Prediksi Pasar Properti, Belum Mampu Tumbuh 2 Digit, Mengapa Demikian?

Prediksi Pasar Properti
Ilustrasi Prediksi Pasar Properti. Foto: Istimewa

Prediksi pasar properti pada tahun 2020 ini mengalami pergerakan secara positif. Hal ini disebabkan karena adanya sejumlah insentif di dalam sektor properti.

Walaupun demikian, pertumbuhan pasar properti diprediksi masih belum mampu mencapai kisaran angka hingga dua digit. Apa penyebabnya?

Prediksi Pasar Properti, Inilah Alasannya Belum Mampu Tumbuh 2 Digit

Berdasarkan pernyataan Tommy Bastami sebagai Managing Partner Real Estate Management Coldwell Banker Commercial, relaksasi Loan to Value atau LTV yang sudah dikeluarkan oleh Bank Indonesia serta relaksasi di bidang perpajakan telah menjadi sebuah penopang.

Dimana hal tersebut membuat pasar propertipada tahun 2020 ini dapat menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan tahun yang lalu. Mengingat kondisi pasar properti di tahun 2019.

Tommy Bastami juga memberikan pernyataan mengenai perkiraan perkembangan bisnis pasar properti di tahun ini bahwa sebenarnya ada sebuah perkiraan tingkat kenaikan industri properti akan berkisar 2 digit.

Namun prediksi pasar properti ini tetap memiliki sebuah peluang, akan tetapi untuk jangka waktu yang dekat ini belum dapat melihat arah pergerakannya akan seperti itu. Seperti itu yang dimaksud adalah angka yang pertumbuhannya dua digit.

Tidak perlu untuk disesali. Adanya sebuah kemungkinan pasar properti tumbuh 2 digit sudah merupakan kemajuan yang sangat besar bagi peningkatan ekonomi melalui bisnis properti.

Tommy Bastami tidak lupa menambahkan bahwa pasar properti pada tahun 2020 ini masih sulit memberikan catatan pertumbuhan berada di kisaran dua digit. Pernyataan ini tidak tanpa alasan begitu saja.

Pasalnya dilihat dari perkembangan pasar properti sejak beberapa tahun terakhir menunjukkan kinerja di sektor properti cenderung stagnan. Maka dari itu, dalam meningkatkan gairahnya kembali masih membutuhkan waktu.

Prediksi Pasar Properti Tahun 2020 Ini, Bagaimana Pengaruhnya di Bidang Ekonomi?

Tidak pernah lepas keterkaitan antara bisnis dan ekonomi. Telah kita sadari bersama bahwa semakin banyaknya perkembangan bisnis di Indonesia seperti bisnis properti ini.

Maka sudah barang tentu, perekonomian akan meningkat dengan pesatnya. Prediksi pasar properti telah dipengaruhi adanya kondisi ekonomi global.

Namun sangat disayangkan. Sebuah ketidakpastian kondisi ekonomi global ini turut diperkirakan menjadi sebuah tantangan.

Tantangan ini berpotensi membuat perkiraanpasar propertimendapatkan hambatan untuk tumbuh dan berkembang. Dimana pertumbuhan industri properti akan menghadapi tantangan dalam bersaing di pasar global.

Tommy Bastami memberikan harapannya. Semoga saja kenaikan positif dalam sektor properti ini dapat terus berlanjut sehingga untuk kedepannya pasar propertimemiliki angka pertumbuhan yang bisa lebih tinggi.

Prediksi Pasar Properti Tahun 2020, Bagaimana untuk Menggairahkannya?

Tentunya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan impian industri properti tahun ini. Selain kemampuan persaingan pasar global yang mumpuni, harus juga dilakukan strategi dalam membaca sebuah peluang keberhasilan.

Prediksi pasar properti pada tahun 2020 ini, untuk membuatnya menjadi bergairah dan terus mengalami kemajuan, maka perlu adanya kemudahan dalam hal pembiayaan perumahan.

Di sisi lain, Maria Herawati Manik Country Manager Rumah 123.com memberikan pernyataannya bahwa pada tahun ini pertumbuhan di sektor properti akan sangat bergantung pada hal penting.

Tidak salah lagi, dan benar adanya, bahwa itu adalah pertumbuhan ekonomi dan kebijakan pemerintah. Dari dua hal penting inilah perkiraanpasar propertidi tahun ini akan tercapai karena adanya rangsangan minat beli konsumen.

Potensi pasar properti untuk tumbuh masih tetap ada. Namun tidak ada antisipasi kenaikan properti secara signifikan.

Prediksi pasar properti dapat mengalami kenaikan pertumbuhan mencapai 10% saja. Sudah lebih dari cukup dan kemajuan yang sangat baik meskipun dalam mendapatkannya agak berat.

Tidak perlu untuk berkecil hati. Ada banyak kemudahan di setiap kesulitan dan ada banyak cara dalam menyelesaikan setiap permasalahan.

Walaupun kecil peluang yang dimiliki, namun perkiraanpasar propertimasih dapat diwujudkan dengan usaha dan kerja keras.

Jika prediksi pasar properti pada tahun 2020 diperkirakan masih cukup berat untuk memperoleh pertumbuhan hingga dua digit, karena adanya beberapa tantangan yang salah satunya adalah gejolak ekonomi global. Meskipun demikian, terjadinya penyerapan dalam pasokan hunian pada tahun 2020 ini dapat lebih baik jika kita bandingkan dengan tahun 2019. (R10/HR-Online)

Loading...