Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita CiamisPanitia Pilkades Dewasari Ciamis Resmi Dilantik

Panitia Pilkades Dewasari Ciamis Resmi Dilantik

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Panitia Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) Dewasari Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilantik Kamis (2/12/2020).

Pelantikan panitia Pilkades tersebut, merupakan salah satu tahapan menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Ciamis, yang akan dilaksanakan April 2020 mendatang.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dewasari Edi Husen mengatakan, panitia Pilkades yang dilantik tersebut tugasnya yaitu mensosialiasasi Pilkades kepada masyarakat. Selain itu, melakukan penjaringan calon Kepala Desa hingga pelaksanaan pemilihan.

“Saya mengajak kepada semua yang dilantik agar bisa segera bekerja, utamanya sosialisasi kepada masyarakat, bahwa Desa Dewasari akan melaksanakan Pilkades April 2020,” ujar Edi.

Pihaknya berharap, panitia yang dilantik bisa menjaga netralitas dalam Pilkades nantinya. Sehingga pelaksanaan Pilkades di desa Dewasari akan berjalan dengan lancar dan kondusif.

“Mudah-mudahan semua tahapan Pilkades serentak ini bisa berjalan dengan aman dan lancar, sampai hari pemilihan nanti,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis, Lily Romli mengatakan, tahun 2020, sebanyak 143 Desa di Kabupaten Ciamis bakal melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.

Kata dia, tahun 2019 ini sebanyak 102 Kepala Desa di Kabupaten Ciamis berhenti, lantaran masa jabatanya sudah habis.

“Dari mulai bulan Mei hingga Desember 2019, sebanyak 102 Kades habis masa jabatanya dan diisi oleh Penjabat Sementara (PJs) Kades, sampai Kades definitif hasil pemilihan nanti dilantik, sementara tahun 2020, ada 42 Kepala Desa yang bakal berhenti sampai bulan Mei,” ujar Lily Romli.

Menurut Lily, pilkades serentak tahun 2020 merupakan pilkades serentak ketiga di Kabupaten Ciamis. Pada tahun 2016 dilaksakan Pilkades serentak diikuti 76 Desa. Dua tahun kemudian yakni tahun 2018, dilaksanakan kembali Pilkades serentak diikuti 40 desa.

“Tahun 2020 ini merupakan Pilkades serentak terbesar, karena diikuti 143 Desa. Mudah-mudahan pada pelaksaan nanti berjalan lancar,” pungkasnya.(Jujang/R8/HR Online)