Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaArtikelRem Cakram Mobil Seperti Berkarat, Atasi dengan Trik Jitu Ini!

Rem Cakram Mobil Seperti Berkarat, Atasi dengan Trik Jitu Ini!

Permasalahan rem cakram mobil seperti berkarat sering terjadi saat musim hujan. Sebagaimana yang kita tahu, air hujan bisa menimbulkan karat pada komponen berbahan besi.

Hal inilah yang membuat tak sedikit pemilik mobil salah mengartikan. Saat terlihat ada bercak kecoklatan pada rem cakram, banyak pemilik mobil yang menganggapnya sebagai karat.

Namun anda harus tahu bahwa hal tersebut hanyalah kotoran saja yang memang tampilannya mirip bercak karat. Meski bukan karat, namun permasalahan ini jangan anda abaikan.

Rem Cakram Mobil Seperti Berkarat

Setelah terkena air hujan, rem cakram mobil akan mengeluarkan bercak coklat seperti karat. Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, bintik coklat ini bukan karat, melainkan kotoran.

Kotoran ini bisa keluar karena adanya gesekan antara rem cakram yang berbahan logam atau besi tuang dengan kampas rem ketika melakukan pengereman.

Baca Juga: Penyebab Ban Mobil Pecah dan Cara Jitu Mengatasinya

Karena bukan karat, maka permasalahan rem cakram mobil seperti berkarat ini tak akan berpengaruh terhadap performa mobil. Mobil tetap aman dan nyaman digunakan.

Hanya saja, timbulnya bercak kecoklatan tersebut tentu saja sangat mempengaruhi tampilannya. Tampilan mobil tak lagi memanjakan mata karenanya.

Namun anda tak perlu khawatir ataupun panik karena bercak kecoklatan seperti karat tersebut bisa dihilangkan dengan mudah.

Cara Mengatasi Rem Cakram Mobil yang Berkarat

Bagi anda yang peduli dengan penampilan mobil kesayangan, maka anda harus segera mengatasi permasalahan rem cakram seperti berkarat. Mengenai bagaimana caranya, anda simak saja ulasan berikut.

Service Kampas Rem

Agar tampilannya tak semakin terganggu, anda perlu mengecek kampas remnya. Dengan cara ini, maka kotorannya akan semakin berkurang.

Perlu untuk anda ketahui, banyaknya kotoran yang ada di dalam komponen tersebut menandakan bahwa mobil memang kurang perawatan.

Pengecekan atau service kampas rem itu sendiri pada dasarnya juga bisa membuat komponen cakram rem kian awet dan aman untuk digunakan dalam waktu lama.

Sebagaimana yang kita tahu, cakram memang dirancang sedemikian rupa untuk bantalan gesekan kampas remnya. Kinerja rem pun tetap bisa handal berkat pengecekan yang dilakukan secara rutin.

Mengenai kapan waktu yang tepat untuk pengecekan kampas rem, anda bisa melakukannya saat mobil sudah menempuh jarak sekitar 10.000 km atau setiap 6 bulan sekali.

Dengan begitu, service rutin ini bukan hanya akan mengatasi rem cakram mobil seperti berkarat saja, akan tetapi juga mencegah terulangnya permasalahan tersebut.

Pemberian Surface Treatment

Cara yang satu ini juga termasuk tips mengatasi sekaligus upaya pencegahan bercak seperti karat. Hal ini dikarenakan pemberian surface treatment di bagian rotor rem cakram mampu mempertahankan sifat inti materialnya.

Pastikan anda tak mengabaikan cara ini. Selain melindungi mobil saat musim hujan, surface treatment juga sangat bermanfaat ketika mobil dicuci.

Perlu untuk anda ketahui, selain mengatasi timbulnya bercak seperti karat pada rem cakram, pemberian surface treatment juga bermanfaat untuk menghalau berbagai permasalahan lainnya.

Kerusakan yang Sering Terjadi

Kurangnya perawatan bukan hanya menyebabkan permasalahan rem cakram mobil seperti berkarat, akan tetapi juga kerusakan pada rem cakram mobil lainnya. Adapun beberapa kerusakan rem cakram mobil tersebut diantaranya yaitu:

Bunyi Berdecit Ketika Mengerem

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada rem cakram mobil yaitu muncul bunyi berdecit ketika mengerem. Permasalahan ini sendiri disebabkan oleh banyak hal.

Adapun penyebab tersebut meliputi kondisi cakram dan kampas rem yang sudah terlalu halus, piringan cakram tak rata lagi, dan adanya benda asing.

Selain itu, suara berdecit juga bisa disebabkan dari kondisi piston rem yang macet. Selain karena kurang perawatan, hal-hal seperti ini biasanya juga bisa terjadi karena usia rem sudah di atas 30.000 km.

Rem Bergetar

Kerusakan lainnya yang juga sering mengancam kualitas rem cakram mobil yaitu kondisi rem yang bergetar. Hal ini bisa terjadi karena piringan cakramnya bergelombang atau sudah tipis.

Supaya anda tetap aman dan nyaman selama berkendara, pastikan anda menggantinya dengan piringan cakram yang baru.

Permasalahan rem cakram mobil seperti berkarat dan berbagai kerusakan tersebut perlu anda waspadai. Jangan sampai anda merugi karena mengabaikannya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -