Penampakan Dua Matahari di Makassar, Benarkan Matahari Ada Dua?

penampakan dua matahari di makassar
Penampakan dua matahari di makassar. Foto: Ist/Net

Penampakan dua matahari kini terjadi lagi dan membuat heboh masyarakat. Penampakan ini terjadi di wilayah Indonesia. Lebih tepatnya di daerah Makassar dan sekitarnya pada Minggu (19/01/2020) sore lalu.

Penampakan ini memang peristiwa yang pertama kali terjadi. Sebelumnya belum pernah terjadi peristiwa seperti ini.

Khususnya di Indonesia, namun entah di negara lain. Karena baru pertama kali, tentunya penampakan ini sangat menghebohkan.

Penampakan Dua Matahari di Makassar Sangat Menghebohkan

Matahari terkadang menimbulkan fenomena lain selain gerhana. Seperti yang saat ini terjadi di wilayah Daya Makassar.

Masyarakat dihebohkan dengan penampakan yang sangat mengesankan. Terlihat langit senja yang dihiasi dengan dua sinar matahari.

Tidak perlu menunggu lama agar berita ini cepat beredar. Pasalnya, dalam waktu beberapa menit saja, penampakan ini langsung viral.

Penampakan dua matahari ini juga dikonfirmasi oleh pihak BMKG. Sebab banyak orang yang berspekulasi tidak benar mengenai peristiwa ini.

Hal ini tentunya membuat banyak orang bertanya-tanya apakah yang terjadi. Lalu mengapa peristiwa ini hanya bisa dilihat di daerah tertentu saja.

Penampakan ini cepat viral karena banyak orang yang mengabadikannya. Kemudian menyebarluaskan melalui media sosial.

Dari beberapa unggahan video penampakan tersebut dapat dilihat bahwa kejadiannya saat petang. Sehingga cahaya matahari terlihat jelas.

Penampakan dua matahari memang baru pertama kali terjadi. Namun hal ini pernah terjadi di negara lain. Lalu apa penyebab dari munculnya penampakan ini? Apakah matahari terbelah menjadi dua?

Semua pertanyaan tersebut menjadi pertanyaan utama dari masyarakat. Oleh karena itu, BMKG wilayah Makassar mulai meneliti dan menganalisa penampakan ini.

Analisa Dua Matahari di Makassar

Fenomena ini tergolong cukup unik. Karena terdapat dua sinar matahari yang memiliki cahaya terang. Sebagian masyarakat takut akan fenomena ini. Karena penampakan ini belum diketahui kejelasannya.

BMKG mengungkapkan bahwa fenomena ini dikenal dengan Sun Dog. Pihak BMKG juga mengkonfirmasi bahwa fenomena ini bukan karena matahari terbelah.

Banyak orang yang berspekulasi dan memberikan analisa tersendiri. Kebanyakan orang menganggap bahwa fenomena ini terjadi karena matahari terbagi menjadi dua.

BMKG wilayah Makassar juga menyebutkan bahwa penampakan ini terjadi akibat bias. Sehingga akan ada cahaya yang sama terangnya di sekitar matahari.

Cahaya tersebut yang terlihat oleh masyarakat di Daya Makassar. Jika dilihat dengan mata telanjang, maka tampak seperti matahari.

Lebih tepatnya tampak seperti dua matahari yang bersinar secara bersamaan. Namun hal tersebut memang bukan matahari yang terbelah, melainkan pembiasan cahaya matahari saja.

Fenomena Optik

Pembiasan cahaya ini lebih dikenal dengan fenomena optik. Banyak orang yang belum mengetahui arti dari fenomena optik ini. Hasil dari fenomena ini biasanya adalah titik terang di langit yang ada di sekitar matahari.

Pancaran terang ini biasanya terlihat di kanan atau kiri matahari. Terkadang juga terlihat di atas cakrawala.

Bisa dikatakan bahwa penampakan dua matahari ini memang diakibatkan oleh pembiasan atau optik. Karena fenomena ini memang tidak berkaitan dengan hal lain.

Lalu apa penyebab optik tersebut? Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya pembiasan atau optik.

Salah satunya adalah terdapat kristal es di awan sirus. Kemudian awan tersebut berada di samping matahari. Bahkan berdekatan dengan matahari. Sehingga muncul titik terang akibat bias.

Kristal es tersebut memiliki dua bentuk yang bisa berubah kapan saja. Bentuk yang pertama adalah vertikal dan yang kedua adalah prisma. Keduanya memiliki dampak yang berbeda-beda.

Apabila kristal es berbentuk prisma, maka akan terjadi matahari cincin. Begitupun dengan kristal es yang berbentuk vertikal. Kristal es tersebut berdampak pada penampakan matahari yang seolah menjadi dua.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa matahari terlihat ada dua. Apalagi jika dilihat secara langsung menggunakan mata telanjang. Prosesnya adalah karena ada pembiasan atau fenomena optik di sekitar matahari.

Kemudian fenomena ini disebabkan oleh kristal es di awan sirus. Sehingga penampakan matahari tersebut tidak berkaitan dengan ketakutan.

Proses tersebut membuktikan bahwa penampakan dua matahari ini disebabkan oleh faktor alam. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu merasa takut atau khawatir. (R10/HR-Online)

Loading...