Musim Tanam, Petani Harumandala Pangandaran Kompak Benahi Saluran Air Sungai Cimandala

bendung Saluran Air Sungai Cimandala
Tokoh pemuda Harumandala Irfan menunjukkan sayap dari bendung Cipasih yang ambruk sepanjang kira-kira 6 meter. Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Masyarakat Dusun Cibuluh, Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, melakukan kerja bakti membetulkan saluran air Sungai Cimandala terutama di bendung Cipasih, Sabtu (18/1/2020).

Bendung irigasi Cipacih sendiri merupakan bendung yang baru selesai dibangun beberapa bulan lalu. Namun, bendung yang berada di Sungai Cimandala ini diterjang banjir, sehingga air yang mengalir untuk sawah lewat saluran tersebut menjadi tersumbat.

Kepala Dusun Cibuluh, Abdul Majid menuturkan, saluran air ini tidak lancar karena tersumbat batu dan pasir setelah diterjang banjir akhir-akhir ini. Padahal saluran irigasi Cipacih ini diperuntukan untuk mengairi sawah di Blok Gobang dan Blok Bengkok.

“Untuk para petani saat ini sudah memasuki musim tanam, sehingga kami berusaha membereskan saluran irigasi ini secara gotong royong, supaya saluran air irigasi tersebut bisa cepat mengairi sawah,” ujarnya kepada HR Online, Sabtu (18/1/2020).

Abdul menambahkan, pembetulan saluran irigasi dilakukan secara menyeluruh. Pembenahan dan perbaikan tersebut dimulai dari hulu sampai hilir.

“Meski aliran airnya sekarang sudah mengalir lagi, namun belum maksimal dan masih harus dilakukan pembetulan,” ucapnya.

Sementara tokoh pemuda Harumandala Irfan mengaku kaget ketika dirinya sedang melakukan kerja bakti membersihkan saluran irigasi tersebut.

“Saya kaget ketika sampai di bendung, karena sayap dari bendung tersebut ambruk sepanjang kira-kira 6 meter,” katanya.

Irfan menduga ambruknya sayap bendung itu kemungkinan karena hantaman air banjir yang besar, atau karena kontur tanah yang labil, sehingga mengalami ambruk.

“Yang pasti saya berharap pihak rekanan harus secepatnya memperbaiki bendungtersebut, agar ambruknya tidak makin melebar,” harap Irfan. (Cenk/R5/HR-Online)

Loading...