Planet dengan Suhu Paling Ekstrim, Mampu Hancurkan Molekul

Planet Dengan Suhu Paling Ekstrim
Ilustrasi Planet Dengan Suhu Paling Ekstrim. Foto: Istimewa

Planet dengan suhu paling ekstrim memang benar adanya dan telah ditemukan oleh pihak NASA. Planet tersebut disebut sebagai eksoplanet dan memiliki ukuran yang begitu besar.

Bahkan ukuran planet ini mampu menyaingi ukuran Jupiter. Dapat dibayangkan ukuran dari planet ini yang lebih besar dari Jupiter.

Padahal Jupiter merupakan planet raksasa yang ada di Tata Surya. Tidak hanya ukurannya yang besar, namun suhu yang ada di planet ini luar biasa ekstrim.

Planet dengan Suhu Paling Ekstrim dan Berukuran Besar

Tata Surya menyimpan banyak sekali keindahan dan juga keunikan. Banyak planet yang ada di Tata Surya yang mengitari orbitnya.

Setiap planet yang ada di Tata Surya tentunya memiliki karakteristik tersendiri. Seperti salah satu planet yang baru ditemukan oleh pihak NASA.

Planet tersebut diberi nama KELT-9B. KELT-9B sendiri merupakan planet baru dengan suhu yang paling ekstrim. Suhu yang dikatakan ekstrim ini adalah suhu panas. Mengapa dikatakan ekstrim? Sebab suhunya mencapai 7.800 derajat Fahrenheit.

Jika dikonversikan ke Celcius, maka suhunya mencapai 4.300 derajat. Suhu yang sangat tinggi hingga dikatakan paling ekstrim.

Fakta dari planet ini adalah suhunya bahkan melebihi panasnya bintang. Seperti yang diketahui bahwa bintang merupakan benda langit yang begitu panas. Namun dengan ditemukannya planet tersebut membuat bintang terkalahkan.

Orbit yang dimiliki oleh planet KELT-9B ini sangat dekat dengan bintang. Sehingga bintang mengalami suhu yang terlalu panas untuk menopangnya.

Planet yang ditemukan oleh pihak NASA ini juga disebut sebagai planet ultrahot. Hal tersebut juga dikarenakan oleh suhunya yang begitu ekstrim.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ukuran planet ini sangat besar. Hal ini memang terbukti dari ukuran massa planet ini.

Planet ini memiliki massa 3 kali lebih besar dari planet Jupiter. Dapat dikatakan bahwa planet ini memang besar. Tidak hanya besar, tetapi juga raksasa.

Penemuan planet ini memang tidak mudah. Sebab, harus menggunakan sebuah alat yang bernama KELT. KELT sendiri merupakan kepanjangan dari Kilodegree Extremely Little Telescope milik NASA.

Planet dengan Suhu Paling Ekstrim

Suhu planet yang sangat panas tentunya menimbulkan dampak yang luar biasa. Dampaknya adalah molekul yang ada di atmosfer hancur tercabik-cabik.

Hal ini dikarenakan molekul tersebut tidak kuat dengan suhu yang begitu ekstrim. Suhu panas ini akan menurun pada malam hari. Meskipun malam hari, namun suhunya masih panas. Walaupun tidak sepanas siang hari.

Pada sisi malam, molekul yang terkoyak tersebut bisa utuh kembali. Namun bersatunya molekul tersebut tidak akan bertahan lama.

Planet dengan suhu paling ekstrim tersebut akan kembali pada sisi siang. Akhirnya molekul tersebut kembali terkoyak oleh suhu panas.

Hal tersebut akan terjadi berulang kali hingga seterusnya. Planet ultrahot ini juga memiliki jarak 670 tahun cahaya dari Bumi.

Jarak yang sangat jauh dari Bumi. Memang lazimnya planet yang bersuhu panas memiliki jarak yang jauh dari planet lainnya.

Planet KELT-9B ini mendapat penelitian oleh para ilmuwan. Penelitian ini ditujukan untuk mencari informasi lebih jauh mengenai KELT-9B.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan mendapatkan sebuah analisa mengenai perubahan yang ada di atmosfer Perubahan ini terkait dengan beberapa molekul yang sempat hancur dan utuh kembali.

Penelitian tersebut juga memberikan hasil bahwa KELT-9B telah terkunci secara tidal. Maksudnya adalah setiap sisi planet ini sudah terkunci untuk menghadap bintang secara permanen. Entah itu sisi panas atau malam.

Akibatnya adalah suhu panas di siang hari akan mengalir ke malam hari. Dengan begitu, suhu pada malam hari akan tetap panas meskipun tidak ekstrim seperti siang hari.

Penelitian ini juga masih berlanjut untuk mengetahui lebih dalam mengenai planet dengan suhu paling ekstrim. Bahkan dilakukan penelitian mengenai potensi kehidupan yang ada di planet tersebut.

Tentu saja potensi kehidupannya berbanding terbalik dengan Bumi. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa potensi kehidupan KELT-9B sangat bermusuhan. Apalagi dengan suhu yang tidak memungkinkan untuk hidup.

Planet dengan suhu paling ekstrim kini diduduki oleh KELT-9B. Karena suhu yang panas tersebut tidak terkendali. Bahkan beberapa planet bersuhu ekstrim pun tidak ada yang menyaingi planet ini. (R10/HR-Online)