Penyebab Radiator Bocor Hingga Mobil Overheat

Penyebab Radiator Bocor
Ilustrasi Penyebab Radiator Bocor. Foto: Istimewa

Penyebab radiator bocor selalu menjadi pertanyaan ketika mobil mengalami overheat. Setiap mobil pasti pernah mengalami overheat atau panas yang terlalu berlebihan.

Hal ini sangat mengganggu kenyamanan pengguna ketika mengendarai mobil. Apalagi mobil harus mengalami overheat di jalan.

Salah satu faktor yang biasanya menyebabkan overheat adalah radiator bocor. Radiator memang bisa dibilang sebagai penyebab utama dari mobil overheat. Apalagi jika radiator tersebut bocor.

Penyebab Radiator Bocor

Radiator merupakan salah satu komponen yang ada di dalam mobil. Komponen inilah yang menjadi salah satu penyebab mobil overheat.

Radiator memang komponen yang rawan terkena bocor. Tidak heran jika kebanyakan mobil overheat karena radiator yang bocor.

Bocornya radiator juga terjadi karena beberapa alasan. Hal tersebut juga membuat air radiator menjadi terbuang.

Akhirnya mobil menjadi overheat. Hal ini dikarenakan air radiator terbuang dengan percuma. Padahal air tersebut digunakan untuk mendinginkan mesin.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab radiator bocor. Setiap penyebabnya perlu diwaspadai. Karena kebocoran terkadang tidak diketahui secara langsung.

Agar nantinya tidak terjadi overheat secara mendadak. Sehingga mobil akan tetap aman meski digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Mobil yang overheat biasanya karena menempuh jarak yang begitu jauh. Hal ini membuat mesin mobil menjadi panas dan mobil menjadi mogok.

Kejadian ini biasa terjadi pada beberapa mobil yang mengalami kebocoran radiator.

Radiator sendiri berisi air yang berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil. Apabila radiator bocor maka hal tersebut akan berdampak pada mesin mobil.

Penyebab radiator bocor bisa terjadi karena beberapa hal. Oleh karena itu para pengendara harus mengenali beberapa penyebab tersebut.

Agar nantinya bisa mengatasi masalah ketika terjadi overheat pada mobil. Sehingga perjalanan jarak jauh akan lebih nyaman.

Radiator Bocor yang Perlu Diwaspadai

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kebocoran radiator perlu diwaspadai. Agar nantinya mobil lebih aman dan tidak terjadi kendala ketika di jalan. Berikut ini beberapa penyebab radiator bocor.

1. Saluran Radiator Terhambat

Penyebab yang pertama adalah saluran radiator yang bocor. Meskipun terhambat namun hal ini bisa menyebabkan kebocoran.

Biasanya gejala akan muncul setelah radiator berumur 5 tahun. Pada awal pemakaian memang terlihat biasa tanpa ada masalah.

Namun setelah 5 tahun beberapa kerusakan akan muncul. Salah satunya adalah saluran yang terhambat.

Biasanya pengguna menggunakan air bisa pada radiator. Jika airnya tidak segera dibersihkan maka akan menimbulkan masalah.

Seperti terhambatnya saluran radiator. Oleh karena itu, pengendara harus rajin membersihkan radiator tersebut.

Air biasa dapat membuat saluran terhambat. Hingga akhirnya terjadi kebocoran. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab radiator bocor.

2. Umur Pemakaian Radiator

Penyebab yang kedua adalah umur pemakaian yang sudah cukup lama. Umur pemakaian radiator juga mempengaruhi kinerja radiator.

Pada awalnya radiator berada dalam kondisi yang baik-baik saja. Namun setelah lama digunakan akan mengalami kerusakan.

Kurang lebih dalam waktu 5 tahun radiator akan mulai rusak. Lebih tepatnya adalah bermasalah.

3. Terkena Benda Asing

Penyebab radiator bocor yang ketiga adalah terkena benda asing. Hal ini memang sering terjadi.

Salah satunya adalah terkena kerikil atau batuan kecil. Oleh karena itu radiatir harus sering dicek.

Radiator membutuhkan udara segar. Oleh karena itu, radiator diposisikan dengan terbuka.

Hal inilah yang membuat radiator bertabrakan dengan benda asing. Sehingga menyebabkan beberapa gesekan dan akhirnya bocor.

4. Karet dan Plastik Getas

Penyebab radiator bocor yang selanjutnya adalah komponen getas. Lebih tepatnya adalah komponen karet dan plastik yang getas.

Hal ini memang sering terjadi pada komponen mobil. Kegetasan ini dipicu oleh letak komponen yang berdekatan.

Hal ini tentunya berdampak pada komponen yang getas. Radiator juga tersusun dari karet pada salurannya.

Akhirnya komponen lain mengalami kegetasan. Sehingga radiator mudah bocor. Meskipun begitu para pengemudi harus tetap waspada. Overheat bisa terjadi dimana saja.

Apalagi jika perjalanan jauh dan radiator mengalami kebocoran. Hal ini dapat mengganggu perjalanan dengan jarak yang jauh.

Penyebab radiator bocor memang harus diwaspadai. Pengendara harus sering mengecek kondisi radiator. Apalagi radiator yang sudah berumur lama. (R10/HR-Online)