Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita CiamisSaluran Leuwi Mangga Ambruk, Kolam dan Sawah di Sindangraja Ciamis Kurang Pasokan...

Saluran Leuwi Mangga Ambruk, Kolam dan Sawah di Sindangraja Ciamis Kurang Pasokan Air

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang terjadi selama bulan ini menyebabkan saluran Leuwi Mangga yang berada di Sindangraja Ciamis Blok Pasir Kalapa, RT 24 RW 06, Dusun Sindangraja, Desa Citeureup, Kecamatan Kawali, ambruk.

Akibatnya, kolam dan areal pesawahan di Blok RT 06 kekeringan. Agar pasokan air kembali normal, warga berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis dapat memberikan bantuan pipanisasi.

Kepala Dusun Sindangraja, Sutarman, ketika ditemui Koran HR, Selasa (28/01/2020), membenarkan, ambruknya saluran Leuwi Mangga mengakibatkan kolam dan areal pesawahan di wilayah itu kekeringan.

Lahan kolam maupun sawah tidak terairi, sebab pasokan air dari Leuwi Mangga lumpuh total. Untuk mengantisipasi agar pasokan air kembali normal, ia berharap dinas terkait memberikan bantuan pipanisasi.

Menurut Sutarman, selama belum ada perbaikan atau pipanisasi, kolam dan pesawahan di Blok RT 06 akan mubazir. Alasannya karena tidak ada pasokan air meski musim penghujan.

Kepala Desa Citeureup, Abdul Rosid, ketika ditemui Koran HR di ruang kerjanya, menuturkan, ambruknya saluran Leuwi Mangga mengakibatkan kolam maupun sawah  mengalami kekeringan.

Sebab, kata Rosid, pasokan air untuk wilayah tersebut selama ini hanya mengandalkan dari Saluran Leuwi Mangga. Ambruknya Saluran Leuwi Mangga dipicu karena derasnya hujan yang terjadi akhir-akhir ini.

Abdul menegaskan, agar kolam maupun sawah di wilayah itu bisa tetap produktif, diperlukan campur tangan Pemerintah Kabupaten Ciamis. Yakni dengan memberikan bantuan anggaran untuk memperbaikinya.

“Mudah-mudahan saja dalam waktu dekat, sebelum ada anggaran untuk perbaikan, dapat dilakukan pipanisasi,” katanya. (Dji/Koran HR)

- Advertisment -