Pengurus DKM Didominasi Lansia, Pemuda Ciamis Diajak Urus Masjid

Pengurus DKM Didominasi Lansia, Pemuda Ciamis Diajak Urus Masjid
Kegiatan pelatihan manajemen masjid kepada puluhan pemuda, di ruang bawah tanah (Basemen) Masjid Agung Ciamis, Minggu (12/1/2020). Foto:Jujang/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Ciamis, mengajak para pemuda untuk ikut terjun mengurus masjid. Upaya ajakan tersebut, dilaksanakan dalam bentuk pelatihan manajemen masjid kepada puluhan pemuda, di ruang bawah tanah (Basemen) Masjid Agung Ciamis, Minggu (12/1/2020).

Mereka yang hadir berasal dari kalangan pelajar. Dalam kegiatan pelatihan, para peserta mendapat arahan dan berbagai materi dari narasumber, seperti mengenai remaja masjid dan pengembangannya, fungsi masjid dan keutamaan memakmurkan masjid.

“Pemuda diajak memakmurkan masjid, ini salah satu upaya untuk mensejahterakan masyarakat lingkungan masjid,” ujar panita pelaksana Tatang Tahyan.

Tatang mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan dalam upaya memberikan kemampuan kepada generasi penerus dalam hal pengelolaan masjid. Sebagaimana diketahui, saat ini para pengurus DKM banyak diisi oleh masyarakat lanjut usia.

Tak ada salahnya, para pemuda ikut terjun dalam pengelolaan masjid. Fungsi masjid bukan hanya sebagai tempat beribadah, namun juga bisa memberi manfaat dan berbagai pusat kegiatan bagi masyarakat disekitar.

“Mereka para pemuda, pelajar diberikan wawasan agar paham dalam pengelolaan masjid yang seharusnya,” katanya.

Tatang berharap, ilmu yang diperoleh kali ini mampu diterapkan di lingkungan masjid, baik di daerah tempat tinggal dan di sekolahnya masing-masing.

Sementara itu, Ketua DMI Kabupaten Ciamis DR H Wawan Arifien MM, menyebut, pada kegiatan ini, para peserta diberi motivasi supaya ikut aktif dalam pengelolaan masjid bersama masyarakat.

Para pemuda harus merasa bangga menjadi pelayanan dalam hal kebaikan.  “DMI Ciamis beri warna kepada generasi muda supaya bangga jadi pengurus masjid,” Kata Wawan.

H Wawan pun meminta, kepada para pemuda untuk mengajak teman-temannya di sekolah ikut meramaikan masjid. Seperti dengan mengajak salat berjamaah.

“Walau hal itu tidaklah mudah. Tapi itulah tantangan bagi para pejuang masjid. Mari bersama-sama memakmurkan masjid,” pungkasnya. (Jujang1/R8/HR Online)

Loading...