Penyebab Penyakit Kista Ovarium Ini Harus Diwaspadai!

Penyebab Penyakit Kista Ovarium

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Penyebab Penyakit Kista Ovarium Ini Harus Diwaspadai! Anda pastinya sudah pernah mendengar perihal penyakit ini. Entah karena mendengar cerita orang lain atau salah satu keluarga terkena penyakit ini.

Namun, tahukah Anda bahwa penyakit ini bisa menyerang perempuan manapun? Mari lebih waspada dengan mengetahui apa saja yang menyebabkan penyakit ini muncul.

Penyebab Penyakit Kista Ovarium

Kolesterol

Siapa sangka, kolestrol ternyata menjadi salah satu alasan terjadinya kista ovarium pada perempuan. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan lemak jenuh pada ovarium, sehingga menyebabkan kista.

Ini sangat penting mengapa sebagai wanita perlu menghindari makan makanan yang mengandung lemak jenuh.

Siklus Haid yang Tidak Lancar

Penyebab Penyakit Kista Ovarium selanjutnya adalah akibat siklus haid yang tidak lancar. Untuk Anda atau apabila mengenal seseorang yang mengalami siklus haid yang tidak lancar, sebaiknya segera disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh ke dokter.

Siklus haid yang tidak lancar ternyata menjadi salah satu alasan kenapa bisa terjadi kista ovarium.

Haid yang tersendat kemudian tidak lancar, meninggalkan darah menstruasi yang seharusnya dikeluarkan pada dinding ovarium yang kemudian menjadi awal terjadinya kista.

Pola Hidup Tidak Sehat

Penyebab Penyakit Kista Ovarium selanjutnya adalah pola hidup tidak sehat. Ada yang mengatakan bahwa perempuan dengan kelebihan berat badan atau obesitas cenderung terkena kista ovarium.

Hal ini dikarenakan lemak dalam tubuh bisa mempengaruhi hormon yang berdampak pada fungsi ovarium.

Selain karena kegemukan, wanita dengan diabetes mempunyai kemungkinan lebih tinggi terkena kista karena tingginya insulin dalam tubuh dan memengaruhi ovarium.

Belum Memiliki Keturunan

Penyebab Penyakit Kista ini selanjutnya adalah akibat belum memiliki keturunan. Menurut penelitian, mengandung dan melahirkan ternyata bisa membuat ovarium perempuan lebih sehat dan kuat.

Namun, apabila Anda belum hamil, mencegah kista ovarium bisa dilakukan dengan cara memiliki pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, lebih banyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah.

Merokok

Anda pasti tahu bahwa dalam segulung rokok itu terdapat banyak racun yang cukup berbahaya untuk tubuh. Tidak hanya menyebabkan disfungsi paru-paru, nyatanya rokok juga bisa mengganggu Rahim dan menjadi penyebab penyakit kista ovarium.

Apabila Anda sampai saat ini masih merokok, coba untuk berhenti dan miliki hidup yang lebih sehat!

Gemar Minum Soda

Selain merokok, ternyata minum minuman soda bisa menyebabkan penyakit kista ovarium. Hal ini karena dalam minuman soda terdapat gula yang sangat banyak.

Sehingga, ini bisa menimbulkan kegemukan dan ketidakseimbangan hormone dan menyebabkan kista. Selain bisa menimbulkan kista, soda terbukti membuat pengeroposan pada tulang.

Ada juga yang mengatakan bahwa kafein juga bisa memicu kista, tapi sebenarnya yang menyebabkan kista bukanlah kandungan kafeinnya. Melainkan, gaya hidup atau stress akut, sehingga mengonsumsi apapun dalam jumlah yang tidak sesuai ukuran.

Itulah beberapa daftar Penyebab Penyakit Kista Ovarium yang perlu Anda ketahui dan sebarkan kepada teman-teman sebagai bentuk kewaspadaan dan kepedulian. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...