Pengguna Windows 7 Diingatkan Segera Beralih ke Versi Terbaru atau Terancam Virus

Ancaman Pengguna Windows 7
Tampilan Windows 7. Foto: Muhafidz/HR

Pengguna Windows 7 diimbau segera melakukan upgrade ke versi terbaru lantaran sehari lagi bakal dicabut oleh Microsoft. Pengguna bisa menggunakan versi Windows 8 atau 10.

Imbauan untuk segera beralih ke sistem terbaru tersebut, karena Microsoft tidak lagi menambal celah keamanan pada sistem operasi yang diluncurkan 2009 silam ini.

Sehingga, jika pengguna tidak memperbaharui perangkat komputer atau pun laptopnya, dikhawatirkan akan mendapatkan serangan virus yang membahayakan.

Berdasarkan berbagai informasi yang dihimpun, Microsoft menegaskan jika pengguna Windows 7 setelah tanggal 14 masih menggunakannya, sistem operasinya masih tetap berjalan.

Akan tetapi dalam masalah keamanan, perusahaan milik Bill Gates ini sudah tidak lagi memberikan dukungan keamanan alias angkat tangan, terutama dalam masalah pembaharuan perangkat lunak.

Baca juga: Bahaya Windows 7 Mengintai, Segera Beralih ke Versi Terbaru!

Pengguna Windows 7 Terancam

Sistem operasi para perangkat komputer yang sudah tidak lagi mendapatkan dukungan dari perusahaan Microsoft ini terancam disusupi berbagai virus maupun malware.

Pengguna bisa saja membeli dukungan kepada perusahaan ini, namun hanya dikhususkan pengguna bisnis serta perusahaan besar dengan biaya yang cukup besar pula.

Pengguna Windows 7 dari kalangan bisnis serta perusahaan besar akan dikenakan biaya sebesar Rp 350 ribu atau 24 Dollar AS selama satu tahun, Januari 2020 hingga Januari 2021.

Tak hanya itu, pengguna juga akan membayar semakin besar tiap tahunnya dengan tujuan agar mereka beralih ke versi terbaru.

Peringatan untuk beralih ke Windows terbaru ini sebenarnya sudah berlangsung cukup lama, bahkan dukungannya dari waktu ke waktu terus dikurangi yang dimulai 13 Januari 2015.

Sebelumnya, sebuah kelompok peretas berhasil menyebarkan virus terhadap lebih 230.000 perangkat komputer yang masih menggunakan Sistem Operasi Windows XP dan Windows Server 2003.

Dua sistem operasi ini, sudah dicabut dukungannya oleh Microsoft, sehingga peretas dengan mudah menginfeksi virus terhadap pengguna dengan memanfaatkan celah yang bernama EternalBlue.

Solusi Agar Tetap Aman

Bagi pengguna Windows 7, baik perusahaan atau pun perseorangan dianjurkan tidak lagi menggunakan sistem operasi ini, dan sebaiknya segera menggunakan versi terbaru, baik versi 8 ataupun 10.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sistem operasi terbuka atau open source seperti Linux dan kawan-kawannya. Sistem operasi ini dikenal paling aman dari serangan virus.

Demi keamanan data yang Anda miliki, maka sudah seharusnya para pengguna Windows 7 mengikuti anjuran yang disampaikan Microsoft itu. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...