Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita BanjarPolres Banjar, KPH Ciamis dan Pemkot Banjar Tanam 28 Ribu Pohon di...

Polres Banjar, KPH Ciamis dan Pemkot Banjar Tanam 28 Ribu Pohon di Gunung Sangkur

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Jajaran Polres Banjar bersama Pemerintah Kota Banjar, Perum Perhutani KPH Ciamis dan BKPH Banjar Selatan, mengadakan penghijauan di kawasan Perhutani Gunung Sangkur Kota Banjar, Jum’at, (10/01/2020).

Sebanyak 28.000 pohon dengan jenis jati dan kosambi ditanam di area lahan Perhutani petak 70 dengan luas sekitar 26,05 hektare.

Kapolres Kota Banjar, AKBP. Yulian Perdana, melalui Wakapolresta Banjar, Kompol. H. Ade Najmulloh, mengatakan, penghijauan di kawasan Gunung Sangkur ini dalam rangka penanaman sejuta pohon secara serentak yang dipelopori oleh Kepolisian RI.

Selain itu, gerakan penanaman pohon ini juga sebagai upaya pencegahan dini musibah tanah longsor, pelestarian alam, serta menjaga daerah resapan air di kawasan Gunung Sangkur.

Ade Najmulloh, menyebutkan, sejak tanggal 1 Januari 2020, jajaran Polres Banjar telah menanam sekitar 3.650 pohon, dimulai dari halaman Mako Polres Banjar, Mako Polsek, serta fasilitas-fasilitas Polri yang ada di wilayah hukum Polres Kota Banjar.

“Hari ini ada 28 ribu pohon yang ditanam di Gunung Sangkur. Target kami wilayah hukum Polres Banjar hijau terhindar longsor dan banjir. Untuk itu, biasakan tanam pohon sebagai upaya menyelamatkan lingkungan,” kata Ade Najmulloh, kepada awak media.

Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, menambahkan, perlunya gerakan sadar menanam pohon untuk mengurangi cuaca panas bumi, dan menata ekosistem lingkungan.

Walikota Banjar juga mengingatkan kepada semua pihak agar penghijauan tidak hanya fokus pada saat penanaman, tapi juga perawatan. Sehingga, pohon yang ditanam bisa tumbuh sampai besar.

“Jangan hanya menanam, tapi juga perawatan harus diperhatikan. Tahun depan target 1 juta pohon harus bisa ditanam,” tandas Ade Uu.

Sementara itu, Administrator Perum Perhutani KPH Ciamis, Jeri Purwo Nugroho, menyambut positif program penanaman pohon yang dilaksanakan oleh Polri bersama Pemerintah Kota Banjar.

“Perlu ada sinergitaas dengan semua pihak untuk penghijauan. Untuk itu, mari kita rawat bersama-sama,” kata Jeri. (Muhlisin/R3/HR-Online)

- Advertisment -