Ponsel Samsung Galaxy A71 Hadir di Indonesia, Catat Prapemesanan dan Spesifikasinya

Ponsel Samsung Galaxy A71
Ponsel Samsung Galaxy A71. Foto : net/ist

Ponsel Samsung Galaxy A71 akhirnya resmi meluncur di pasar HP Indonesia. Kehadiran seri A71 di Tanah Air ini berbarengan dengan HP Samsung Galaxy A51.

Meski kedua smartphone besutan vendor Korea Selatan ini diperkenalkan pada Selasa (14/1/2020), namun untuk seri A51 sudah bisa dibeli secara offline atau onlie di toko ritel, dengan prapemesanan mulai tanggal 10 sampai 17 Januari 2020.

Sementara ponsel Samsung Galaxy A71 baru bisa prapemesanan yang kemungkinan besar akan dimulai dari tanggal 20 Januari 2020. Akan tetapi promo dan harganya belum dipastikan.

Mengutip dari berbagai sumber, bahwa Samsung Galaxy A71 ini menarget pangsa pasar generasi muda, yang suka live gaming, vlogging serta payment.

Untuk spesifikasinya, ponsel Samsung Galaxy A71 sendiri tidak berbeda jauh dengan HP Samsung Galaxy A51. Namun, seri A71 ini lebih unggul dari A51.

Walaupun dua-duanya mempunyai layar berlubang Infinity-O untuk menyimpan kamera depan, serta berpanel Super AMOLED Plus.

Mengutip dari GSMArena, untuk ukuran layarnya penerus dari Galaxy A70 ini memiliki berdiagonal 6,7 inci. Resolusi layarnya 1080 x 2400 piksel dengan aspek rasio 20:9. Selain itu, juga dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Dengan layar lebar serta berteknologi canggih, tentu ponsel Samsung Galaxy A71 ini bisa memuaskan bagi pecinta gaming dan memainkan konten video atau multimedia lainnya.

Keunggulan lainnya dari ponsel Samsung Galaxy A71 adalah di bagian dapur pacunya dipersenjatai dengan Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm) octa-core dan GPU atau grafis Adreno 618.

Untuk pendukung performa, dipasang juga RAM berkapasitas 6 GB dan 8 GB, yang ditopang penyimpanan internal 128 GB. Tersedia juga slot microSD yang mampu sampai 1 TB.

Kelebihan lainnya dari smartphone Samsung ini adalah di sisi dayanya, dengan dibekali baterai berkapasitas 4500 mAh, plus pengisian cepat 25W.

Perusahaan raksasa elektronik Korsel ini mengklaim, bahwa baterainya ini dapat bertahan seharian. Selain itu, bisa mengisi ulang 50 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Keunggulan Lain dari Ponsel Samsung Galaxy A71

Pada sektor kamera merupakan keunggulan dari smartphone Samsung Galaxy A71 ini. Pasalnya, di bagian belakang dipasang quad camera (empat kamera), yang tentunya fantastis.

Keempat kamera tersebut diantaranya 64 MP bukaan f/1.8 (wide) sebagai lensa utama. Kamera utamanya ini mampu mengambil objek foto secara fleksibel, sebab adanya dukungan kecerdasan buatan atau lebih sering disebut AI.

Kemudian lensa kedua pada ponsel Samsung Galaxy A71 berkekuatan 12 MP aperture f/2.2. Dengan kemampuan ultrawide, maka lensanya ini bisa mengambil sudut pandang lebih lebar.

Lalu kamera 5 MP (macro camera) dan keempat 5 MP (depth sensor), dengan kemampuan bisa memotret secara halus dari gambar yang begitu dengan sekitar 3 sampai 5 cm.

Dengan kemampuan tersebut, tentu kamera pada ponsel Samsung Galaxy A71 ini sangat diidam-idamkan oleh kalangan muda, yang sering membikin konten atau mengabadikan momen penting dengan video kamera.

Sedangkan kamera depan yang terpasang di notch Infinity-O memiliki resolusi sebesar 32 MP, dengan bukaan f/2.2.

Sementara untuk perangkat lunaknya terpasang OS Android 10.0 dan One UI 2. Selain itu dibekali juga fitur untuk game agar tidak ada masalah dan smooth, yakni AI Gaming Boost.

Untuk warnanya yang akan hadir di Indonesia adalah Prism Crush Blue, Prism Crush Silver serta Prism Crush Black.

Ponsel Samsung Galaxy A51

Untuk HP penerus Galaxy A50 ini pada layarnya berukuran lebih kecil dari seri A71, yaitu 6,5 inci. Namun memiliki resolusi yang sama FHD Plus (1080 x 2400 piksel), dengan aspek rasio 20:9.

Sedangkan untuk otaknya, ponsel Samsung Galaxy A51 memakai chip Exynos 9611 (10nm), yang dibantu RAM berkapasitas 6 GB serta internal memori 128 GB. tersedia juga slot microSD yang bisa mencapai 512 GB.

Nah bagian kamera, untuk di belakang juga terpasang 4 lensa. Masing-masing 48 MP aperture f/2.0 (wide), kemudian 12 MP (f/2.2) ultrawide, 5 MP macro camera (telephoto), serta 5 MP sebagai lensa depth.

Sedangkan kamera depan yang sama-sama terpasang di Infinity-O Display, tidak berbeda dengan Samsung Galaxy A71 yakni 32 MP bukaan f/2.2 (wide).

Untuk baterainya berkapasitas 4000 mAh, plus fitur pengisian cepat 15W. bagian software, OS-nya berbasis Android 10.0 dan One UI 2.

Sementara sektor sistem keamanan, ponsel Samsung Galaxy A51 ini memakai fingerprint (sidik jari) yang terpasang di dalam layar, dan optical.

HP Samsung seri ini juga sama dengan A71 yang dibekali Game Booster. Fitur tersebt dapat mengoptimalkan performa ketika bermain game, seperti mendinginkan suhu, menghemat baterai serta memaksimalkan memori.

Ponsel Samsung Galaxy A51 yang tersedia dalam warna warna Prism Crush Black, White, dan Blue ini, pada prapemesanan dibanderol Rp 4,099 juta, dengan gratis Galaxy Fit E. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...