Review HP Samsung Galaxy A6 Plus, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

HP Samsung Galaxy A6 Plus
HP Samsung Galaxy A6 Plus. Foto : istimewa

HP Samsung Galaxy A6 Plus menjadi salah satu ponsel terbaik di tahun 2019 lalu. Meski diproduksi dan dirilis di Indonesia pada bulan Mei 2018, namun ponsel pintar dari Korea Selatan ini tidak kehilangan peminatnya sampai saat ini.

Sebab, HP Samsung ini membawa fitur premium untuk kelas menengah. Walaupun premium, akan tetapi ponsel tersebut bisa dibeli dengan harga terjangkau, apabila melihat spek yang dibawanya.

Pada awal atau pertama kali hadir di Indonesia, Samsung Galaxy seri ini berbarengan dengan Galaxy A6 (reguler).

Untuk harganya sendiri, HP Samsung Galaxy A6 Plus saat pertama dipasarkan di Indonesia dibanderol Rp 4.899.000. Sedangkan di awal tahun 2020 ini, untuk di toko online dijual dengan harga paling murah Rp 2.219.900 dan termahal Rp 4.799.000.

Dengan harga segitu, tentu smartphone Samsung ini bisa menjadi kompetitor bagi vendor lainnya, seperti HP Vivo V9, HP Oppo F7 serta HP Xiaomi Mi A2.

Belum lagi dengan brand Samsung sebagai ponsel Android yang sudah terkenal sejak lama ini, tentu tidak sulit untuk seri Galaxy A6 Plus ini bersaing dengan ponsel Android lain di kelasnya.

Yang menjadi pertanyaan, apakah pantas Samsung Galaxy A6 Plus ini menjadi salah satu smartphone terbaik dari Samsung dengan harga segitu?.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini kelebihan serta kekurangannya dari seri Galaxy A6 Plus.

Kelebihan HP Samsung Galaxy A6 Plus

Samsung pada 7 Mei 2018 lalu menghadirkan duo smartphone-nya, yakni seri Galaxy A6 (reguler) serta Galaxy A6+ di Bali. Untuk seri A6 Plus sendiri dalam hal speknya lebih baik dari versi reguler.

Unggul di Kamera

Memang untuk saat ini ponsel keluaran terbaru yang dibekali dengan dua kamera di belakang ada yang dibanderol kisaran di bawah Rp 2 jutaan.

Meski Galaxy A6 Plus dari Samsung yang memiliki dual camera di belakang dijual di atas Rp 2 jutaan, namun hasilnya tidak bakal mengecewakan.

Dua kamera pada HP Samsung Galaxy A6 Plus itu masing-masing 16 MP bukaan f/1.7  (wide) dan 5 MP aperture f/1.9 (depth sensor).

Dengan 2 lensa di belakangnya itu, maka smartphone yang dirilis 2018 ini bisa menghasilkan gambar dengan jelas serta tajam, meski dalam kondisi pencahayaan yang kurang.

Kamera belakangnya ini didukung dengan LED flash, mode Pro, panorama, serta HDR yang memungkinkan foto mempunyai tone warna serta detail lebih bagus.

Selain itu, ditambah pula efek bokeh pada backgroundnya setelah atau sebelum foto
dengan Live Focus untuk hasil lebih artsy.

Samsung Galaxy A6 Plus dibagian depan dipasang lensa tidak tanggung-tanggung yakni berukuran 24 MP (f / 1.9). Kamera selfienya ini juga dibantu LED flash yang bisa diatur tingkat pencahayaannya.

Layar Super AMOLED

Kelebihan lainnya dari HP Samsung Galaxy A6 Plus adalah di sektor layarnya. Untuk ukurannya 6 inci FHD+ beresolusi 1080 x 2220 piksel dan aspek rasio 18.5:9, dan yang pasti berpanel Super AMOLED.

Dengan layar Infinity Display berteknologi Super AMOLED ini, tentu tak usah diragukan lagi dari sisi kualitasnya. Pasalnya, HP Samsung dengan layar Super AMOLED terkenal dengan kontranya yang bagus serta bisa menghemat daya baterai.

Bukan hanya itu, walaupun layarnya ini dilihat di bawah terik atau sinar matahari, namun bisa dilihat dengan jelas karena mempunyai tingkat kecerahan yang baik.

Kelebihan HP Samsung Galaxy A6 Plus Lainnya

RAM dan Baterai

Sebagai pendukung performa, Samsung Galaxy A6 Plus dibekali dengan RAM berkapasitas besar yakni 4 GB, didukung juga penyimpanan internal dengan kapasitas 32 GB, plus slot memori eksternal.

Sementara untuk baterainya berkapasitas 3.500 mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, daya ini bisa bertahan hingga 14 jam lebih lamanya.

Bodi Kuat

Salah satu kelebihan dari HP Samsung Galaxy A6 Plus adalah di sisi bodinya, yang kuat serta kokoh karena mempunyai build quality (rancangan bangun) terbaik. Meski bisa dikatakan jika dibandingkan dengan HP keluaran terbaru saat ini, untuk seri Galaxy A6+ masih kurang istimewa bahkan cenderung biasa-biasa saja.

Namun, Samsung Galaxy A6 Plus menawarkan bodi yang memiliki kualitas sangat baik. Pasalnya, untuk bahan yang ada di bodinya ini full body metal, sehingga tidak salah jika kuat.

Sementara untuk dimensinya memiliki ukuran secara keseluruhan dengan panjang 160,2 mm, lebar 7,9 mm dan tinggi 75,7 mm, dan beratnya 186 gram.

Audio Terbaik

Di abgian audio-nya, Samsung Galaxy A6 Plus dibekali dengan fitur Dolby Atmos. Fiturnya ini bisa membuat suara menjadi sangat baik dan berkualitas, ketika mendengarkan lagu ataupun multimedia lainnya.

Namun, untuk menikmati kecanggihan dari audionya ini, maka bisa didengarkan dengan menggunakan earphone atau headset. Sedangkan untuk speaker aslinya untuk audionya biasa-biasa saja.

Fitur Bixby Vision

Kelebihan lainnya dari HP Samsung Galaxy A6 Plus yaitu tersedianya fitur Bixby Vision. Fitur ini memudahkan menerjemakan atau mentranslate teks ke dalam bahasa lain, mencari berbagai informasi visual, serta referensi lokasi untuk traveling.

Cara mengoperasikan Bixby Vision adalah dengan memotret bagian yang ingin ditranslate dengan memakai kamera belakang.

Kekurangan HP Samsung Galaxy A6 Plus

Meski didukung dengan RAM yang besar akan tetapi sayangnya untuk dapur pacunya masih menggunakan Snapdragon 450. Menurut dari Antutu, bahwa skor dari hardware-nya ini adalah 70054. Jadi bisa dikatakan tidak baik namun tidak juga jelek.

Selain itu, untuk vendor smartphone lainnya dengan memakai otak Snapdragon 450, harganya bisa lebih nurah sekitar 50 persen.

Kemudian kekurangan lainnya HP Samsung Galaxy A6 Plus, walaupun dibekali dengan baterai 3500 mAh, tapi sayangnya tidak dilengkapi pula pengisian super cepat.

Sehingga dengan tidak adanya fast battery charging tersebut, maka untuk mengisi ulang sampai penuh memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Selain itu, HP Samsung Galaxy A6 Plus ini juga tidak dilengkapi dengan fitur Near Field Communication (NFC). Padahal fitur ini bisa mentransfer data dengan cepat tanpa apliaksi. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...