranya Honda Beat 110 termasuk sepeda motor matic paling boros bensin. Tapi kalau dibandingkan antara Mio 115 dan Beat 110, maka Beat masih sedikit lebih irit.

Yamaha Nouvo

Sebenarnya Mio bukan motor Matic pertama Yamaha, justru yang lebih pertama adalah Nouvo. Dengan desain tampilan mirip motor bebek, Nouvo sangat unik.

Namun kelemahan dari Nouvo adalah konsumsi bahan bakarnya yang boros. Wajar saja karena teknologi mesin Nouvo adalah teknologi matic yang lama belum mengaplikasikan teknologi hemat BBM.

Suzuki Spin

Motor matic paling boros bensin selanjutnya adalah Suzuki Spin. Spin mulai muncul sekitar tahun 2008.

Masuk di kelas matic 125 cc, Spin gagal menyaingi Honda dan Yamaha. Diantara kelemahannya yang juga paling dirasakan adalah borosnya penggunaan BBM.

Suzuki Skywave

Suzuki lainnya, Suzuki Skywave, juga masuk daftar motor matic yang boros BBM. Motor ini sebenarnya cukup nyaman dan bertenaga saat dikendarai.

Namun dibandingkan kelasnya, Vario 125 cc milik Honda, maupun Soul Milik Yamaha, kalah jauh. Suzuki tetap menggunakan karburator dimana yang lainnya sudah masuk ke injeksi.

Vespa Sprint 

Motor matic paling boros bensin selanjutnya adalah Vespa Sprint. Piaggio mengeluarkan desain klasiknya Vespa ke kelas matic 150 cc.

Desainnya yang terlihat klasik namun sekaligus kekinian membuat nostalgia dengan kendaraan Vespa masa lalu. Namun masalahnya kendaraan ini dinilai cukup boros dalam konsumsi BBM.

Sebagai perbandingan, Vespa Sprint pemakaiannya 32,5 km per liter bahan bakar RON 92. Sedangkan untuk pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha, kelas 150 cc berkutat pada 40 km per liter.

Memang harga bekasnya jauh lebih murah dari kelasnya. Namun apakah Anda siap menanggung konsumsi BBM yang lebih tinggi saat memakainya.

Itulah daftar motor matic paling boros bensin yang pernah ada. Pertimbangkan kembali apabila ingin membeli jenis-jenis motor matic tersebut itu. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...