Obat Alami Eksim yang Ada di Sekitar Anda

Obat Alami Eksim yang Ada di Sekitar Anda
Penyakit eksim bisa diobati dengan beberapa bahan alami yang ada di sekitar kita. Foto:Net/Istimewa

Obat alami eksim ternyata mudah kita jumpai di sekitar kita. Apabila anda menderita eksim atau mengalami gejala penyakit eksim, sebelum pergi ke dokter, ada baiknya mencoba beberapa bahan alami yang bisa mengobati eksim yang anda derita.

Sebelum kita uraikan beberapa bahan alami untuk mengobati eksim, perlu kita jelaskan dulu apa itu eksim. Eksim adalah kondisi dimana kulit mengalami ruam merah disertai gatal. Kondisi tersebut bisa terjadi hampir di seluruh tubuh. Bisa di kaki, tangan bahkan wajah.

Pada kasus yang sudah parah, eksim bisa menyebabkan kulit retak-retak dan terlihat melepuh. Biasanya eksim menyerang seseorang yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Eksim tak hanya menyerang orang dewasa saja, namun anak-anak juga tak luput dari paparan penyakit kulit tersebut. Biasanya anak-anak menderita eksim di tubuh bagian dagu, pipi, telinga dan sekitar kepala. Sedangkan dewasa, eksim biasanya menyerang bagian pergelangan tangan, leher, dan area punuk leher bagian belakang.

Jika anda pergi ke dokter, biasanya untuk mengobati penyakit eksim, dokter melakukan uji sampel kulit anda yang terkena eksim.

Obat Alami Eksim

Beberapa kasus eksim yang menimpa seseorang, ternyata bisa diobati dengan bahan-bahan alami yang bisa kita temukan di sekitar kita. Berikut kami rangkum beberapa obat alami eksim yang bisa anda gunakan untuk mengobati eksim yang anda derita:

  1. Kunyit

Kunyit dipercaya ampuh menyembuhkan penyakit eksim karena mengandung antioksidan yang baik untuk kulit. Selain itu, kandungan curcumin yang bersifat anti-inflamasi dan bakterisida pada kunyit, juga ampuh menyembuhkan peradangan dan gatal kulit yang disebabkan oleh eksim.

Lalu bagaimana cara membuat ramuan kunyit untuk pengobatan eksim?

Anda cukup mencampurkan satu sendok teh kunyit bersama susu secukupnya, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena eksim. Jadikan ramuan tersebut sebagai krim dan oleskan kegian kulit yang terkena eksim sebanyak dua kali sehari.

Anda juga bisa mencampurkan satu sendok teh kunyit ke dalam air mendidih. Aduk beberapa saat, setelah dingin bisa diminum atau bilaskan ke bagian kulit yang terkena eksim.

2. Minyak kelapa

Obat alami eksim kedua yakni minyak kelapa. Minyak kelapa mudah kita dapatkan di rumah, warung atau pasar. Karena memiliki kandungan anti bakteri, anti jamur, antioksidan dan antimikroba, minyak kelapa dipercaya ampuh sembuhkan eksim.

Minyak kelapa juga mengandung vitamin K dan E serta asam laurat, yang bisa membantu mengobati gatal pada kulit.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk obat eksim sangat muda. Anda tinggal mengoleskan langsung minyak kelapa pada bagian kulit yang terkena eksim. Anda juga bisa meminumnya langsung minyak kelapa murni satu sendok sampai 4 sendok makan sehari. Selain bisa menyembuhkan eksim, konsumsi minyak kelapa juga meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Gel lidah buaya

Obat alami eksim berikutnya adalah lidah buaya. Zat anti inflamasi yang terkandung dalam lidah buaya bisa menenangkan rasa gatal dan juga sensasi terbakar pada kulit yang terkena eksim. Selain itu, sifat anti mikroba pada tanaman lidah buaya bisa mencegah kulit dari infeksi.

Cara menggunakan lidah buaya untuk pengobatan eksim adalah dengan minyak ekstrak vitamin E ke dalam gel lidah buaya. Lalu oleskan gel lidah buaya langsung ke area eksim, biarkan dulu sampai mengering lalu bilas air hangat.

Lakukan pengobatan ini dua kali sehari sampai sakit eksim yang anda derita mereda.

4. Madu

Obat alami eksim keempat yakni madu. Madu mengandung zat anti-inflamasi dan antibakteri yang dipercaya mampu mengobati ruam eksim. Karena sifat anti inflamasi dan antibakteri, madu bisa mengobati dan melawan infeksi, sehingga bisa mempercepat penyembuhan luka.

Ontuk mengobati eksim, anda cukup mengoleskan madu ke bagian tubuh yang terkena eksim. Pastikan madu yang anda pakai adalah madu murni.

5. Cuka apel

Berbagai penelitian menyebutkan, cuka apel dipercaya mampu mengobati penyakit eksim. Cuka apel ampuh melawan berbagai bakteri termasuk bakteri yang ada pada penyakit eksim.

Cuka apel mengandung tingkat asam yang tinggi. Diketahui seseorang yang punya penyakit eksim mengalami kekurangan asam pada kulitnya. Penggunaan cuka apel akan sangat membantu mengobati eksim yang anda derita.

Oleskan cuka apel pada bagian tubuh yang terkena eksim untuk membantu menyeimbangkan tingkat keasaman kulit.

Hanya saja, anda harus berhati-hati jika menggunakan cuka untuk eksim. Cuka mengandung kadar asam yang tinggi sehingga apabila terlalu banyak menggunakan cuka, bisa menyebabkan luka bakar dan memperparah eksim anda. Sebelum menggunakan cuka apel, baiknya campurkan dulu dengan segelas air lalu masukan satu sendok cuka apel, lalu oleskan pada area eksim.

6. Minyak bunga matahari.

Obat alami eksim selanjutnya yakni minyak bunga matahari. Mungkin sebagian orang Indonesia asing dengan minyak bunga matahari. Namun anda tidak perlu khawatir, minyak bunga matahari banyak dijual di supermarket.

Minyak bunga matahari berasal dari ekstrak dari biji bunganya. Minyak bunga matahari ini dipercaya mampu meringankan peradangan dan melindungi kulit dari ancaman berbagai bakteri.

Anda cukup mengoleskan langsung minyak bunga matahari ke area tubuh yang terkena eksim. Lebih baik mengoleskannya sesudah mandi, agar minyak tersebut meresap sempurna ke dalam kulit dan dengan cepat menyembuhkan luka eksim.

Demikianlah rangkuman obat alami eksim yang bisa kami rangkum, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Sebagai catatan, apabila dengan cara tersebut penyakit eksim anda tidak kunjung sembuh, segeralah pergi ke dokter kulit untuk konsultasi lebih jauh. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...