Review realme 5 Pro, Desain dan Keunggulan Kamera

Review realme 5 Pro
Review realme 5 Pro, ponsel pintar ini tak hanya menawarkan performa ngebut berkat prosesor anyar Snapdragon 712 dari Qualcomm, tapi juga unggulkan kamera. Photo: Istimewa.

Review realme 5 Pro, ponsel pintar ini tak hanya menawarkan performa ngebut berkat prosesor anyar Snapdragon 712 dari Qualcomm, tapi juga unggulkan kamera. Dengan me-review realme 5 Pro ini bisa menjadi rekomendasi smartphone handal.

Pencapaian realme memang fenomenal, hanya dalam waktu kurang dari 1 tahun sudah mampu mencapai peringkat lima besar sebagai merek smartphone terlaris di Indonesia, dan realme 5 Pro menjadi salah satu yang terlaris.

Review realme 5 Pro

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (05/01/2020), realme 5 Pro menjadi seri Leap to Quad Camera yang pertama dari realme.

Perangkat ini hadir berbarengan dengan realme 5. Selain mengunggulkan di sektor kamera, realme 5 Pro juga ditenagai prosesor Snapdragon 712 dari Qualcomm yang menawarkan performa tangguh untuk bermain game berat.

Desain

Review realme 5 Pro. Photo: Istimewa.

Realme 5 Pro didesain seperti potongan berlian yang merupakan desain ciri khas realme sebagai sub-brand dari Oppo. Tetapi tekstur pemotongan matte berbeda dengan generasi sebelumnya.

Generasi baru dari realme ini mengadopsi permukaan aslinya yang dipoles, serta tekstur dengan skala nano baru.

Semua proses desainnya melibatkan sedikitnya 15 kali pembuatan prototipe, serta 78 kali untuk menyesuaikan secara detail di bagian belakang, dan mampu menghasilkan efek visual baru denan warna holografik bertekstur potongan.

Lekuk samping tubuh dimaksimalkan, bingkai bagian tengah lebih ramping dan lebih ringan. Dengan desain 3D yang melengkung ke belakang membuat realme 5 Pro pas di telapak tangan.

Desain ergonomis memberikan nuansa lebih nyaman ketika dilihat maupun digenggam. Realme 5 Pro juga tersedia dalam dua warna pilihan, yakni crystal green berwarna cerah.

Hal itu menambah kemewahan, dan kedua sparkling blue menjadi warna favorit pengguna realme, yang mana memperlihatkan kesan misterius.

Layar

Review realme 5 Pro di sektor layar, ponsel pintar ini dibekali layar seluas 6,3 inci beresolusi FHD Plus (2340 x 1080), sehingga tampilannya lebih luas dan lebih jelas.

Keberadaan bezel di sisi layar juga sangat tipis, rasio layar mencapai 90,6 persen, dengan begitu efek visual yang dihasilkan pun menjadi lebih menakjubkan.

Seri 5 Pro ini berbeda dengan seri sebelumnya, karena desainnya masih bekonsep drawing dengan poni mungil menyerupai tetesan air untuk menyimpan kamera selfie, dengan sensor terintegrasi di atas layar.

Jika dilihat secara umum, kualitas layar realme 5 Pro memang sangat bagus. Selain itu, respon layar sentuh juga akurat saat digunakan mengetik. Begitu pula untuk nonton konten multimedia sangat nyaman.

Kamera

Review realme 5 Pro, kamera. Photo: Istimewa.

Review realme 5 Pro untuk sektor fotograpi tergolong pemain baru, namun perangkat ini telah membuka era quad-camera beresolusi tinggi 48 MP bagi pasar smartphone.

Realme 5 Pro memberikan pengalaman fotografi yang serba bisa dan dapat diterapkan di berbagai skenario. 

Ponsel pintar ini dibekali quad-camera yang terdiri dari kamera utama 48 MP dari Sony IMX586, 119 ° lensa ultrawide angle, ultra macro lens, dan portrait lens di belakang.

Kamera utama dengan sensor Sony IMX586 1/2.0 inch, f/1.7 yang sudah teruji memiliki kinerja pemotretan yang stabil, dan hasil gambar sangat baik.

Sensor Sony IMX586 menggunakan teknologi Quad Bayer piksel four-in-one dengan piksel tunggal 1,6um, dynamic range yang cukup baik serta kaya akan detail gambar.

Fitur Unggulan

Nightcape

Review realme 5 Pro untuk fitur unggulan, yang mana kameranya dilengkapi sejumlah fitur unggulan, seperti Nightscape.

Fitur ini untuk menghasilkan gambar pemandangan malam hari dengan detail dan kecerahan yang istimewa. Fitur Nightscape menggabungkan teknologi AI dan mesin multi-bingkai.

Efek pemotretan portrait dapat dioptimalkan dengan perlindungan yang khusus untuk wajah. Portrait menjadi lebih cerah dengan warna kulit tetap natural.

Chroma Bost

Selanjutnya fitur Chroma Boost yang berfungsi untuk meningkatkan efek fotografi lebih kaya warna. Mesin AI akan mengenali informasi pemandangan, kecerahan.

Selain itu, mampu mengembalikan detail gambar secara nyata, serta warna yang dapat dilihat melalui model visual manusia, dan memolesnya.

Ultrawide

Ada juga fitur ultrawide. Fitur ini merupakan kamera realme pertama yang punya lensa wide angle HD dengan pixel 8 MP, sudut lebar 119° apertur f/2.25.

Fitur ultrawide sangat cocok untuk pengambilan gambar lanskap, foto grup dengan banyak orang, maupun foto bangunan.

Yang menarik pada fitur ini, realme terapkan algoritma yang dapat memulihkan titik kesalahan dalam foto ultrawide angle tradisional, serta membuat foto-foto dengan bidang yang lebar namun lebih nyata.

Ultra Makro

Kamera realme 5 Pro juga memiliki kemampuan memotret ultra makro, yang rentang fokusnya 4 centimeter.

Sehingga, pengguna dapat mengambil foto lebih jelas dengan jarak yang lebih dekat, dan mudah menangkap berbagai macam detail seperti serangga kecil, tanaman, bunga, dan tetesan air.

Kamera realme 5 Pro mendukung Quad Bayer smart piksel 4-in-1 dengan technology yang mampu mensintesis 2μm pixel besar bagi kinerja foto selfie dengan sangat baik di tempat rendah cahaya. Namun, warna kulit dalam foto tetap natural serta detailnya dipulihkan.

Oppo terkenal dengan kamera selfie-nya, sehingga kemampuan realme untuk swafoto juga dipastikan berkualitas karena didukung AI Beauty yang mampu mengoptimalkan tampilan wajah agar terlihat lebih cantik/ganteng.

Review realme 5 Pro masih di sektor kamera. Bagi kamu yang mau membuat konten video, realme 5 Pro meningkatkan dukungan untuk perekaman video beresolusi hingga 4K.

Teknologi EIS

Kamera depan dan belakang realme 5 Pro memiliki fungsi EIS (Electric Image Stabilization). Selain itu, fungsi video juga relah mendukung perekaman video dengan gerakan lambat beresolusi 960fps pada reesolusi 720p.

Selain itu, realme 5 Pro juga mendukung pengeditan video, meskipun masih sederhana. Tapi setidaknya pengguna bisa menambah sekaligus menyesuaikan kecepatan filter, video, teks serta efek soundtrack, dan lainnya. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...