Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita PangandaranPLN Rayon Pangandaran Benahi Data PJU dan Pelanggan Baru

PLN Rayon Pangandaran Benahi Data PJU dan Pelanggan Baru

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- PLN Rayon Pangandaran melakukan pembenahan data penerangan jalan umum (PJU) dan pasang baru bagi pelanggan di Pangandaran.

Pembenahan tersebut dilakukan karena data yang ada belum sinkron antara data yang dimiliki pemerintah melalui Dishub dan yang ada di PLN.

Manager PLN Rayon Pangandaran, Siswadi, mengatakan, data yang ada di Dishub belum diverifikasi ulang oleh pihaknya karena terjadi perbedaan data. Meksi begitu, saat ini pihaknya sedang fokus penataan data PJU terlebih dulu.

Belum tertatanya data PJU dinilai sangat mengganggu proses penyelesaian pembayaran. Sebab, kata Siswandi, sering terjadi adanya perbedaan jumlah nilai pembayaran.

Soal pasang baru bagi pelanggan, lanjut Siswadi, PLN hanya mengurus biaya penyambungan (BP) saja, dan selebihnya adalah kewenangan pemerintah.

Dalam proses penyambungan pelanggan baru ini, PLN hanya melakukan pengujian instalatir atau orang yang ahli memasang instalasi saja. Sehingga, pemasangan instalasi dan pengujian pelanggan bukan lagi kewenangannya.

Karena ini, Siswadi menyebut pelanggan kerap kebingungan harus ke mana mereka memasang instalasi dan pengujiannya. Sehingga, kesempatan ini terkadang dimanfaatkan oleh oknum.

“Kasihan juga kan kalau dimanfaatkan, apalagi biasanya ada biaya-biaya tambahan. Makanya, kita juga berkewajiban menertibkan instalatir agar pelanggan tidak bingung,” ujar Siswadi.

Saat ini, kata Siswadi, PLN hanya bekerjasama masalah pemasangan gardu, pemeliharaan dan perbaikan, serta pembangunan jaringan baru. Sedangkan masalah kerjasama dengan instalatir belum ada di Pangandaran.

“Di Jawa Tengah sudah ada Perda tentang Pemasangan listrik baru, sehingga tidak liar dan berkembang di masyarakat. Ini sangat baik sekali dan juga meminimalisir adanya biaya yang membengkak di masyarakat,” pungkasnya. (Mad/Koran HR)

- Advertisment -