Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita PangandaranRidwan Kamil Tahun Baruan di Pangandaran, Bermuhasabah dan Do'a Bersama

Ridwan Kamil Tahun Baruan di Pangandaran, Bermuhasabah dan Do’a Bersama

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tahun baruan di Pangandaran. Emil, sapaan akrabnya membuka Plaza Air Mancur pada Selasa (31/12/2019) siang.

Baca Juga: Resmikan Plaza dan Air Mancur, Gubernur Jabar Beri Catatan Ini

Sementara pada malam tahun baru, Emil mengunjungi Masjid Al Istikmal Desa Cikembulan, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran untuk mengikuti kegiatan do’a bersama dan muhasabah bersama warga.

Bersama Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata dan ratusan warga, Emil melaksanakan muhasabah usai salah Isya.

Emil mengatakan, malam tahun baru seyogyanya diisi dengan muhasabah untuk intropeksi diri. Menurutnya, daripada melaksanakan hal-hal tak bermanfaat, lebih baik berkumpul di masjid dan melakukan do’a bersama.

“Malam tahun baru itu dalam syariat saya, sering-sering berkumpul dengan orang-orang baik, iman juga dijaga, sementara amal salehnya juga dikerjakan, begitupun kebaikan disyiarkan serta jangan lupa saling menasehati. Jika itu dilakukan, Insyaallah 1 Januari kita jadi orang yang lebih baik,” kata Emil.

Dalam kegiatan muhasabah malam tahun baru tersebut, Emil meminta warga yang hadir senantiasa bersyukur, lantaran masih diberi umur panjang. Namun demikian, kata Emil, nikmat umur sebaiknya digunakan untuk kegiatan seperti beribadah.

“Syukuri juga nikmat sehat, nikmatnya silaturahmi, nikmat Iman, Islam, dan juga nikmat-nikmat lainnya,” lanjut Emil.

Emil menambahkan, manusia merupakan kaum yang merugi, kecuali untuk orang-orang yang beriman kepada Allah, orang saleh, orang yang rajin saling mengingatkan, terakhir adalah orang yang senantiasa berikhtiar.

“Besok di tahun masehi 2020, kita tidak akan masuk golongan yang merugi jika hidupnya berpatokan pada empat hal tersebut,” paparnya.

Lebih jauh, Emil juga meminta warga yang hadir dalam muhasabah akhir tahun tersebut untuk berdoa; agar Pemprov Jabar bisa mencapai visinya, yakni Jabar Juara Lahir Batin.

“Saya ingin minta doanya, agar Jabar juara lahir batijn, bukan cuma fisik dan ekonominya saja, namun umatnya pun masuk dalam ahli agama,” pungkas Emil. (Entang/R7/HR-Online)

- Advertisment -