Penyakit Kolera, Begini Cara Mengobati dan Mencegahnya!

Penyakit Kolera, Begini Cara Mengobati dan Mencegahnya!

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Penyakit Kolera, Begini Cara Mengobati dan Mencegahnya! Kolera adalah salah satu penyakit menular yang menyebabkan penderitanya terkena diare parah sehingga menyebabkan dehidrasi hingga kematian.

Kolera bisa menghinggapi siapa saja dan menyebarkan bakteri yang disebut vibrio cholerae. Penyakit satu ini memang tidak bisa dianggap remeh, karenanya berikut ini cara mengobati dan mencegah penyakit kolera;

Cara Mengobati Penyakit Kolera

Saat Anda mengalami sakit kolera atau salah satu keluarga yang terjangkit penyakit tersebut, sebaiknya segera lakukan rehidrasi. Rehidrasi adalah mengganti cairan dan elektrolit yang keluar dari tubuh saat mengalami diare hebat.

Rehidrasi bisa menggunakan minuman yang sederhana seperti oralit, pemberian obat zinc, hingga minum minuman yang mengandung ion. Melakukan rehidrasi sebagai pertolongan pertama sangat penting karena kekurangan cairan benar-benar membahayakan untuk tubuh.

Anda juga bisa memberikan obat antibiotik kepada penderita kolera. Memang tidak berpengaruh pada dehidrasi, tapi pemberian antibiotic bisa mengurangi jumlah dan durasi diare.

Selain itu dengan langsung membawa penderita kolera ke rumah sakit untuk mendapatkan cairan infus adalah salah satu upaya yang patut dicoba.

Namun, untuk mengobati penyakit kolera pada anak, Anda bisa tambahkan zinc suplemen untuk mempercepat penyembuhannya. Selain berupa suplemen, Anda bisa mendapatkan kandungan zinc dari makanan seperti daging ayam, daging sapi, dan kacang-kacangan.

Cara Mencegah Penyakit Kolera

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa penyakit kolera muncul karena bakteri Vibrio Cholerae. Nah, bakteri ini bisa muncul pada tempat-tempat yang tidak bersih dan jadi sarang penyakit.

Selain itu, bakteri kolera ini juga bebas hidup pada lingkungan yang berair layaknya sungai, sumur, dan danau yang sekitarnya tercemar.

Bakteri tersebut memungkinkan untuk masuk ke dalam ikan yang kemudian dikonsumsi oleh manusia.

Untuk itu, sangat penting mengetahui bagaimana cara mengolah dan membersihkan makanan yang berasal dari sungai dan laut tersebut.

Memang tidak langsung begitu saja mengonsumsi makanan dan terkena penyakit kolera. Biasanya jika sudah didiagnosis penyakit ini, maka jumlah bakterinya sudah banyak sekali di dalam tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk mencegahnya masuk ke badan.

Dimulai dengan cara sesederhana mencuci tangan di air mengalir dan dengan sabun sebelum makan dan setelah dari toilet.

Menjaga kebersihanan makanan juga wajib dilakukan seperti tidak sebarang jajan. Tidak makan makanan setengah matang atau mentah.

Hindari minum susu yang belum diolah. Menggunakan botol minum yang benar-benar bersih. Dan mencuci sayur sebelum diolah.

Anda juga bisa mencegah kolera dengan rajin melakukan vaksin kolera minimal 2 tahun sekali. Caranya, vaksin diminum 2 kali dalam seminggu dalam rentan waktu 6 sampai 7 hari.

Terakhir, asalkan mau menjaga kebersihan setiap hari, dan makan makanan bergizi, Anda pasti tidak akan terkena kolera. Dengan begitu, anda tidak lagi memerlukan bagaimana cara mengobati dan mencegah penyakit kolera. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...