New Toyota GR Yaris 2020 Rilis, Hatchback Buas Bertenaga Turbo 1600cc

New Toyota GR Yaris 2020
New Toyota GR Yaris 2020. Fotro: Istimewa

New Toyota GR Yaris 2020 akhirnya dirilis dalam ajang pameran Tokyo Auto Salon 2020 yang diadakan di Chiba, Jepang pada Kamis 9 Januari lalu.

Dalam debut tersebut, terlihat jelas bahwa Toyota GR Yaris ini membawa konsep desain yang berkelas. Dibalik tampilannya yang mengagumkan tersebut, Toyota GR Yaris juga berbekal spek handal.

Spesifikasi New Toyota GR Yaris 2020

Tak bisa dipungkiri bahwa spesifikasi menjadi pertimbangan pecinta otomotif dalam meminang mobil. Dengan spek yang mumpuni, Toyota GR Yaris tentunya menjadi pilihan terbaik.

Perlu untuk anda ketahui, Toyota GR Yaris didukung dengan platform sports 4WD “GR-FOUR”. Hal ini berdasarkan Toyota New Global Architecture (TNGA).

Berkat sokongan platform tersebut, Toyota GR Yaris bisa tampil gahar dengan kekakuan body yang tinggi, stabil, dan memiliki tingkat kinerja dinamis yang baik.

Berita Terkait: Toyota Innova Crysta 2020 Resmi Meluncur, MPV Berteknologi AdBlue

Lebih dari itu, dukungan platform tersebut juga memungkinkan kinerja geometri suspensi depan dan belakangnya menjadi semakin optimal.

Mengenai tampilan, mobil Toyota GR Yaris terkesan sporty. Kesan ini semakin terlihat berkat tersematnya perangkat body kit, diffuser, dan juga intake besar.

Bukan hanya sporty saja, tampilan New Toyota GR Yaris 2020 juga tampak agresif. Hal ini dikarenakan penggunaan pelek BBS dengan dimensi 18 inci multi-spoke yang dipadukan bersama ban Michelin Pilot Sport 4S.

Masih seputar tampilannya, desain Toyota GR Yaris dipertegas dengan bagian atap berbahan carbon fiber reinforced plastic (CFRP). Dimana material berkualitas ini memungkinkan sektor atapnya menjadi lebih ringan.

Berita Terkait: Aplikasi Terbaru Toyota Bernama mToyota

Tak hanya ringan, ketahanan dan kekuatannya juga begitu tangguh. Hal ini dikarenakan sektor tersebut dibentuk dengan menerapkan metode compound moulding.

Dimana metode ini melakukan akomodasi tingkat kebebasan yang tinggi dalam desain bentuknya. Dengan begitu, mobil akan terasa aman dikendarai.

Selain aman, mobil ini juga nyaman digunakan. Hal ini dikarenakan New Toyota GR Yaris didukung dengan kabin luas yang memiliki tipe tiga pintu yang berkelas.

Performa New Toyota GR Yaris 2020

Sebagaimana review di atas, tampilan New Toyota GR Yaris memang memikat hati. Semakin mencuri perhatian karena desainnya yang berkelas diimbangi dengan performa yang tangguh.

Berita Terkait: Toyota Raize Terbaru Sudah Dirilis, Cek Spesifikasi, Fitur dan Harganya

Mobil Toyota GR Yaris ini dipersenjatai dengan mesin G16-GW. Dimana mesin ini membawa tiga silinder DOHC direct injection turbo yang memiliki kapasitas 1.600 cc.

Dengan jantung pacu tersebut, mobil Toyota GR Yaris mampu mengeluarkan tenaga sebesar 268 tk dengan torsi mencapai 370 Nm.

Performa yang diperlihatkan New Toyota GR Yaris 2020 ini ditransfer lewat sistem transmisi 6 percepatan manual. Selain itu, ada juga dukungan penggerak GR-Four AWD.

Sistem penggerak ini sendiri hadir dalam 3 karakter berkendara, yakni Normal, Sport, dan Track, yang bisa dipilih pengendaranya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Apabila melihat sektor dapur pacunya, tak mengherankan jika Toyota GR Yaris ini digadang-gadang sebagai hatchback buas yang mampu melahap segala kondisi jalan dengan mudah.

Dengan performa yang tak perlu diragukan lagi, Toyota GR Yaris ini dibalut dengan dimensi yang stylish. Mobil ini hadir dengan panjang berukuran 3.995 mm, lebar 1.805 mm, serta tinggi mencapai 1.460 mm.

Sementara untuk kaki-kakinya, mobil Toyota GR Yaris dilengkapi dengan ban 225/40ZR18 yang tersemat di bagian depannya. Kemudian untuk bagian belakangnya menggunakan ban 225/40ZR18.

Berita Terkait: Toyota Prius PHEV Masuk Indonesia Tahun Depan, Harga Tak Sampai Rp. 1 Miliar

Harga New Toyota GR Yaris 2020

Setelah melihat spesifikasi dan betapa tangguhnya performa Toyota GR Yaris, tentu anda akan bertanya-tanya berapa harga yang dibawanya.

Perlu untuk anda ketahui, harganya dipengaruhi oleh varian yang dihadirkan. Adapun varian Toyota GR Yaris meliputi RZ First Edition dan RZ High-Performace First Edition.

Untuk Toyota GR Yaris dengan varian RZ First Edition, harga yang dibawanya sebesar 3,96 juta yen atau setara Rp 499 jutaan per unit.

Sedangkan untuk varian RZ High-Performace First Edition, harganya 4,56 juta yen atau sebanding dengan Rp 578 jutaan per unit. Harga kedua varian tersebut sudah termasuk pajak.

Berita Terkait: Tampil Beda, Ini Penampakan Toyota Calya Terbaru

Dengan banderolan harga tersebut, produksi Toyota GR Yaris akan dilakukan di Motomachi Plant, Jepang. Sebagaimana yang kita tahu, Motomachi Plant selama ini memang menjadi basis utama dalam menghadirkan model-model GR.

Secara keseluruhan, dengan harga yang sesuai, spesifikasi dan performa New Toyota GR Yaris 2020 memungkinkannya bisa digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari maupun kebutuhan di lintasan balap. (R10/HR-Online)

Loading...