Penyebab Kerusakan Power Window, Cek Beberapa Komponen Ini

penyebab kerusakan power window
Power window pada mobil. Foto: Ist/Net

Penyebab kerusakan power window masih jarang diketahui oleh setiap pemilik mobil. Padahal jika penyebabnya tak segera diketahui, maka akan menghambat perbaikannya.

Power window itu sendiri adalah komponen yang berperan penting dalam menaik turunkan kaca mobil secara otomatis. Power window ini sudah banyak ditemukan pada mobil keluaran terbaru.

Penyebab Kerusakan Power Window

Power window tak akan berfungsi dengan baik apabila terjadi kerusakan atau bermasalah. Maka dari itu, ketahui apa saja penyebab kerusakan tersebut agar lebih mudah dalam mengatasinya.

Grease Mengeras

Grease yang mengeras adalah salah satu hal yang mengakibatkan kerusakan pada power window. Hal ini dikarenakan grease yang berfungsi sebagai pelumas tak akan bekerja dengan baik apabila mengeras.

Kondisinya yang mengeras seperti tanah liat akan menghambat kinerja power window. Oleh karenanya, pastikan anda hindari hal apa saja yang menyebabkan mengerasnya grease.

Adapun beberapa hal tersebut yaitu sering memarkirkan mobil di bawah terik matahari langsung dan jarang melakukan maintenance. Dengan memperhatikannya, tentunya anda bisa terhindar dari penyebab kerusakan power window yang satu ini.

Korsleting pada Sistem Kelistrikan

Selain grease yang mengeras, power window juga bisa mengalami kerusakan apabila terjadi korsleting. Korsleting ini akan membuat power window mati total.

Jika sudah begini, maka anda harus membawanya ke bengkel terpercaya. Pastinya anda juga harus keluar banyak biaya.

Namun jika anda sudah familiar dengan sistem kelistrikan, maka anda bisa memperbaikinya sendiri dengan mengecek tegangan saklar. Selain itu, periksa juga tegangan yang ada di kunci kontak dan drop voltage di bagian sekring power window.

Dinamo Mulai Lemah

Penyebab kerusakan power window yang perlu anda perhatikan lainnya yaitu kondisi dinamo yang mulai melemah. Lemahnya dinamo sendiri disebabkan karena faktor usia pemakaian.

Maka dari itu, segera cek bagian dinamo apabila pergerakan kaca sulit naik turun. Apabila kondisinya tak memungkinkan untuk diperbaiki, maka anda disarankan untuk menggantinya dengan dinamo yang baru.

Anda jangan memaksakan untuk tetap menggunakan dinamo yang mulai aus. Hal ini akan membuat permasalahan pada power window semakin parah.

Saklar Rusak

Bagian saklar juga berpengaruh terhadap kinerja power window. Power window tak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya apabila saklarnya rusak.

Kerusakan pada saklar ini sendiri disebabkan karena korsleting listrik. Selain itu, penyebabnya juga bisa karena plastik saklar yang aus. Agar power window bisa kembali berfungsi, maka anda harus mengganti saklar yang rusak dengan saklar baru.

List Karet Power Window Kotor

Penyebab kerusakan power window lainnya yaitu kondisi list karet yang kotor. Seperti yang kita tahu, rel untuk menaik turunkan kaca di pintu dilengkapi dengan karet.

Maka dari itu, tak heran jika list karet yang tersumbat kotoran bisa menghambat pergerakan kacanya. Untuk menanganinya, pastikan anda segera membersihkan list karet kaca mobil secara tepat.

Dalam membersihkan list karet, anda bisa memanfaatkan cairan silicone grease. Dimana cairan pembersih ini sudah banyak tersedia di pasaran.

Mengenai bagaimana caranya, anda hanya perlu menyemprot semua bagian list karet kaca yang letaknya menempel dengan pintu mobil.

Setelah disemprot secara merata dan menyeluruh, anda bisa mendiamkannya sebentar. Baru setelah itu, ikuti dengan kain untuk membersihkannya.

Agar hasilnya maksimal dan sesuai dengan harapan, akan lebih baik jika anda mengulangi cara yang satu ini setidaknya 2 sampai 3 kali.

Sekring Rusak

Sekring yang bermasalah juga menjadi penyebab kerusakan power window. Perlu diketahui, power window memang memiliki sekring karena termasuk komponen elektronik.

Fungsi sekring ini sendiri untuk meminimalisir resiko korsleting listrik. Apabila sekring mengalami kerusakan, maka semua kaca mobil tak akan bisa dibuka.

Oleh karena itu, kerusakan sekring harus diatasi sesegera mungkin. Jika tetap dibiarkan, maka akan menyebabkan korsleting. Lebih parahnya lagi, mobil juga bisa terbakar sewaktu-waktu.

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab power window bermasalah, maka anda bisa lebih mudah dalam memberikan penanganan.

Jika nantinya sudah diperbaiki dan berfungsi sebagaimana mestinya, pastikan anda memberikan perawatan pada power window secara rutin.

Tak bisa dipungkiri bahwa beberapa penyebab kerusakan power window di atas dapat terjadi karena kurangnya perawatan. (R10/HR-Online)

Loading...