Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita CiamisSambaran Petir Hancurkan Rumah Warga di Imbanagara Ciamis

Sambaran Petir Hancurkan Rumah Warga di Imbanagara Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Nasib naas dialami Oyon, warga Dusun Lebaklipung, RT 08, RW 15, Desa Imbanagara, Kecamatan/Kabupaten Ciamis. Pasalnya, rumah yang ditinggali bersama keluarganya hancur setelah tersambar petir, Rabu (8/1/2020) sore.

Rumah Oyon tersambar petir sekitar pukul 14.30 WIB. Wilayah Ciamis dan sekitarnya memang diguyur hujan deras yang disertai petir sejak siang. Termasuk petir yang menyambar antena TV di rumah Oyon. Petir kemudian merambat di jalur listrik yang terpasang di rumah Oyon.

Akibatnya, barang elektronik yang ada di rumah Oyon hancur, diantaranya Kilometer listrik, instalasi listrik dan sebuah HP. Petir juga menghancurkan atap rumah Oyon dan dua kamarnya.

Meskipun masih kategori rusak ringan, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 2 juta. Rumah Oyon diketahui dihuni 2 Kepala Keluarga yang terdiri dari 6 jiwa. Beruntung tidak ada korban jiwa saat sambaran petir menghancurkan rumah Oyon. Warga bersama aparat setempat berkoordinasi dan bergotong royong membersihkan rumah Oyon.

Kepala BPBD Ciamis, Soekiman, menuturkan, petugas BPBD telah mendata rumah yang tersambar oetir di Imbanagara tersebut.

Menurutnya, petir menyambar saat hujan deras mengguyur wilayah Ciamis dan sekitarnya pada Rabu (8/1/2020) sore.

“Awalnya petir menyambar antena tv, lalu merembet sampai atap rumah jebol dan beberapa barang elektronik hancur,” kata Soekiman seperti dikutip dalam laporan assessment Pusdalops Penanggulangan Bencana BPBD Ciamis.

BPBD Ciamis telah mendata kerugian akibat sambaran petir tersebut. “Dari hasil assesment kerugian ditaksir mencapai Rp 2 juta. Sementara bantuan yang dibutuhkan berupa terpal,” papar Soekiman.

Selain itu, BPBD Ciamis juga melakukan koordinasi dengan PLN lantaran KWH listrik di rumah korban hangus terbakar.

“Kalau rumahnya sendiri sudah dibersihkan, gotong royong bersama warga,” pungkasnya. (Ndu/R7/HR-Online)

- Advertisment -