Penyebab Gangguan Fungsi Hati dan Langkah Mengatasinya

gangguan fungsi hati
Ilustrasi gangguan fungsi hati. Foto: Istimewa

Ada banyak faktor penyebab gangguan fungsi hati dan memicu timbulnya sejumlah penyakit berbahaya. Apalagi fungsi hati yang utama adalah untuk menyaring darah yang mengalir ke seluruh bagian tubuh manusia.

Organ tubuh yang bernama hati ini terletak di bawah diagfragma yang terdapat di dalam rongga perut bagian kanan. Hati merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran yang vital, khususnya terhadap asupan yang masuk.

Seperti kita maklum, untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya manusia butuh makan dan minum. Nah, asupan yang masuk ke dalam tubuh ini, baik makanan, minuman ataupun nafas akan melibatkan kerja hati.

Organ hati inilah yang akan menyaring, mengolah dan membersihkan berbagai jenis asupan yang masuk tersebut. Namun kerja hati ini akan bertambah berat jika segala rupa yang masuk ke dalam tubuh adalah zat yang susah difilter.

Yang lebih parah jika muncul gangguan fungsi hati yang bisa memicu berbagai serangan penyakit. Terganggunya organ ini akan membuatnya tidak mampu menyaring darah yang diedarkan ke seluruh tubuh. Akibatnya terhadap kesehatan tubuh bisa dibayangkan.

Lantas apa yang membuat fungsi hati menjadi lemah sehingga tidak mampu menjalankan fungsinya? Apa saja faktor yang menyebabkan kerja fungsi hati tidak optimal dan bagaimana pula cara mengatasi dan meningkatkan fungsi hati?

Penyebab Gangguan Fungsi Hati

Banyak sekali faktor yang menyebabkan melemahnya fungsi hati yang sebenarnya dapat dicegah. Namun sayangnya banyak orang yang abai dengan hal tersebut. Berikut beberapa faktor penyebab gangguan fungsi hati.

Konsumsi Obat-obatan

Walaupun yang dikonsumsi adalah obat yang legal, dalam arti bukan obat-obat terlarang (narkoba), namun zat dalam obat yang membuat kerja hati menjadi berat. Minumlah obat jika anda memang benar-benar membutuhkannya.

Banyak Minuman Beralkohol

Alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan kerja hati menjadi berat. Bahkan tidak hanya hati, kerja organ tubuh yang lain juga ikut berat. Jika ini berlangsung lama akan bisa memicu gangguan fungsi hati.

Pencernaan Tidak Lancar

Secara ideal setiap hari manusia melakukan BAB minimal sekali. Namun jika BAB tidak lancar dapat membuat kerja hati makin berat karena akan menggantikan sistem pencernaan untuk memerasnya.

Penumpukan Lemak Jenuh

Konsumsi makanan berminyak atau yang dibuat dengan minyak goreng yang berulang akan menyebabkan menumpuknya lemak jenuh. Kondisi ini bukan saja akan membuat kerja hati menjadi berat, namun juga bisa menyulitkan untuk dibersihkannya.

Cara Mencegah dan Mengatasi Gangguan Fungsi Hati

Bila kondisi hati sudah semakin lemah, maka sudah semestinya Anda meninggalkan gaya hidup dan pola makan tidak sehat. Berikut ini beberapa cara mencegah dan mengatasi gangguan fungsi hati.

Hindari Bahan Pengawet

Ganti penyedap rasa dari daftar masakan anda dengan menggunakan bawang putih. Rempah ini selain kaya antioksidan juga akan membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat.

Minum Air Putih yang Banyak

Minumlah selalu air putih minimal 8 liter dalam sehari untuk mencegah gangguan fungsi hati. Bawalah selalu air putih setiap kali anda berpergian yang bisa menghindarkan anda untuk membeli air soda dan minuman berwarna lainnya.

Atur Waktu Tidur

Istirahat yang cukup dan teratur juga membuat hati beristirahat. Idealnya memang istirahat malam sekitar 8 jam akan membuat kerja hati juga terhenti dan ikut beristirahat sementara.

Hentikan Alkohol dan Minuman Bersoda

Anda sebaiknya tidak hanya menghindari, namun menghentikan minuman alkohol, bersoda maupun minuman manis. Jika Anda tidak mengkonsumsinya sama sekali akan bisa mengembalikan fungsi hati.

Itulah berbagai penyebab gangguan fungsi hati yang sebaiknya dikenali. Anda tak perlu menunggu lama untuk mengubah gaya hidup tidak sehat hingga sakit dan fungsi hati sudah parah. Mulai dari sekarang sebelum terlambat. (R9/HR-Online)