Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Ini Harus Dipahami

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com).- Penyebab menstruasi tidak teratur ini harus kamu pahami. Menstruasi merupakan siklus bulanan wanita.

Menstruasi sendiri adalah serangkaian perubahan-perubahan dalam tubuh wanita, khususnya rahim untuk mempersiapkan kehamilan. Namun, bagaimana jika siklus menstruasi tidak teratur?

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Kelebihan Berat badan

Penyebab haid tidak teratur pertama adalah kelebihan berat badan atau yang dikenal dengan obesitas. Berat badan yang semakin bertambah dapat memicu perubahan hormone pada tubuh wanita.

Jika Anda memiliki berat badan berlebih, Anda sudah harus melakukan olahraga dan diet, sehingga menstruasi tidak teratur dapat diatasi.

Akibat Stress

Penyebab menstruasi tidak teratur juga diakibatkan oleh stress. Saat terjadi stress, otak dan hormon yang mengatur siklus menstruasi menjadi terganggu.

Selain itu, stress juga terkadang dilampiaskan dengan makan banyak. Dan kondisi itu bisa mengakibatkan kenaikan berat badan. Setelah itu, banyak masalah kesehatan yang akan terjadi.

Bahkan pada kasus tertentu, menstruasi tidak teratur akibat stress ini menyerupai kehamilan palsu. Maka dari itu, jika Anda merasa diri terindikasi stress, lakukan beberapa hal positif. Seperti perubahan gaya hidup, berolahraga secara rutin dan melakukan relaksasi.

Penggunaan Alat Kontrasepsi

Penyebab menstruasi juga diakibatkan penggunaan alat kontrasepsi. Bagi Anda yang sudah menikah, alat kontrasepsi merupakan salah satu cara untuk membantu menunda kehamilan, contohnya pil KB.

Namun, penggunaan alat kontrasepsi ini bukan akan menimbulkan efek pada tubuh. Salah satunya adalah menstruasi yang tidak teratur.

Penggunaan pil KB dapat mencegah pelepasan sel telur dari indung telur. Hal ini dikarenakan pil KB mengandung hormone progestin dan esterogen.

TCL

Untuk membuat siklus menstruasi kembali normal, butuh waktu hingga lebih dari 6 bulan sejak berhenti mengkonsumsi pil KB. Tidak hanya pil KB, alat kontrasepsi yang disuntik atau ditanam juga berdampak pada siklus haid wanita.

Penyebab Haid Tidak Teratur

Hormon yang Tidak Seimbang

Siklus menstruasi sendiri dipengaruhi oleh hormon progesteron dan estrogen. Sehingga apabila kedua hormone tersebut tidak seimbang maka akan menjadi penyebab menstruasi tidak teratur.

Namun, selain kedua hormone tersebut, ada juga yang disebut dengan hormone prolactin. Jika hormone prolaktin yang diproduksi terlalu berlebihan, maka dapat membuat menstruasi terlambat.

Produkasi hormone perolaktin yang berlebihan bisa muncul akibat menyusui atau kondisi medis tertentu seperti penyakit tumor pituitary dan peenyakit ginjal.

Pasalnya, homron prolaktin yang berlebihan dapat mengganggu kinerja hormone progesteron dan estrogen.

Akibat Menopause Lebih Cepat

Penyebab menstruasi tidak teratur juga salah satunya akibat masalah menopause. Setiap perempuan memang akan memasuki masa menopause. Masa memasuki menopause ini umunya adalah 45 hingga 55 tahun.

Namun, tidak sedikit juga wanita yang mengalami menopause dini. Sehingga siklus menstruasi tidak teratur meski belum memasuki usia 45 tahun.

Selain yang telah disebutkan diatas, siklus menstruasi juga bisa terganggu akibat mengidap penyakit kronis, seperti diabetes.

Namun, penyebab menstruasi tidak teratur tersebut dapat diatasi dengan gaya hidup yang sehat. Diantaranya seperti menjaga pola makan, berolahraga, menjaga berat badan, tidur yang teratur hingga menghindari stress. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...