Planet Baru TOI 1338 b Ditemukan oleh Anak Magang di NASA

planet baru toi 11338 b
Temuan planet baru TOI 11338 b oleh seorang anak SMA yang sedang magang di NASA. Foto: Ist/Net

Planet baru TOI 1338 b telah ditemukan oleh pihak NASA. Penemuan ini memang cukup mengagumkan. Perlu diketahui bahwa penemu planet ini sebenarnya adalah seorang anak SMA. Diketahui bahwa anak ini sedang melakukan magang di NASA.

Tujuan magangnya adalah untuk mengisi liburan musim panas. Namun tidak disangka jika liburannya akan mendapatkan hasil yang sangat mengejutkan.

Penemuan Planet Baru TOI 1338 b oleh Anak SMA

Planet merupakan benda angkasa yang memiliki orbit sendiri. Ada beberapa planet yang memiliki kehidupan dan bisa dihuni seperti Bumi.

Namun ada juga planet yang bisa dihuni namun memiliki potensi bahaya. Kemudian ada planet yang memang tidak bisa dihuni sama sekali.

Planet yang ada di Tata Surya memang berbeda-beda. Bahkan ada beberapa planet yang belum diketahui identitasnya. Seperti salah satu planet yang ditemukan baru-baru ini. Planet baru TOI 1338 b merupakan planet yang ditemukan di Tata Surya.

Planet ini ditemukan langsung oleh pihak NASA. Sebelumnya penemuan ini bisa dibilang sebuah ketidaksengajaan. Salah satu fakta yang cukup mengesankan adalah penemunya seorang anak SMA. Lebih tepatnya seorang anak SMA yang berada di New York.

Sebelumnya peserta magang ini diberikan tugas oleh pihak NASA. Tugasnya adalah mempelajari dua bintang yang melintas. Kemudian berlanjut ke proses bagaimana terciptanya gerhana.

Anak SMA yang bernama Wolf Cukier tersebut akhirnya melaksanakan tugasnya. Ia kemudian berfokus untuk mengamati sebuah bintang yang diduga adalah planet baru TOI 1338 b.

Saat proses pengamatan berlangsung, Wolf Cukier melihat beberapa kejadian. Seperti bintang yang melintas dan menghalangi cahaya.

Wolf Cukier juga mengungkapkan bahwa ada dua bintang yang menghalangi cahaya. Sehingga ia melaporkan pengamatannya tersebut kepada pengawasnya.

Kemudian hasil pengamatan Cukier tersebut dianalisa. Kurang lebih proses analisa tersebut membutuhkan waktu sekitar 1 minggu.

Betapa mengejutkannya ketika pengawas mengungkapkan hasilnya bahwa Wolf Cukier menemukan planet yaitu TOI 1338 b.

Lebih Besar dari Bumi

Proses penemuan planet yang baru ini memang tidak terlalu spesifik. Mengingat awal mulanya hanya sebuah tugas pengamatan bintang.

Kemudian muncullah analisa bahwa ternyata yang diamati adalah planet baru. Tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan baru.

Apa saja fakta dibalik penemuan planet tersebut? Lalu bagaimana ciri dari planet tersebut? Berikut ini beberapa fakta menarik dibalik temuan planet baru.

1. Penemu Seorang Anak Magang

Temuan ini tidak langsung ditemukan dengan mudah. Sebab, penemuan ini membutuhkan suatu pengamatan. Anak magang yang menjadi penemunya juga dibantu oleh seniornya di NASA.

Kemudian hasil pengamatannya di analisa lebih lanjut. Hingga akhirnya benar bahwa anak magang yang masih duduk di bangku SMA menemukan planet baru.

2. Termasuk Dalam Kategori Planet Sirkumbiner

Fakta selanjutnya adalah planet baru ini tergolong sebagai planet Sirkumbiner. Apa itu planet Sirkumbiner?

Planet yang mengelilingi dua bintang merupakan pengertian dari planet Sirkumbiner. Planet baru TOI 1338 b ini juga termasuk planet Sirkumbiner.

3. Memiliki Jarak yang Cukup Jauh Dengan Bumi

Setelah temuannya diteliti, planet tersebut dikonfirmasi keberadaannya. Ternyata planet ini memiliki jarak kurang lebih 1.300 cahaya.

Jarak ini diukur dari Tata Surya, lebih tepatnya dari Bumi. Mengapa dikatakan cukup jauh? Sebab satu tahun cahaya bisa diartikan miliaran kilometer.

4. Memiliki Ukuran Lebih Besar dari Bumi

Fakta selanjutnya adalah planet baru ini memiliki ukuran lebih besar dari Bumi. Tercatat kurang lebih besarnya hingga 6,9 kali lipat dari Bumi.

Bisa dibilang bahwa ukurannya menyerupai Neptunus dan Saturnus. Namun belum diketahui dengan jelas apakah planet ini bisa dihuni atau tidak.

Setelah penemuan planet baru ini, NASA juga mengungkapkan perihal penemuan planet. Tercatat ada 13 planet yang telah ditemukan oleh pihak NASA.

Dari beberapa planet yang ditemukan oleh NASA diantaranya memiliki karakteristik yang sama. Rata-rata memiliki ukuran yang lebih besar dari Bumi.

Bahkan jaraknya dari Bumi sangat jauh. Sehingga beberapa planet tersebut belum bisa diteliti lebih lanjut. Penelitian tersebut terkait potensi layak huni atau tidak.

Pada penemuannya kali ini, Wolf Cukier berharap bisa memulai karirnya di NASA. Planet baru TOI 1338 b ini masih akan ditindaklanjuti oleh pihak NASA. (R10/HR-Online)

Loading...