Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri, Ini Penjelasannya!

Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Perbedaan otak kanan dan otak kiri. Semua orang tahu bahwa otak manusia memang terbagi dari dua bagian, yakni otak kanan dan otak kiri.

Masing-masing bagian dari otak ini tentunya memiliki fungsi serta peranan yang berbeda dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Berikut ini pembahasan mengenai perbedaan otak kanan dan kiri yang perlu Anda ketahui.

Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri

Fungsi Utama Otak Kanan dan Kiri

Otak kanan pada manusia memiliki fungsi utama, yakni dapat mengendalikan otot-otot serta pergerakan tubuh pada bagian tubuh sebelah kanan.

Hal ini dapat dicontohkan jika Anda dapat menggerakkan tangan kiri, maka hal itu menjadi salah satu proses dari kinerja otak kanan.

Selain itu fungsi dari otak kanan sendiri juga bermacam-macam, mulai dari mengenali wajah dan juga memproses sebuah musik.

Sementara itu, di sisi yang lain, otak kiri sendiri memiliki fungsi yang pada dasarnya sama halnya dengan otak kanan.

Di mana otak kiri mampu menggerakkan beberapa anggota tubuh pada bagian tubuh sebelah kanan. Biasanya otak kiri sendiri lebih berfungsi untuk mengerjakan logika.

Otak kiri juga begitu dominan untuk memproses atau mengelola hal yang dapat Anda dengar. Otak kiri berperan penting dalam berbicara.

Tentang Otak Kiri

Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri; Otak kiri merupakan salah satu pusat dari pemikiran, yang lebih unggul dalam hal logika serta hitungan matematika. Otak kiri memiliki keunggulan lebih pandai untuk menganalisa.

Juga mencakup beberapa hal mengenai hitungan, angka, bahasa, logika dan masih banyak yang lainnya. Otak kiri juga mempunyai keunggulan untuk melihat seberapa detail bentuk atau objek yang dilihat.

Jadi jika terdapat seseorang yang pintar dalam hal matematika ataupun hitungan yang lainnya, maka dapat dikatakan orang tersebut memiliki otak kiri yang pintar.

Dari sinilah perbedaan otak kanan dan otak kiri. Namun dalam hal ini, otak kanan dan otak kiri juga saling berhubungan untuk bisa melakukan tindakan ataupun gerakan yang diinginkan.

Tentang Otak kanan

Otak kanan dalam perkembangannya lebih mengarah pada komunikasi sosialisasi sampai juga pengendalian emosi.

Otak kanan memiliki keunggulan dalam hal melakukan sebuah kegiatan kreatif seperti halnya menari, menyanyi maupun menggambar.

Namun jangan salah, otak kanan juga cukup baik untuk urusan matematika, meskipun tidak sebagus otak kiri. Di sisi lain, otak kanan juga berfungsi untuk membantu Citra visual dari apa yang Anda lihat.

Dalam hal ini, otak kanan dapat mencakup beberapa hal mengenai kreativitas, seni musik, emosi, ingatan jangka panjang dan juga imajinasi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan otak kanan dan otak kiri pada manusia yang dapat Anda ketahui. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...