Obat Kudis Alami, Gunakan Saja Bahan Herbal Ini Dijamin Ampuh!

Obat Kudis Alami
Ilustrasi penyakit kudis yang perlu dicoba dengan menggunakan obat Kudis Alami. Foto: Istimewa

Seberapa ampuh sih obat kudis alami untuk mengatasi penyakit kulit yang satu ini? Selain dengan bahan alami, saat ini telah banyak jenis obat kudis yang bisa dipilih dan digunakan untuk mengatasi penyakit yang menjengkelkan tersebut. Namun alangkah baiknya gunakan dulu obat herbal sebelum memilih obat kimia.

Kudis atau yang populer dengan sebutan skabies merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang sangat menjengkelkan. Meskipun terbilang bukan termasuk penyakit berbahaya, namun penyakit ini sangat mengganggu.

Kudis merupakan penyakit yang disebabkan sejenis binatang tungau. Jenis tungau yang umum menyebabkannya adalah tungau sarcoptes scabiei. Hewan mikrokopis ini juga senang hidup di tubuh hewan piaraan, seperti kucing atau anjing.  

Penyakit ini dapat diatasi dengan obat kudis alami ataupun dengan menekan faktor risikonya. Meskipun begitu kudis bisa menyerang semua orang dari segala usia dan ras maupun strata sosial, termasuk orang yang suka kebersihan.

Proses terjadinya penyakit kudis umumnya melalui infeksi pada epidermis atau lapisan tanduk, lapisan terluar kulit. Tungau betina yang menginfeksi membuat terowongan dalam epidermis dan bertelur serta berkembang biak didalamnya.

Gejala penyakit kudis yang khas dan umum terasa ditandai dengan kulit menjadi kemerahan dengan keropeng serta ada rasa gatal namun agak perih. Jika menyerang pada bayi umumnya diikuti dengan timbulnya bisul.

Pilihan Obat Kudis Alami untuk Mengatasinya

Kudis termasuk jenis penyakit yang mudah menular melalui kontak langsung. Jika Anda terserang tungau ini, berikut ini pilihan obat kudis alami yang bisa digunakan untuk mengatasinya.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh diketahui bersifat antioksidan, antimikroba dan anestesi yang cukup ampuh untuk mengatasi dan menyembuhkan penyakit kudis. Herbal ini juga dikenal sebagai insektisida untuk membunuh dan parasit.

Untuk hasil yang optimal campurkan saja minyak cengkeh ini dengan minyak kelapa lalu oleskan pada kulit yang terinfeksi. Lakukan ini tiga kali sehari selama 1 hingga 2 minggu atau hingga penyakitnya hilang.

Kunyit dan Lemon

Herbal untuk obat kudis alami lainnya yang juga cukup efektif adalah kunyit dan lemon. Manfaat kunyit diketahui mempunyai efek anti inflamasi yang efektif untuk menyembuhkan gatal dan radang.

Untuk cara mengobati kudis dengan kunyit Anda perlu haluskan lalu campurkan dengan perasan jeruk lemon hingga rata. Setelah itu oleskan pada kulit yang mengalami kudis, lakukan hingga gatal dan nyeri sembuh.

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung zat antibakteri dan bersifat kuratif yang efektif untuk mengatasi kulit yang gatal atau mengalami radang. Herbal obat kudis alami ini juga baik untuk regenerasi sel-sel kulit yang telah mati.

Terlebih dahulu bersihkan tubuh yang terinfeksi kudis lalu tinggal oleskan gel lidah buayanya. Diamkan sekitar setengah jam sebelum dibilas. Lakukan dua kali sehari sampai penyakit kulit ini sembuh.

Minyak Pohon Teh

Minyak yang diperoleh dari pohon teh ini diketahui bersifat antibakteri, antiseptik dan anti inflamasi yang sangat efektif untuk menyembuhkan dan mengatasi tungau sarcoptes scabiei.

Campurkan sesendok makan minyak pohon dengan sesendok makan minyak zaitun dan aduk sebentar. Setelah itu oleskan obat kudis alami itu pada kulit yang berkudis dengan kapas. Lakukan pada pagi dan malam hingga sembuh.

Cabe Rawit

Cabe rawit yang rasanya pedas ternyata cukup efektif untuk membunuh parasit, termasuk tungau kudis. Kandungan capsaicin dalam cabai, mampu meredakan sakit dan nyeri akibat kudis.

Jika Anda tahan dengan panasnya bisa langsung oleskan cabai pada luka kudis. Cara lain yang lebih umum adalah mencampurkan cabai yang telah dihaluskan dalam air hangat lalu rendam tubuh yang berkudis dalam air ini.

Itulah sejumlah obat kudis alami yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kulit ini. Anda juga bisa berjemur di atas terik matahari pada waktu pagi atau sekitar pukul 09.00 – 11.00 untuk membakar tungau penyebab kudis ini. (R9/HR-Online)

Loading...