Pemkab Ciamis Bersama TNI-Polri Laksanakan Penghijauan di Kaki Gunung Sawal

Pemkab Ciamis Bersama TNI-Polri Laksanakan Penghijauan di Kaki Gunung Sawal
Pemkab Ciamis bersama TNI-Polri bersinergis melaksanakan penanaman pohon di kaki Gunung Sawal, Blok Ranca Batok, Dusun Sukamanah, Desa Sukakerta, Kecamatan Panumbangan, kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Foto:Istimewa

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Pemerintah Kabupaten Ciamis, bersama Polres dan Kodim 0613 Ciamis, melaksanakan kegiatan penghijauan di kaki Gunung Sawal, Blok Ranca Batok, Dusun Sukamanah, Desa Sukakerta, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (13/1/2020).

Kegiatan tersebut dilakukan, sebagai upaya mencegah bencana banjir dan longsor, yang kerap terjadi di Kabupaten Ciamis awal tahun 2020 ini.

“Kegiatan penghijauan ini merupakan sinergitas Polres Ciamis, Pemkab, dan Kodim 0613 Ciamis, dalam upaya mencegah bencana alam yang sering terjadi akibat kerusakan hutan,” terang Kapolsek Panumbangan AKP T Ruhiadi Widodo, S.H.

Kata dia, penanaman pohon di kaki Gunung Sawal ini dilakukan dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia.  

“Penghijauan ini juga selaras dengan program “Polri Peduli Penghijauan”, yang sebelumnya dilaksanakan di Kawali Jumat (10/1/2020),” katanya.

Kegiatan penanaman pohon ini diikuti oleh 400 orang, terdiri dari unsur TNI-Polri, pemerintah Kabupaten, Kecamatan, Desa, masyarakat dan komunitas pecinta alam.

Pihaknya berharap, dengan kegiatan penghijauan kaki Gunung Sawal ini, dapat mencegah terjadinya bencana banjir, tanah longsor dan juga menjaga alam dari kerusakan, sehingga bisa menyelamatkan generasi kita dari bencana alam di masa mendatang.

“Penanaman pohon ini dilakukan di kaki Gunung Sawal dan lahan kosong milik masyarakat, dengan adanya program penghijauan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi lingkungan hidup di masa mendatang,” pungkasnya. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...