Sambut Musim Tanam, Warga Handapherang Ciamis Bersihkan Selokan

Sambut Musim Tanam, Warga Handapherang Ciamis Bersihkan Selokan
Sejumlah warga Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, nampak tengah membersihkan selokan saluran induk Jumat (24/1/2020). Foto:Jujang/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Menyambut musim tanam, warga Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, membersihkan selokan saluran induk Jumat (24/1/2020).

Warga yang notabene para petani, terlihat antusias bergotong-royong membersihkan selokan dari sampah dan rerumputan. Gerakan membersihkan selokan ini dimulai dari saluran induk Nagawiru Cigembor, sampai ke perbatasan Desa Ciharalang.

“Dalam gerakan ini, kita mengerahkan perwakilan warga dari lima Dusun yang ada di Desa Handapherang, mereka semua dibawah komando para Kepala Dusun,” ujar Kepala Desa Handapherang, Abdurachman.

Kata dia, masing-masing perwakilan Dusun diberi tugas membersihkan selokan sepanjang 2 kilometer. “Dengan cara seperti ini, gerakan membersihkan selokan bisa dilaksanakan dengan cepat,” katanya.

Menurut Adung (sapaanya), memasuki musim penghujan ini masyarakat Handapherang, sudah bersiap-siap untuk mengolah sawah. Agar pasokan air lancar, warga bergotong-royong membersihkan selokan.

“Karena selokan mengalami pendangkalan, maka kita rutin laksanakan gotong-royong ini, dengan harapan pasokan air lancar dan bisa mengairi semua areal pesawahan di Handapherang,”  ucapnya.

Selain itu, kegiatan membersihkan selokan dari sampah ini dilaksanakan dalam upaya mencegah berbagai wabah penyakit yang kerap muncul di musim hujan, seperti DBD dan diare. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...