Oli Mesin Mobil untuk Motor Matic, Alasan Penggunaan dan Keuntungannya

oli mesin mobil untuk motor matic
Alasan oli mesin mobil untuk motor matic. Foto: Ist/Net

Penggunaan oli mesin mobil untuk motor matic masih menjadi perdebatan. Seperti yang kita ketahui, dari merk oli mobil dan motor hingga kemasan dibuat tidak sama agar mudah membedakannya.

Banyak keraguan untuk menggunakan oli mesin mobil pada motor. Alasan yang mendasari karena memiliki perbedaan pada putaran dan sistem pendingin. Apalagi pabrikan motor sendiri tidak memberikan anjuran oli mesin mobil menjadi pelumas mesin motor.

Namun, sebagian orang mempercayai bahwa menggunakan oli mesin mobil untuk motor sangatlah bagus. Terutama digunakan pada motor matic.

Alasan Penggunaan Oli Mesin Mobil untuk Motor Matic

Secara prinsip, pelumas mesin mobil boleh digunakan pada motor matic. Namun, berbicara secara teori ada yang memberikan larangan.

Aditif yang terkandung dalam oli mesin mobil sangat banyak sehingga bagus untuk mesin. Karakteristik pelumas inilah yang dijadikan alasan untuk menggunakannya pada mesin motor matic. Berikut ini alasan lainnya oli mesin mobil boleh digunakan pada motor matic.

Kerja Mesin

Secara teknis, kerja mesin mobil dengan mesin motor pastilah berbeda. Terutama pada motor bertransmisi manual atau kopling yang memiliki cara kerja mesin lebih berat.

Mesin mobil memiliki rpm harian paling besar 5.000 atau 6.000 rpm. Sedangkan untuk mesin motor matic dapat mencapai 11.000 rpm.

Putaran stasioner mesin motor matic setengah dari putaran stasioner mesin mobil. Maka dari itulah oli mesin mobil untuk motor matic bisa digunakan.

Meskipun demikian, jangka waktu penggantian oli yang digunakan berbeda. Untuk motor, setiap 2.500 atau 3.000 km, sedangkan mobil setiap 5.000 km.

Fungsi Oli

Umumnya fungsi oli digunakan sebagai pelumas mesin. Dengan fungsi oli ini, memperkecil kerusakan mesin yang disebabkan karena efek gesekan antar bagian saat mesin tengah bekerja.

Melihat dari tingkat kekentalan oli mobil dan motor, beberapa ada yang sama. Jika dilihat dari karakteristiknya sudah jelas memiliki perbedaan.

Pada motor manual, oli berfungsi sebagai pelumas transmisi serta ruangan pembakaran yang telah menjadi satu. Maka dari itu, membutuhkan zat aditif sebagai anti gesekan.

Sebenarnya fungsi oli pada motor bertransmisi manual dengan motor matic adalah sama. Perbedaannya terletak pada fungsi dari anti friksinya.

Sedangkan fungsi oli pada mobil lebih difokuskan untuk melumasi ruang pembakaran. Hal ini disebabkan karena oli yang digunakan untuk gearbox atau transmisi berbeda.

Fungsi dari anti friksi oli pada motor manual membuat agar ban tidak selip. Inilah yang membuat oli mobil tidak cocok jika digunakan pada motor bertransmisi manual. Meskipun dipaksakan akan mudah panas dan gigi selip.

Namun oli mesin mobil untuk motor matic masih cocok jika digunakan. Skutik atau skuter pada motor matic tidak dilengkapi dengan gearbox di dalam mesin.

Selain itu juga dilengkapi dengan CVT (Continuously Variable Transmission) sebagai penggerak utama karena komponen tersebut berada terpisah dari mesin utama.

Kondisi Kopling

Mobil memiliki kondisi kopling yang kering. Jika oli mesin mobil ingin digunakan pada motor, maka harus mempunyai kopling yang kering juga.

Karena motor matic dilengkapi dengan transmisi CVT, maka kondisi koplingnya kering. Jadi pelumas mesin mobil untuk motor matic bisa untuk dipakai.

Suhu Mesin

Oli mesin mobil untuk motor matic tidak masalah jika digunakan. Tanpa mengkhawatirkan kondisi mesin yang lebih panas.

Dibandingkan motor, suhu mesin mobil lebih stabil karena adanya dukungan dari radiator. Sedangkan tidak semua motor memiliki radiator, tetapi hanya jenis tertentu saja.

Meskipun begitu, mesin mobil dan motor memiliki suhu optimal pembakaran yang sama. Keduanya sudah dirancang dengan suhu optimal sebesar 90 derajat.

Keuntungan Oli Mesin Mobil untuk Motor Matic

Jika ingin dicoba, oli mobil saat digunakan pada motor matic banyak sekali keuntungannya. Walaupun harga oli mesin mobil lebih mahal dibandingkan harga oli motor.

Efek dari penggunaannya sangat terasa begitu signifikan. Terutama pada perubahan performa mesinnya.

Pelumas mobil digunakan pada motor matic menghasilkan tarikan terasa lebih enteng. Selain itu, getaran mulai berkurang dan suara mesin menjadi lebih halus.

Saat pertama kali penggunaan, sudah dapat dirasakan dampak pada mesinnya. Terbukti oli mesin mobil untuk motor matic cocok untuk digunakan. (R10/HR-Online)

Loading...