Planet Kerdil Selain Pluto di Tata Surya, Apakah Ada?

Planet Kerdil Selain Pluto
Ilustrasi Planet Kerdil Selain Pluto. Foto: Istimewa

Planet kerdil selain Pluto memang benar-benar ada. Hal ini memang sudah diteliti sejak dulu. Ternyata beberapa planet kerdil tersebut berada di kawasan tata surya Bima Sakti. Penemuan ini pun tidak hanya berjumlah satu, kurang lebih ada 5 planet.

Meskipun berada dalam tata surya kita, namun planet tersebut memiliki orbit tersendiri. Orbitnya pun sangat jauh dari pusat tata surya atau Matahari.

Penemuan Planet Kerdil Selain Pluto di Tata Surya

Tata surya kita memang sangat mengesankan. Apalagi dengan adanya planet yang begitu mengagumkan. Beberapa planet tersebut memiliki spesifikasi dan ciri-ciri tersendiri.

Banyak planet yang ada di tata surya galaksi Bima Sakti. Termasuk di dalamnya terdapat planet Bumi yang dihuni oleh makhluk hidup.

Ukuran setiap planet yang ada di galaksi Bima Sakti memang berbeda-beda. Meskipun ada beberapa planet yang memiliki ukuran sama.

Mulai dari ukuran yang paling besar atau raksasa hingga yang paling kecil. Planet yang paling besar atau raksasa adalah planet Jupiter.

Memang benar adanya bahwa planet ini sangat besar bahkan bisa disebut dengan planet raksasa. Kemudian planet yang paling kecil adalah planet Pluto.

Selain kecil, planet pluto ini juga memiliki orbit yang jauh dengan Matahari. Namun ternyata ada planet kerdil selain Pluto.

Planet lain tersebut juga berada dalam tata surya kita. Bisa dibayangkan ukuran dari planet tersebut yang notabennya lebih kecil dari Pluto.

Planet kerdil memang tidak jauh beda dengan planet yang lainnya. Apalagi planet tersebut juga mengelilingi Matahari.

Planet kerdil juga memiliki orbit atau lintasannya sendiri meskipun jauh dari Matahari. Perbedaannya adalah ukurannya yang sangat kecil hingga disebut dengan kerdil.

Tidak hanya itu saja, ternyata ada perbedaan lainnya. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari orbit atau lintasannya.

Planet kerdil memiliki lintasan yang bisa dibilang steril. Mengapa steril? Karena orbit atau lintasannya tidak bisa dilewati benda lain.

Deretan Planet Kerdil Selain Pluto

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa ditemukan planet kerdil lain. Ukurannya pun lebih kerdil dari planet Pluto. Berikut ini deretan planet yang berukuran kerdil selain pluto.

1. Haumea

Salah satu planet kerdil selain Pluto adalah Haumea. Nama planet ini memang terdengar asing. Sebab memang belum pernah disinggung di ilmu pengetahuan. Mengingat planet ini memang jarang berinteraksi atau berulah.

Alasan lainnya adalah karena planet ini memiliki ukuran yang kecil. Sehingga planet ini jarang disebut dan tidak diketahui spesifikasinya.

Planet yang bernama Haumea ditemukan sekitar tahun 2004 yang lalu. Tentunya planet ini ditemukan oleh para astronom.

Para ilmuwan mengatakan bahwa planet ini memiliki bentuk yang unik dan aneh. Bentuk planet Haumea yang membuatnya berbeda dengan yang lain.

Bentuk planet Haumea lebih lonjong dan bukan bulat. Jika dilihat secara detail memang agak aneh. Apalagi semua planet didominasi oleh bentuknya yang bulat. Temuan ini tentunya menjadi bahan pertanyaan mengapa bentuk planet Haumea lonjong.

Ditemukan alasan mengapa bentuk planet Haumea lonjong. Alasannya adalah karena efek rotasi yang begitu cepat.

Rotasi planet yang begitu cepat akan berdampak pada bentuk planet. Inilah salah satu alasan logis mengapa bentuk planet ini lonjong bukan bulat.

2. Makemake

Tidak hanya Haumea saja, ada planet kerdil selain Pluto yang lain. Planet tersebut diberi nama Makemake.

Nama planet ini juga terdengar asing sama halnya dengan Haumea. Makemake ditemukan oleh para astronom 3 bulan setelah penemuan Haumea.

Planet ini juga memiliki keunikan yang cukup aneh. Hal ini dapat dilihat dari nama yang disematkan untuk planet ini.

Makemake sendiri merupakan sebuah istilah yang diambil dari nama dewa kesuburan. Nama dewa ini berasal dari mitos masyarakat Rapa Nui.

3. Ceres

Planet kerdil selain Pluto lainnya adalah Ceres. Ceres merupakan planet yang memiliki lintasan orbit lebih dekat dengan Matahari.

Planet ini ditemukan pada tahun 2006 oleh Piazzi. Planet ini sebenarnya terletak diantara orbit Mars dan Yupiter. Tidak heran jika Ceres memiliki orbit lebih dekat dengan matahari. Meskipun begitu, planet ini masih menjadi planet kerdil karena ukurannya yang begitu kecil.

4. Eris

Planet yang selanjutnya adalah Eris. Planet ini memiliki ukuran yang kecil bahkan lebih kecil dari Pluto. Eris ditemukan sekitar tahun 2005 dan dinobatkan sebagai planet terkecil. Meskipun memiliki ukuran kecil, namun massanya cukup besar.

Beberapa planet kerdil selain Pluto diatas memang ada di tata surya. Setiap planet tersebut juga memiliki satelit, kecuali planet Ceres. (R10/HR-Online)

Loading...