Waspada! Ini 6 Penyakit Berbahaya Karena Perut Kembung

penyakit berbahaya karena perut kembung
Perut kembung. Foto: Ist/Net

Setidaknya ada 6 penyakit berbahaya karena perut kembung. Saat perut Anda terasa penuh dengan gas ditambah sakit pada bagian perut, itu tandanya Anda sedang mengalami perut kembung.

Biasanya, mereka yang mengalami perut kembung akibat adanya gangguan pada system pencernaan, sedang menstruasi, sembelit atau bahkan alergi makanan yang sifatnya sementara.

Namun, ada juga penyakit berbahaya yang diawali dengan tanda-tanda seperti perut kembung. Ini bisa jadi sesuatu yang jahat tengah terjadi di tubuh Anda.Karena itu jika perut terus-terusan kembung, Anda perlu segera ke dokter.

Penyakit Berbahaya Karena Perut Kembung

Lalu apa saja penyakit berbahaya karena perut kembung? Dilansir HR Online dari laman Brigt Side, Selasa (31/12/2019) berikut adalah penyakit yang diawali dengan tanda perut kembung:

Kanker

Salah satu penyakit mematikan ini bisa diawali dengan gejala perut kembung. Organ seperti rahim, ovarium, lambung, pankreas, dan usus besar, berada di sekitar perut. Jika sel kanker berkembang di sana, salah satu gejalanya adalah kembung yang tak bisa dijelaskan.

Jika Anda tiba-tiba mengalami perut kembung terus menerus diikuti ukuran perut yang membesar tiba-tiba, Anda perlu waspada. Segeralah pergi ke dokter untuk memastikan.

Kesehatan Mental

Penyakit berbahaya karena perut kembung berkaitan juga dengan kesehatan mental. Isu kesehatan mental memang kurang populer di Indonesia. Namun, penyakit mental ini sama berbahayanya seperti halnya penyakit fisik.

Biasanya ketika seseorang ada dalam tekanan kronis yang menyebabkan hormone seperti kortisol meningkat, maka hormon pencernaan pun tidak diproduksi secara maksimal.

Akibatnya, orang itu bisa terkena gangguan pencernaan dan bisa merasa kembung setiap saat pada bagian perutnya.

Divertikulitis

Apa itu diverticulitis? Nama penyakit ini terdengar asing. Nemun penyakit ini juga adalah penyakit berbahaya karena perut kembung.

Divertikulitis merupakan peradangan yang terjadi pada kantong kecil diverticula. Radang ini bisa berkembang sampai dinding usus. Gejalanya salah satunya ada;ah nyeri pada bagian perut bawah. Rasa nyeri ini datang tiba-tiba.

Penelitian menunjukkan, di Asia, seseorang dengan penyakit diverticulitis merasakan sakit pada perut kanan. Berbeda dengan orang di Amerika Utara dan Eropa, penderita diverticulitis mengaku merasakan sakit pada perut bagian bawah sebelah kiri.

Gejala lain dari penyakit ini adalah sembelit, diarer, mual, dan tentu saja perut kembung.Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda perlu waspada dan segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Radang Usus

Penyakit berbahaya yang diawali perut kembung lainnya adalah radang pada usus besar dan usus kecil, atau biasa disebut Inflammatory Bowel Disease (IBD). Peradangan ini bisa menimbulkan diare, sakit perut, hingga perut kembung.

Radang usus yang dialami seseorang pada suatu penelitian menunjukkan penderitanya tidak toleran terhadap laktosa. Akibatnya sangat mudah gas dibentuk dalam perut. Inilah yang jadi penyebab perut kembung.

Penyakit Hati

Penyakit pada organ hati seperti Hepatitis C atau kanker hati disebabkan oleh alkohol. Penumpukan cairan inilah kemudian yang menyebabkan perut kembung.

Jika perut kembung disertai dengan rasa lelah dan sangat mudah memar tanpa sebab, bisa jadi ada masalah pada organ hati,

Infeksi Saluran Kemih

Jika Anda terkena penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK), salah satu gejalanya adalah Anda sering keluar masuk kamar mandi untuk buang air kecil.

Terkadang seperti anyang-anyangan, disertai tekanan pada perut. Kondisi perut juga kembung dan akan terasa sakit saat ditekan.

Gejala lainnya, Anda bisa juga merasa demam, mual, kedinginan dan muntah-muntah. Pada taraf tertentu perut kembung yang Anda rasakan bisa jadi karena infeksi pada ginjal yang sudah sangat parah.

Itulah penyakit berbahaya karena perut kembung yang harus diwaspadai. Perbanyak minum air putih dan hindari minum minuman keras maupun minuman bersoda. Jaga selalu kesehatan Anda ya. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...