Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita TerbaruSuzuki Katana 150, Lahirnya Kembali Motor Legendaris

Suzuki Katana 150, Lahirnya Kembali Motor Legendaris

Desas desus hadirnya Suzuki Katana 150 kini telah beredar luas. Industri motor tengah digemparkan adanya berita kemunculan Suzuki terbaru.

Sontak terdengar ini hanyalah rumor belaka yang tidak ada bukti pastinya. Namun pecinta motor sport menyakini adanya keluaran motor ini.

Meskipun belum terdapat pemberitahuan secara resmi, kapan akan diluncurkan Katana 150, beberapa spesifikasinya sudah dibocorkan. Mengusung kemampuan yang lebih canggih dan modern, benarkah motor ini akan diciptakan?

Spesifikasi Suzuki Katana 150

Sejak kemunculannya, Suzuki telah menyandang status sebagai motor legendaris yang mendunia. Kini, sungguh mengejutkan jika motor legendaris ini akan bersanding dengan pesaingnya.

Dengan membawa nama Katana 150, siap menjajah segmen pasar kelas pemula. Penasaran dengan bekalan spesifikasi yang dibawanya? Berikut kami rangkumkan secara lengkap untuk anda.

Desain

Sebelumnya, Suzuki telah berkiprah dalam pasar otomotif dengan mengeluarkan tiga varian motor andalannya. Seperti yang kita tahu, ada GSX150 Bandit, GSX-S150, dan GSX-R150.

Ketiganya tampil sebagai GSX-Series. Nyatanya, masyarakat belum puas dengan adanya varian motor tersebut.

Sebagai pelepas dahaga para pengguna motor yang menuntut spesifikasi anyaran Suzuki lahir kembali, maka munculah ide untuk menciptakan Suzuki Katana 150.

Baca juga: Suzuki Burgman 150 Terbaru Meluncur Februari 2020, Siap Hadang Nmax dan PCX

Desain Katana 150 yang akan diusung nantinya memiliki kesan yang berbeda dari saudara-saudaranya. Ciri khas yang selalu melekat pada motor Suzuki adalah tampilannya yang sporty.

Katana 150 akan tampil dengan desain yang makin berani, gagah dan modern. Tanpa menghilangkan keistimewaannya sebagai motor tangguh.

Meskipun di Indonesia sendiri, motor skutik lebih banyak digandrungi daripada keberadaan motor balap, tetapi tidak menyurutkan semangat Suzuki untuk berupaya memproduksinya.

Sebelum Suzuki Katana 150, telah beredar lebih dulu Suzuki Katana 1000. Menilik ke belakang, Suzuki Katana 1000 dibekali dengan desain retro yang telah dimodifikasi menjadi lebih modern.

Cukup menguras pikiran untuk melihat lebih jauh lagi desain yang akan disematkan pada Katana 150. Namun, jaminan menariknya, Katana 150 sendiri akan tampil dengan desain yang tak kalah apik dengan Katana 1000.

Dapur Pacu

Kabar gembira kini datang dari pecinta otomotif Tanah Air. Pasalnya, santer beredar Katana 150 akan dibekali basis mesin karya anak bangsa.

Basis mesin ini mengadopsi dari Suzuki GSX-Series. Dilengkapi kubikasi mesin 150 cc, membuat performa Suzuki Katana 150 semakin gesit dan lincah.

Menggunakan mesin asli buatan PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), tidak membuat Katana 150 jauh tertinggal. Perkiraan spesifikasi mesin yang sama dengan Suzuki Bandit 150, Suzuki GSX-R150, dan Suzuki-S150, Katana 150 siap beradu di jalanan.

Tampil dengan mesin yang gahar tanpa menghilangkan konsep dan karakter keluaran motor sebelumnya. Katana 150 memantapkan diri untuk berduel dengan Yamaha MT-15.

Performa mesin yang nantinya akan disematkan pada Katana 150 sebesar 19 Hp dengan torsi tertinggi 14 Nm. Dugaan sementara, Katana 150 akan berada di puncak Suzuki sebagai motor yang lebih unggul.

Baca juga: Suzuki Katana 125cc Sedang Disiapkan, Meluncur Tahun Depan?

Hal ini diperkuat dengan adanya prediksi penyematan perangkat suspensi depan yaitu upside down (USD). Perangkat ini akan menjadi keunggulan bagi Katana 150.

Suspensi depan upside down ini akan menjadi nilai plus bagi Katana 150. Sumber tenaga yang dimiliki akan menghasilkan kemampuan yang lebih mumpuni.

Spesifikasi mesin yang dimiliki, tidak ketinggalan dengan mesin 1-silinder DOHC 150 cc liquid cooled. Berbekal komponen mesin ini, semakin memperlihatkan kehebatan Katana 150 soal kekuatan.

Fitur Keamanan

Masih berbicara mengenai spesifikasi motor legendaris Suzuki Katana 150. Selanjutnya beralih ke fitur keamanannya.

Meskipun dirancang secara khusus dengan bermodalkan kecepatan tinggi, soal keamanan, Katana 150 tidak pernah mengabaikannya. Dilansir dari kabar yang tengah beredar, Katana 150 akan dilengkapi dengan sistem rem yang canggih.

Menggunakan sistem pengereman yang terinspirasi dari teknologi pesawat terbang yang serupa. Katana 150 dibekali dengan sistem rem ABS (anti lock braking system).

Baca juga: Suzuki V Strom 1050 2020 Siap Mengaspal, Sport Adventure Gahar Kaya Fitur

Digunakan saat kecepatan penuh serta dilakukannya pengereman mendadak, maka roda Katana 150 tidak khawatir akan terjadi penguncian. Tentunya menjadi jaminan keamanan yang terpercaya.

Kini kemunculan Katana 150 tengah dinanti-nanti sembari berharap kemunculannya yang dipercepat. Sudah diperkirakan varian motor terbaru ini akan dirilis pada akhir tahun 2020.

Sebagai motor anyaran, Suzuki Katana 150 akan tampil dengan kemampuan sejajar dengan motor sport lainnya dan lebih unggul dengan motor skuter yang kini tengah beredar. Siapkan diri anda untuk beralih ke Katana 150. (R10/HR-Online)

- Advertisment -