Perbedaan Laptop dan Notebook, Sudah Tahu Belum?

Perbedaan Laptop dan Notebook, Sudah Tahu Belum?

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com).- Perbedaan laptop dan notebook, sudah tahu belum? Siapa yang masih tidak mengetahui apa saja perbedaannya? Kedua perangkat portabel berikut ini tentunya sangat berbeda meskipun kelihatannya sama.

Jika Anda termasuk orang-orang yang tidak mengetahui apa perbedaan kedua perangkat ini, berikut ini perbedaan antara laptop dengan notebook yang perlu Anda ketahui;

Perbedaan Laptop dan Notebook

Ukuran Layar

Perbedaan pertama yang paling kelihatan mencolok dari kedua perangkat ini yaitu dari ukuran layarnya. Laptop memiliki ukuran layar yang lebih besar dari notebook, yaitu lebih dari 18 inci.

Sedangkan notebook memiliki ukuran layar yang lebih kecil dari laptop, yaitu kurang dari 18 inci dan biasanya kisaran antara 13 sampai 18 inci.

Perbedaan Berat

Perbedaan laptop dan notebook yang kedua ialah dari segi berat masing-masing perangkat. Laptop memiliki bobot yang lebih berat dari notebook, yaitu kisaran antara 3 sampai 5 kg.

Sedangkan notebook memiliki ukuran yang lebih ringan dari laptop, yaitu kisaran antara 1 sampai 2 kg.

Bagaimana? Sudah bisa melihat dengan jelas perbedaan kedua perangkat ini?

Perbedaan Ukuran RAM

Perbedaan laptop dan notebook selanjutnya dari ukuran RAM. Sama seperti sebelumnya, laptop harus mempunyai kapasitas RAM yang lebih besar dari notebook.

Kapasitas RAM ini untuk mendukung kinerja dari laptop. Sementara itu, notebook hanya dibekali dengan RAM yang lebih kecil dari laptop.

Namun, untuk saat ini hal tersebut tidak ada pengaruhnya lagi, karena seiring berkembangnya zaman, sehingga banyak notebook terbaru saat ini yang memiliki RAM besar.

TCL

Selain memiliki RAM yang dapat mengalahkan kapasitas RAM laptop, notebook juga mendapatkan banyak dukungan upgrade pada kapasitas RAM. Sehingga dapat memiliki RAM yang lebih besar lagi.

Namun demikian, jika kembali mempertimbangkan hal tersebut, tetap saja beberapa laptop pada dasarnya juga sudah memiliki kemampuan yang sama, tergantung tipenya saja.

Keberadaan DVD ROM

Perbedaan yang sangat mencolok berikutnya pada kedua perangkat ini, yaitu notebook tidak memiliki perangkat DVD ROM untuk membaca kepingan kaset.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat membeli DVD ROM eksternal untuk notebook. Agar, permasalahan tersebut dapat diatasi dan notebook Anda dapat membaca kepingan kaset.

Daya Tahan Baterai

Perbedaan laptop dan notebook yang terakhir ialah dari segi daya tahan baterainya. Pada umumnya, notebook memiliki daya tahan baterai yang begitu kuat dan tahan lama.

Ini jika ibandingkan dengan laptop yang hanya memiliki daya tahan baterai yang tidak begitu kuat dan tidak terbilang lama.

Cek Harga Laptop/ Notebook Terbaru di Lazada dan di Shopee!

Tetapi, hal ini dapat dipengaruhi oleh penggunaan daya pada masing-masing perangkat tersebut.

Itulah perbedaan laptop dan notebook yang perlu Anda ketahui agar menambah wawasan dan pengetahuan. Sehingga anda tidak salah lagi dalam membedakan laptop dan notebook.

Selain itu, wawasan ini bisa membantu saat mempertimbangkan akan membeli yang mana. Pastikan Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...